6 Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur

Home / Baby Care / 6 Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur

6 Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur

Banyak Mums yang mengeluhkan karena bayinya susah tidur di malam hari dan bertanya-tanya bagaimana sih cara mengatasi bayi susah tidur di malam hari.

Untuk bayi yang baru lahir, akan sangat mudah tertidur asalkan ia kenyang dan nyaman. Berbeda dengan bayi yang sudah memasuki usia 3 bulan, jumlah jam tidurnya sudah mulai berkurang. Nah pada saat itulah biasanya Mums menemui masalah dimana buah hati kurang tidur. Maka dari itu akan lebih baik segera mengajarinya untuk tidur di waktu yang tepat.

 

Bagaimana cara mengatasi bayi susah tidur?

1. Kenalkan Perbedaan Siang dan Malam Pada Bayi

Matikan lampu utama yang ada di kamar dan beralih ke lampu tidur. Hal ini dilakukan untuk membuat suasana menjadi redup sebagai tanda bahwa sudah malam hari dan waktunya tidur.

Ketika di Siang hari, bukalah tirai agar sinar matahari masuk ke dalam ruangan sehingga ruangan menjadi terang dan ia menyadari bahwa sudah siang hari. Perlu Mums ketahui juga selain membuat ruangan menjadi terang, sinar matahari juga bermanfaat mengurangi kelembaban ruangan dan mematikan kuman-kuman yang berada di dalam ruangan.

2. Rutinitas Sebelum Tidur

Usia bayi yang menginjak 3-4 bulan biasanya sudah dapat mengenali rutinitas sehari-hari. Misalnya ketika Ia sedang didudukan ke stroller, ia menyadari bahwa ia akan di ajak keluar rumah atau jalan-jalan.

Sama halnya ketika Mums ingin menciptakan rutinitas untuk melatih buah hati tidur teratur, Mums bisa mengusap-usap kening sambil menyusuinya, kemudian mencium pipi dan keningnya serta mengucapkan “Selamat bobo adek..” lalu Mums bisa sambil meredupkan lampu ruangan.

3. Batasi Tidur Siang

Salah satu penyebab bayi susah tidur dimalam hari adalah karena ia sudah terlalu lama tidur di siang hari. Nah untuk mencegah bayi tidak tidur terlalu lama di siang hari, Mums bisa mengajak ia bermain dan bercengkrama. Buat suasana yang menyenangkan sehingga ia tidak merasa bosan dan mengantuk.

4. Musik Pengantar Tidur

Salah satu yang bisa memicu bayi untuk tidur adalah suasana yang tenang dan nyaman, suasana tersebut bisa bunda buat dengan memutar musik yang lembut. Atur volumenya agar terdengar samar-samar saja.

Alternatif lainnya selain memutarkan musik, Mums bisa menyanyikan lagu untuknya. Pilih nyanyian yang dapat membuat ia tenang dan relaks.

5. Bacakan Cerita Sebelum Tidur

Selain akan menambah kedekatan antara ia dengan Mums. Meskipun ia mungkin kurang mengerti apa yang kita ceritakan. Rutinitas seperti ini akan menenangkan bayi karena akan mambuat ia berkonsentrasi mendengarkan apa yang kita ucapkan.

6. Suasana Tempat Tidur

Lingkungan tempat tidur buah hati juga memiliki pengaruh terhadap kualitas tidurnya. Bisa jadi karena tempat tidur dalam keadaan kotor, ada banyak serangga atau nyamuk membuat ia menjadi rewel dan susah tidur. Untuk kasus seperti ini Mums bisa membersihkan terlebih dahulu tempat tidurnya dan mengoleskan minyak telon plus anti nyamuk yang dapat membuat tidurnya lebih nyaman tanpa gangguan nyamuk. Demikian tips dari kami, semoga bisa membantu Mums dalam mengatasi bayi susah tidur. ☺

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *