Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan dengan Ramuan Tradisional

cara mengecilkan perut setelah melahirkan

Bentuk tubuh yang tidak ideal lagi setelah melahirkan saat ini masih menjadi trending topik dikalangan ibu-ibu. Bagaimana tidak, sikap dasar wanita yang selalu menginginkan dirinya tampil sempurna, cantik dengan tubuh yang ideal tanpa perut buncit membuat beberapa kalangan wanita merasa khawatir dan bingung dengan bentuk tubuhnya setelah melahirkan nanti.

Ya, tidak dipungkiri melahirkan dan mempunyai bayi adalah hal membahagiakan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Setelah sembilan bulan mengandungnya, membawanya kemana-mana akhirnya dapat melihatnya. Sebagai moms yang memperhatikan penampilan, ini akan menjadi gejolak besar. Pasalnya, bahagia tapi tetap harus berfikir bagaimana caranya untuk mengembalikan tubuhnya seperti sebelumnya. Kita tahu sendiri ya moms, untuk bayi harus sangat diperhatikan betul kondisi kesehatan kita, salah langkah sekali saja bisa berdampak pula untuk bayi.

Ibu yang baru saja melahirkan, mereka akan berfikir untuk segera melakukan diet dan perawatan tubuh untuk membuatnya seperti sebelumnya. Tapi moms, diet dalam keadaan menyusui ini sangat mempengaruhi hasil produksi Asi untuk bayi. Belum lagi dengan perawatan tubuh misalnya totok tubuh, sedot lemak atau yang lebih ekstrim operasi mengecilkan perut. Ini sangat tidak dianjurkan ya moms dikakukan oleh ibu menyusui. Konsumsi obat kimia yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan bayi dan ibu. Bingung kan moms?

Sebenarnya moms tidak harus khawatir akan perut buncit setelah melahirkan. jika memang moms ingin mengembalikan seperti sebelumnya, moms bisa melakukannya dengan cara yang alami dan sehat. Memang prosesnya lama tapi ini tidak berdampak buruk bagi bayi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin dan rajin menyusui bayi. Perlu moms ketahui, setiap ASI yang disedot oleh bayi, ini mampu mengurangi lemak tubuh terutama perut. Jika moms, ingin prosesnya lebih cepat maka moms bisa mencoba mengkonsumsi ramuan tradisional dalam membantu mengecilkan perut setelah melahirkan. Apa saja dan bagaimana cara mengecilkan perut dengan ramuan tradisional? Berikut kami berikan beberapa bahan alami sebagai cara mengecilkan perut dengan ramuan tradisional, simak ya moms

  1. Jamu beras kencur

Ramuan ini sangat umum ditemukan. Tanpa repot-repot membuatnya moms bisa membelinya di penjual jamu di pasar atau yang keliling. Jika moms ragu dan ingin membuatnya sendiri, mudah juga untuk dibuat. Caranya : campur 1 genggam beras yang sudah ditumbuk dengan tumbukan kencur, gula pasir, asam, gula merah. Masak denga air tunggu sampai mendidih dan air berkurang sampai sepertiga bagian, angkat diamkan baru saring. Jamu siap diminum. Konsumsi jamu ini secara rutin, perut buncit akan hilang.

  1. Perasan air jeruk nipis

Pemulihan perut buncit sehabis melahirkan caesar memang tidaklah mudah, prosesnya pun juga lama. Nah, untuk membantu moms mengecilkan perut setelah melahirkan, moms bisa mengkonsumsi perasan jeruk nipis setiap hari. Baiknya dilakukan sebelum perut terisi makanan. Ini berfungsi sebagai detox perut. Selain meminumnya, moms bisa mengoleskan ramuan perasan jeruk nipis, minyak kayu putih dan kapur sirih ke perut. Jika moms tidak tahan dengan rasa asam jeruk nipis moms bisa mencampurnya dengan teh hangat atau bisa juga dengan menambahkan sesendok madu. Minumlah selagi masih hangat.

  1. Jamu kunyit kencur

Tumbuhan dari jenis rimpang ini memang terkenal memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Salah satunya kunyit dan kencur. Selain dipakai sebagai bahan masak, kedua bahan ini juga merupakan salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan ramuan tradisional. Caranya, siapkan kunyit, kencur, temulawak, jeruk nipis, kayu manis, temu giring, cengkeh kering, adas, gula aren, dan madu. Rebus semua bahan hingga mendidih dan warnanya berubah. Moms bisa mengkonsumsinya seperempat gelas setiap sore. Selain baik untuk kesehatan, perawatan tubuh, ini juga dapat melancarkan ASI.

  1. Rebusan kulit pisang

Siapa sangka kulit pisang bisa berguna sebagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan? kulit pisang mengandung pottasium, magnesiunm dan vitamin yang baik untuk pencernaan dan perut buncit. Cara mengkonsumsi cukup mudah, hanya merebus kulit pisang sesuai kebutuhan, tunggu hingga lunak, angkat tiriskan dan bisa disajikan.

Tidak hanya kulit saja moms, buahnya juga bisa mengecilkan perut buncit. Kandungan serat nya yang tinggi mampu melancarkan pencernaan .

  1. Bonggol anak pisang

Pernah dengar bahan satu ini moms? bahan ini juga bisa lho moms untuk mengecilkan perut buncit. Caranya, parut dan peras ambil sari bonggol pisang. Tambahkan kencur, ketan hitam dan sedikit garam. Aduk dan saring lagi hingga tidak ada ampas jatuh di minuman. Setelah itu minum selagi hangat.

  1. Kunyitasam

Kalau tadi kunyit kencur, kali ini kuyit asam juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan ramuan tradisional. Cara membuatnya hampir sama dengan beras kencur hanya saja tambahan bahanya Cuma asam, gula merah/aren dan gula pasir saja.

  1. Ramuan jahe merah

Ramuan ini digunakan untuk area luar tubuh. Cara membuatnya, parut jahe merah secukupnya, tambahkan sari jeruk nipis dan minyak zaitu. Aduk rata hingga tercampur semua. Barulah balurkan ramuan ke perut moms secara merata rutin tiap pagi dan malam hari. Selain digunakan sebagai ramuan balur, moms juga bisa mengkonsumsi minuman jahe untuk menghangatkan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Lulur getah pohon jarak

Buatlah lulur alami dengan menggunakan getah pohon jarak untuk perut buncit moms. caranya :

  • Siapkan bahan seperti : getah pohon jarak, minyak kayu putih, air kapur sirih, air jeruk nipis, dan daun pisang muda yang sudah dikukus.
  • Campurkan semua bahan kecuali daun pisang

Penggunaannya, balurkan lulur merata ke perut moms, tutup dengan daun pisang dan balut perut yang sudah ditutup daun dengan stagen. Lakukan cara ini rutin setiap pagi dan sore selama nifas.

  1. Ramuan mengkudu

Siapkan 1 genggam daun mengkudu dan daun kemuning, serta sepotong kecil temu giring. Tumbuk ketiga bahan sampai halus. Seduh dengan air hangat segelas, kemudian saring dan ramuan siap diminum. Minumlah rutin 2x sehari untuk hasil maksimal.

  1. Ramuan daun jati belanda

Moms sudah pernah mendengar daun jati belanda? Daun ini efektif untuk mengecilkan perut setelah melahirkan moms. bagaimana caranya? Rebus daun jati belanda sampai mendidih dan berubah warna dan air susut sepertiga dari air tawar. Kemudian saring dan dinginkan. Setelah dingin moms bisa menambahkan madu sedikit baru dinikmati kesegarannya. Untuk hasil maksimal minum 3x sehari.

Nah, itulah tadi moms beberapa  cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan ramuan tradisional. Semoga ulasan ini bermanfaat. Jika dalam mengkonsumsi timbul efek samping, sebaiknya hentikan penggunaannya dan segera konsultasikan keluhan moms ke dokter. Bisa jadi pencernaan moms tergolong pencernaan yang sensitif terhadap bahan-bahan ramuan diatas. Selamat mencoba moms….