Ciri Ciri Anak Mau Tumbuh Gigi

Ciri Ciri Anak Mau Tumbuh Gigi

Sebagai orang tua, tentu saja salah satu hal yang sangat membahagiakannya adalah ketika bisa melihat pertumbuhan anak. Karena moment emas ini tentunya tidak bisa di ulang kembali di waktu lain. Maka dari itu, perhatian orang tua pun akan lebih besar untuk anak mereka yang masih kecil atau bayi. Supaya pertumbuhannya bisa lebih sehat dan juga baik. Salah satu pertumbuhan bayi yang membuat gemas dan juga senang para orang tua adalah ketika gigi sudah mulai tumbuh. Hal tersebut menandakan kalau anak mereka sudah mulai memasuki ke fase pertumbuhan yang selanjutnya. Lantas bagaimanakah ciri ciri anak mau tumbuh gigi. Biasanya bayi akan mulai mengalami yang namanya pertumbuhan pada giginya ketika usia 6 bulan. Namun ada juga yang baru tumbuh giginya pada usia 12 bulan. Tenang saja, hal tersebut tidak perlu membuat anda menjadi risau atau kuatir. Karena yang namanya tumbuh kembang setiap bayi berbeda-beda alias tidak sama.

Banyak sekali para orang tua yang belum memahami bagaimana ciri-ciri anak mau tumbuh gigi. Karena yang namanya anak bayi belum bisa melakukan komunikasi dengan baik dan lancar. Sehingga kalau sampai orang tua tidak menyadarinya, hal tersebut justru semakin membuat si bayi menjadi rewel. Maka dari itu, sebagai orang tua, anda harus memahami dan mengetahui apasajakah ciri-ciri anak mau tumbuh gigi, diantaranya yaitu :

  • Sering mengences

    Salah satu ciri-ciri anak mau tumbuh gigi adalah akan memproduksi air liur lebih banyak. Karena itu mereka pun akan terlihat seringkali mengences. Ada juga bayi yang akan mengalami ruam disekitaran mulutnya, leher hingga dagu. Sebaiknya anda siapkan tisu atau kain yang lembut untuk membantu mengelap air liurnya.

  • Sering batuk dan muntah

    Ketika gigi bayi mau tumbuh, biasanya mereka juga akan seringkali untuk mengalami batuk ataupun muntah. Hal tersebut dikarenakan semakin banyaknya produksi air liur dari biasanya, dan bayi belum bisa dengan baik dalam mengendalikan otot dan juga saraf yang ada di dalam mutu serta tenggorokannya. Jadi membuat mereka pun sering batuk dan juga muntah.

  • Sering menangis

    Karena gusi akan terasa nyeri, mereka mungkin akan merasa tidak nyaman saat proses pertumbuhan gigi. Hal tersebut membuat mereka pun menjadi rewel dan sering menangis. Anda bisa memberikan makanan yang lembut untuk membantu menghilangkan rasa nyeri dan tidak nyaman yang sedang dialaminya.

  • Sering menggigit

    Ciri anak mau tumbuh gigi yang selanjutnya adalah seringkali menggigit benda-benda yang ada didekatnya. Jadi sebaiknya anda hindari benda-benda yang berbahaya atau kotor ketika ia sudah mulai sering menggigit.

  • Gusi menjadi membengkak

    Saat gigi bayi akan tumbuh, gusi mereka pun menjadi bengkak dan juga memerah. Anda bisa mencoba untuk memijatnya secara perlahan dengan menggunakan kain yang lembut. Untuk membantu meringankan rasa nyeri pada gusi yang membengkak tersebut.

  • Sering bangun pada malam hari

    Ketika gigi akan tumbuh, memang membuat bayi menjadi kurang nyaman. Sehingga mereka pun akan sering terbangu dimalam hari.
    Baca : 6 Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur

  • Susah makan

    Bayi juga akan kehilangan nafsu makannya atau susah makan ketika giginya mau tumbuh. Karena hal tersebut disebabkan oleh mulut mereka yang tidak nyaman.
    Itulah beberapa dari ciri ciri anak mau tumbuh gigi. Tentu saja sebagai orang tua anda harus mengetahui dan juga mempelajarinya. Supaya saat anak anda mau tumbuh gigi, bisa mengatasinya dengan baik dan benar.