5 Mendidik Anak Belajar di Rumah dengan Mudah, Ini Caranya

Doodle.co.idMums, selama pandemi Covid-19 ini, anak terpaksa belajar di rumah. Kurangnya interaksi sama teman sekolah, kadang bisa bikin mereka bosan dan kurang semangat saat belajar di rumah. 

Memang nggak mudah membuat anak yang masih dalam usia aktif untuk duduk diam belajar. Karenanya, Mums perlu putar otak, nih, buat membangun kembali semangat mereka. Gimana caranya?

Kiat mudah mendidik anak belajar di rumah

Ajari anak tanpa memaksa

Mums, anak lebih baik diajari tanpa dipaksa. Sebab, memaksakan kebiasaan bisa membuat suasana hati mereka berubah. Hal ini bisa membuat si kecil berpikir kalau belajar cuma sekadar tugas dari orangtua. Mereka pun akan mengerjakan tugas itu dengan cepat dan tidak teliti. 

Pelan-pelan, Mums bisa membimbing si kecil untuk memahami manfaat belajar. Jika mereka melakukan kesalahan, jangan langsung dimarahi. Mums bisa mengarahkan mereka untuk berpikir sampai mereka menemukan jawabannya. 

Kalau Mums kesulitan mendampingi si kecil belajar, Mums bisa melihat kiat-kiat dari internet. Saat ini, banyak aplikasi belajar online yang bisa di-download dan dipelajari sendiri di rumah juga, loh Mums. 

Selain itu, Mums bisa membuat suasana belajar jadi berbeda, misalnya dengan permainan atau menonton video edukasi. 

Kenali metode belajar si kecil

Setiap anak punya cara berbeda dalam menyerap suatu informasi atau pelajaran. Nah, Mums, peran orangtua penting dalam menemukan metode belajar yang tepat buat anak. 

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan, anak usia remaja (12-15 tahun) yang belajar dengan mengandalkan materi tekstual, jadi mudah bosan, nggak senang belajar, dan tak bisa menyerap materi dengan baik. 

Karenanya, Mums perlu bereksperimen dengan berbagai metode belajar agar pas dengan si kecil. 

Ada berbagai metode yang bisa Mums terapkan, nih. Pertama metode belajar visual. Gaya belajar ini menggunakan gambar atau alat peraga yang berwarna. Biasanya, pengajar menggunakan gambar, video, atau aplikasi di ponsel untuk menunjang proses belajar anak. 

Metode kedua adalah gaya belajar yang dominan menggunakan suara. Anak dengan gaya belajar ini perlu membaca pelajaran dengan suaranya sendiri. Cara ini digunakan agar si kecil lebih mudah menangkap pelajaran. 

Metode selanjutnya adalah gaya belajar yang dominan menggunakan gerak tubuh. Mums bisa mengajak anak untuk melakukan percobaan sederhana. Mums dan Paps, bisa menggunakan alat bantu belajar, misalnya bola atau buah untuk mengajarkan mereka cara menghitung. 

Jadikan rutinitas

Pada dasarnya, anak-anak secara biologis memang di program buat belajar. Nah, agar anak rajin belajar di rumah, Mums bisa menjadikan belajar sebagai rutinitas harian. 

Biasanya, anak-anak yang sudah masuk waktu sekolah menganggap belajar di rumah sebagai hari libur mereka. Nah, Mums bisa meluruskan pikiran itu dengan membuat jadwal belajar. Dengan cara ini, anak-anak akan terbiasa belajar di rumah.

Tetap santai

Di sela kegiatan belajar, jangan lupakan waktu untuk bersantai, apalagi selama pandemi Covid-19 ini. Mums bisa memberikan camilan, bernyanyi bersama, atau menonton film sejenak. 

Selain itu, Mums bisa menciptakan suasana yang menyenangkan. Caranya dengan mendekorasi ruang belajar si kecil jadi lebih nyaman, unik, dan terasa beda. 

Mums bisa mengatur ruangan dengan suasana baru yang nggak ngebosenin, atau menambahkan musik selama belajar.

Dengan memberikan jeda sejenak, anak bisa lebih santai dan semangat selama belajar. Mums pun lebih tenang mengajari mereka belajar di rumah. 

Beri pujian dan hadiah

Jangan lupa juga berikan pujian atau hadiah yang mendidik kalau mereka berhasil mencapai target. Pujian atau hadiah dapat menambah motivasi belajar anak. Cara ini memang terlihat sederhana, Mums, tapi efektif membantu anak untuk serius dalam belajar. 

Selamat mencoba…

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia

Privacy Policy

Syarat dan Ketentuan

Cookies

Privacy Policy   Syarat dan Ketentuan    Cookie

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia