Nggak Bisa Sembarangan, Ini Teknik Menggambar yang Pas buat Anak TK

Nggak Bisa Sembarangan, Ini Teknik Menggambar yang Pas buat Anak TK

Doodle.co.idMums, pernah ngerasa stres atau bete nggak, sih? Biasanya ngapain aja kalau lagi stres? Jajan, jalan-jalan, atau curhat ke teman? Nah, selain jajan dan jalan-jalan, sekarang ada tren menggambar yang bermanfaat buat ngilangin stres. 

Nggak cuma buat orang dewasa aja, ternyata, banyak manfaat yang didapat dari menggambar, khususnya mereka yang sudah masuk usia Taman Kanak-Kanak (TK).

Manfaat utamanya, anak jadi terbiasa dengan aktivitas belajar. Menggambar ternyata juga bermanfaat buat nyiapin mereka sebelum masuk ke bangku sekolah.

Selain itu, menggambar mampu meningkatkan kemampuan motorik si kecil. Nah, kalau mereka sudah terbiasa menggerakkan alat tulis di atas kertas, Mums bakal gampang ngajarin mereka menulis angka dan huruf.

Manfaat lainnya nih, anak juga jadi lebih ekspresif dan imajinatif. Menggambar juga bikin si kecil lebih siap masuk TK, loh.

Tapi ternyata, proses teknik menggambar perlu diajarkan secara bertahap, khususnya saat mereka memasuki bangku TK. Lalu, gimana sih ngajarin anak TK buat menggambar?

Teknik Menggambar Untuk Anak TK, Bisa Mums Praktekan Pada Anak

Jangan dipaksa

Langkah pertama adalah jangan memaksa anak untuk menggambar. Ingat ya, Mums, menggambar sebaiknya jadi aktivitas yang menyenangkan bagi si kecil. 

Jangan sampai anak merasa kalau mereka dipaksa untuk bisa menggambar. Pastikan juga, Mums nggak memaksa si kecil kalau mereka lagi nggak mood.

Jadikan permainan

Kalau gini, terus gimana cara ngajarinnya? Mums bisa menjadikan aktivitas ini sebagai rutinitas, loh.

Mums bisa menggambar di dekat mereka. Biasanya, anak akan merasa tertarik dan ingin tahu apa yang lagi Mums kerjain. Nah, kalau mereka sudah mulai tertarik, nih, Mums bisa mulai ajak si kecil mencorat-coret di kertas.

Jangan lupa, jadikan aktivitas menggambar sebagai bagian dari permainan dan biarkan anak berekspresi dengan berbagai alat gambar.

Gambar garis

Nah, kalau, anak-anak udah biasa mencorat-coret kertas, mereka mungkin sudah bisa mengenali bentuk dan gambar. 

Mums bisa ngajarin si kecil memegang pensil warna dengan benar. Jangan lupa, gunakan meja yang ukurannya pas, ya. 

Mums bisa nih, pakai meja kecil khusus yang sesuai dengan ukuran tubuh anak TK. Soalnya, kalau ukuran meja terlalu tinggi atau rendah, bakal bikin anak nggak merasa nyaman. 

Selanjutnya, Mums bisa memposisikan lengan si kecil berada di atas meja. Lalu, ajarkan anak untuk menggambar satu garis vertikal panjang. Ulangi cara ini berkali-kali dalam satu kertas.

Setelahnya, Mums ajarkan si kecil untuk menggambar garis horisontal. Ulangi cara ini sampai mereka terbiasa menggerakkan pensil atau alat gambar di atas kertas.

Gambar bentuk lain

Setelah mereka terbiasa menggunakan alat tulis, anak akan mulai menggambar apa yang mereka lihat. Anak biasanya akan mulai menggambar objek lain seperti lingkaran, kotak, titik, dan lainnya.

Nah, Mums bisa mendampingi saat mereka menggambar. Biarkan imajinasi si kecil bermain dan menggambar apa yang mereka lihat. 

Semakin lama, gambar mereka akan semakin kompleks. Mums juga mulai melihat gambar yang mereka buat sudah menyerupai objek tertentu.

Beri pujian

Selama mereka menggambar, Mums bisa mengobservasi dan menanyakan ke anak. Selama mereka bercerita, dengarkan dengan baik. Jangan lupa berikan pujian akan karya mereka. Cara ini akan membantu kemampuan bercerita atau story-telling si kecil juga, Mums.

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia

Privacy Policy

Syarat dan Ketentuan

Cookies

Privacy Policy   Syarat dan Ketentuan    Cookie

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia