Moms Perlu Tau : 7 Refleks Bayi Baru Lahir

refleks bayi baru lahir

Sama halnya dengan orang dewasa, bayi yang baru saja lahir pun biasanya akan mengalami refleks atau yang disebut dengan gerakan bersifat tidak sengaja. Gerakan ini sendiri adalah respon dari stimulus yang diberikan. Dengan adanya gerakan refleks ini juga menandakan kalau aktivitas saraf dan juga otak pada bayi berkembang dengan normal. Namun memang ada beberapa gerakan dari refleks tersebut yang akan hilang dengan sendirinya, yaitu ketika bayi sudah mencapai usia tertentu. Kali ini akan ada 7 refleks bayi baru lahir yang akan coba kami bahas. Berikut 7 refleks bayi baru lahir tersebut, diantaranya yaitu :

  1. Rooting refleks

    Untuk gerakan refleks yang pertama adalah rooting refleks. Gerakan ini sendiri merupakan refleks saat tangan anda menyentuh bagian pinggir mulut bayi. Umumnya gerakan refleks ini terjadi sampai usia bayi 3 hingga 4 bulan.

  2. Refleks menghisap

    Kemudian ada refleks menghisap atau yang disebut juga dengan sucking refleks. Yaitu bayi akan secara refleks menghisap saat bagian langit-langit mulutnya di sentuh.

  3. Refleks moro

    Gerakan refleks ini sendiri adalah bayi akan merasa terkejut, terutama saat mendengar suara yang bising atau gerakan yang tiba-tiba. Biasanya saat bayi merasa terkejut atau kaget, ia akan secara reflek memanjangkan lengannya dan juga menekuk kakinya. Untuk refleks ini sendiri biasanya akan mulai menghilang ketika bayi sudah mulai memasuki usia 4 bulan.

  4. Asymmetric tonoc neck reflex

    Ketiika kepala bayi menengok kebagian satu sisi, maka ia akan secara refleks memanjangkan lengan pada bagian sisi yang sama. Untuk gerakan refleks ini akan bertahan sampai bayi berusia 2 bulan.

  5. Refleks menggenggam

    Ketika tangan anda menyentuh bagian telapak tangan, maka secara refleks jari-jari bayi akan menutup. Selain itu saat anda memberikan benda di telapak tangannya, maka bayi pun akan dengan cepat langsung menggengamnya. Gerakan refleks ini sendiri normal, dan biasanya akan hilang dengan sendiri saat usianya sudah mencapai 3 hingga 4 bulan. Namun saat perkembangan sistem motoriknya sudah semakin lancar, maka bayi akan lebih berhati-hati dan juga akan mengamati terlebih dahulu.

  6. Refleks babinski

    Refleks ini terjadi ketika tangan anda menggaruk telapak kakinya. Maka akan secara refleks jempol bayi mengarah pada bagian atas dan jari-jari bayi pun akan terbuka. Biasanya untuk refleks ini akan bertahan sampai bayi berusia 2 tahun.

  7. Stepping refleks

    7 refleks bayi baru lahir yang terakhir adalah stepping refleks, yaitu berupa refleks yang akan terjadi saat bayi berada di posisi yang tegak. Dimana bayi akan terlihat seperti menari atau melangkah.

Tentu saja 7 refleks bayi yang baru lahir ini harus benar-benar di perhatikan oleh para calon orang tua yang akan segera memiliki buah hati. Supaya nantinya anda pun akan semakin bertambah wawasannya dalam menjaga dan merawat buat hati. Terutama bagi para calon orang tua baru, yang memang belum pernah merawat dan menjaga bayi sebelumnya. Info yan sudah di bagikan mengenai 7 refleks bayi baru lahir ini semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda. Namun kalau anda tidak melihat adanya gerakan refleks tersebut pada bayi anda yang baru saja lahir, segeralah untuk langsung konsultasikan ke dokter anak, supaya bisa mendapatkan penangan yang tepat dan juga lebih cepat. Karena kalau bayi yang baru lahir tidak mengalami refleks yang sudah disebutkan diatas, bisa jadi karena adanya trauma, atau penyakit tertentu.