Cara Merawat Bayi Baru Lahir Agar Cepat Gemuk

Cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk

Sebagai orang tua, tentu saja kita menginginkan kalau anak kita melalui fase tumbuh kembang dengan baik. Oleh karena itu, yang namanya melakukan perawatan pada anak, terutama bayi yang baru saja lahir merupakan salah satu hal yang sangat penting sekali. Apalagi bagi mereka para orang tua baru, yang baru saja di berikan anak pertama. Pastinya masih banyak sekali berbagai macam hal yang belum dipahami mengenai cara merawat bayi yang baru lahir tersebut. Terlebih lagi sebagai orang tua, tentunya mereka menginginkan kalau anak yang baru saja di lahirkan tersebut bisa cepat gemuk dan sehat. Namun apakah bisa bayi yang baru lahir tersebut gemuk dengan cepat dan mudah. Tenang saja, kalau anda masih tidak tau bagaimana caranya supaya bayi yang baru lahir bisa gemuk dengan cepat, bisa langsung menyimak info ataupun tips yang akan kami bagikan dibawah ini, mengenai cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk diantaranya yaitu

  1. Berikan ASI dengan tepat
    Bayi yang baru saja lahir pastinya sangat membutuhkan asi. Apalagi yang namanya asi ini menjadi salah satu sumber makanan yang sangat baik sekali untuk membantu pertumbuhan bayi. Namun yang perlu ibu ingat juga, memberikan asi pada bayi yang baru lahir pun harus di lakukan dengan baik dan juga benar. Supaya bayi bisa tumbuh dengan sehat. Anda bisa menyimak beberapa hal yang nantinya harus di perhatikan saat akan memberikan asi pada bayi supaya bisa segera gemuk, diantaranya yaitu :
    • Yang pertama harus anda perhatikan ketika akan memberikan asi pada bayi yang baru saja lahir adalah dengan memberikannya di waktu yang tepat.
    • Kalau anda memiliki masalah atau kesulitan saat akan memberikan asi, bisa mencari bantuan laktasi saat berada dirumah sakit. Biasanya perawat akan membantu para ibu yang baru saja melahirkan supaya bisa menyusui dengan posisi yang baik dan benar. Selain itu anda juga bisa melakukan terapi pihat, agar asi semakin lancar.
    • Akan tetapi jika bayi kesulitan untuk minum asi secara langsung, anda bisa memerahnya terlebih dahulu dengan menggunakan alat khusus dan juga botol yang steril.
    • Jika bayi menangis terus menerus, segeralah untuk memberikannya asi. Karena hal tersebut menandakan kalau bayi anda sedang kelaparan. Berikan juga asi sesuai denngan jadwal.
    • Jika puting anda mengalami infeksi, dan menyebabkan asi tidak mau keluar, segeralah untuk melakukan pengobatan. Karena jika bayi tidak menerima asi, yang ada berat badannya justru akan semakin menurun bukannya bertambah gemuk.
  2. Pertimbangkan untuk memberikan susu formula
    Cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk yang selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan untuk memberikan bayi anda susu formula. Karena memang ada beberapa bayi tertentu yang tidak bisa menerima dan mencerna asi dengan baik. Untuk itu sebagai pengganti nutrisinya, anda bisa memberikan susu formula. Namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar bisa lebih mudah dalam menentukan jenis dan merk dari susu formula khusus yang bisa di konsumsi oleh bayi yang baru saja lahir. Bahkan ada beberapa dari jenis susu formula yang bisa membantu untuk memperbaiki sistem pencernaan dari bayi yang baru saja lahir, dan membuat berat badannya menjadi semakin cepat bertambah gemuk. Akan tetapi perhatikan juga apakah susu formula tersebut membuat bayi anda alergi atau tidak. Jika alergi sebaiknya hentikan saja.
  3. Memberikan waktu tidur bayi yang tepat
    2 hal kegiatan rutin yang dilakukan oleh bayi yang baru saja lahir adalah makan dan juga tidur. 2 aktivitas rutin ini memang sangat penting sekali dan bisa membantu supaya nantinya berat badan bayi menjadi bertambah dengan cepat. Anda bisa menyimak beberapa tips yang berkaitan dengan masalah tidur bayi yang baru saja lahir, diantaranya yaitu :
    • Bayi yang baru saja lahhir memang membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak. Untuk itu ibu juga sebaiknya harus menyesesuaikan dengan asupan asi yang diberikan untuk bayi tersebut. Karena umumnya bayi yang baru saja lahir membutuhkan waktu sekitar 16 jam untuk tidur.
    • Sediakan ruangan atau tempat tidur yang nyaman untuk bayi anda. Tujuannya adalah supaya bayi yang baru saja lahir tersebut bisa tidur dengan nyenyak dan juga lebih nyaman lagi. Atau anda bisa menyediakan box bayi supaya bisa menjaga bayi lebih aman dan nyaman saat mereka tidur.
  4. Menenangkan bayi yang rewel
    Tips atau Cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk berikutnya adalah dengan menenangkan bayi yang rewel maupun sering menangis. Karena kalau dibiarkan begitu saja dan tidak anda tenangkan, justru bisa membuat berat badannya akan sulit untuk naik. Silahkan simak tips dibawah ini supaya bisa membantu anda untuk lebh mudah dalam menenangkan bayi yang baru saja lahir, diantaranya yaitu :
    • Saat bayi sudah mulai rewel atau sering menangis, maka anda bisa mencoba untuk mengayun atau memeluknya. Supaya bayi berhenti menangis dan menjadi lebih nyaman. Atau anda juga bisa memutar lagu yang bisa menenangkannya.
    • Gunakan bedong untuk bisa menenangkan bayi yang sedang menangis atau rewel.
  5. Jaga kebersihan kulit bayi
    Salah satu penyebab bayi sering rewel atau menangis terus menerus adalah kulitnya yang bermasalah. Sehingga membuatnya menjadi kurang nyaman. Tentu saja jika bayi terus menangis rewel dan sering menangis, bisa membuat berat badannya malah menurun. Maka dari itu sebaiknya anda menjaga kebersihan dari kulit bayi. Silahkan simak beberapa tips untuk menjaga dan merawat kebersihan dari kulit bayi, diantaranya yaitu :
    • Pastikan kalau bedong atau pakaian yang digunakan oleh bayi nyaman dan juga tidak membuat kulinya menjadi gatal. Anda bisa memilih untuk menggunakan baju atau kain yang terbuat dari katun.
    • Jangan lupa juga untuk memandikan bayi secara teratur. Supaya kulitnya tidak panas dan juga tidak terkena biang keringat. Kalau kulit bayi sehat dan juga terjaga, maka akan membuatnya tidur lebih nyenyak, sehingga membantu juga supaya berat badannya menjadi semakin bertambah.
    • Sebaiknya anda menghindari untuk menggunakan produk bayi yang digunakan untuk kulit secara berlebihan. Karena jika berlebihan, bisa membuat kulit bayi menjadi iritasi atau infeksi.
  6. Melakukan perawatan kesehatan dengan baik
    Jika bayi anda sehat, tentunya akan memiliki berat badan yang cukup. Untuk itu anda sebaiknya tetap menjaga dan merawat kesehatannya dengan baik dan benar. Jagalah kebersihan lingkungan, supaya tidak ada kuman atau bakteri yang bisa menggangu pertumbuhan bayi anda.

Berbagai macam cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk diatas yang sudah kami berikan ini, semoga bisa menjadikan anda referensi.