5 Cara Alami Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

5 Cara Alami Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Perut biasanya menjadi bagian tubuh paling menyita perhatian para ibu setelah melahirkan. Pasalnya, perut yang semula kencang, ototnya berubah menjadi kendur usai persalinan. Selain itu, kulitnya pun menjadi bergelambir.

Tak ayal, kondisi ini membuat rasa percaya diri wanita menjadi berkurang. Karenanya, tidak mengherankan jika setelah melahirkan banyak ibu mencoba berbagai cara mengecilkan perut agar kembali seperti sediakala.

Memang tak gampang mengembalikan bentuk perut seperti semula sebelum hamil dan melahirkan. Di sini butuh waktu dan cara tersendiri. Pada dasarnya, perut butuh waktu untuk beradaptasi dari ukuran besar hingga kembali mengecil. Dengan kata lain, kondisi perut akan kembali seperti semula secara bertahap.

Baca Juga:

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan dengan Ramuan Tradisional

Untuk diketahui Bunda, ukuran dan lemak di perut akan menyusut dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Kendati demikian, Anda harus tetap mengimbanginya dengan pola makan serta gaya hidup sehat yang bisa membantu mencapai tujuan.

Beberapa Cara Alami Untuk Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan

Waktu tidur cukup

Tak sedikit para ibu sering mengalami kurang tidur selama masa menyusui bayi. Padahal sejatinya, bagian dari perawatan setelah melahirkan adalah tidur dengan waktu cukup. Bukan hanya baik bagi kesehatan, jika waktu tidur Anda cukup bisa membantu mempertahankan berat badan ideal.

Sekadar informasi, orang dengan waktu tidur cukup lebih jarang mengalami peningkatan berat badan dibanding orang yang kurang tidur. Hal itu karena waktu tidur akan memengaruhi hormon yang mengatur rasa lapar. Kurangnya waktu tidur akan membuat orang gampang merasa lapar. Alhasil, ia akan sering makan sehingga sulit mengembalikan kondisi perut dan berat badan.

Konsumsi Makanan Sehat

Anda perlu mengonsumsi makanan sehat agar bisa mengembalikan kondisi perut seperti yang diinginkan. Perbanyaklah konsumsi jenis makanan sumber protein, karbohidrat, vitamin, lemak sehat, dan mineral. Sumber makanan sehat ini bisa didapat dari sayuran, susu, buah, daging, telur, maupun jenis makanan sehat lainnya.

Konsumsi pula makanan yang banyak mengandung serat untuk melancarkan kerja sistem pencernaan. Dengan begitu, perut tidak akan terasa kembung dan menjaganya tetap langsing. Bukan hanya mengurangi timbunan lemak perut, konsumsi makanan sehat bisa menyumbang sejumlah kandungan nutrisi pada air susu ibu (ASI).

Minum Air Putih Cukup

Anda dianjurkan minum air putih dalam jumlah cukup guna memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh. Minum air putih minimal delapan gelas setiap hari bisa membantu elastisitas kulit serta melancarkan penurunan berat badan. Kebiasaan ini jadi cara efektif untuk melangsingkan perut pascamelahirkan.

Menyusui

Aktivitas menyusui bayi dapat mengecilkan perut. Itu karena menyusui bisa membakar kalori. Pada bulan-bulan awal setelah melahirkan, menyusui dapat membuat berat badan turun lebih cepat. Berdasarkan penelitian, wanita yang menyusui bayinya secara eksklusif lebih gampang menurunkan berat badan.

Olahraga

Rutin berolahraga dapat membantu mengecilkan sekaligus mengencangkan perut pascamelahirkan. Sebaiknya pilih jenis olahraga yang relatif ringan bila perlu konsultasikan dengan dokter. Hal ini penting sebab umumnya aktivitas fisik baru boleh dilakukan setelah ibu menjalani pemeriksaan kesehatan. Biasanya wanita yang habis melahirkan baru diizinkan melakukan aktivitas fisik sekira enam pekan kemudian.

Ada banyak macam olahraga bisa Anda lakukan dalam rangka mengecilkan perut usai melahirkan, di antaranya berjalan bersama bayi, melakukan senam kegel, dan melatih otot-otot perut.

Itulah lima bentuk kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan perut secara alami setelah melahirkan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Doodle

Follow Our Social Media

Copyright © 2021 Doodle. Semua hak cipta dilindungi

Ketentuan Pengguna

Kebijakan Privasi

Copyright © 2018 Doodle. Semua hak cipta dilindungi