Cara mengusir nyamuk yang aman untuk bayi

Home / Baby Care / Cara mengusir nyamuk yang aman untuk bayi

Cara mengusir nyamuk yang alami dan aman untuk bayi

Memang saat ini sudah banyak berbagai cara dan produk untuk mengusir nyamuk, misalnya dengan lotion, obat nyamuk bakar, elektrik atau semprot. Namun apakah produk-produk tersebut aman buat anak – anak atau bayi kita ? Mungkin pertanyaan sepert itu sering terfikir oleh Mums, sebagai orang tua yang senantiasa ingin melihat anaknya dalam keadaan baik – baik saja.

Kekhawatiran tersebut sangat lah wajar, karena produk – produk tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang mana kita tidak tahu apakah ada dampak berbahaya untuk bayi dan anak – anak. Tapi tenang Mums, kami akan berikan tips mudah dan praktis untuk mengusir nyamuk yang aman untuk bayi.

1. Serai

Tanaman serai mungkin sudah tidak asing lagi buat Mums yang hobi memasak. Karena tanaman ini merupakan rumput-rumputan yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Serai yang memiliki nama latin Cymbopogon Citratus ini memiliki kandungan atsiri dan sitronela yang tidak disukai nyamuk. Lalu bagaimana cara mengusir nyamuk dengan serai ya Mums?

  • Pel Lantai dengan air rebusan serai

Mums cukup merebus beberapa batang serai dalam air hingga benar – benar mendidih. Setelah mendidih, gunakan air rebusan tersebut untuk mengepel seluruh lantai rumah, Pastikan juga Mums mengepel bagian kolong meja, lemari dan tempat tidur.

Akan lebih baik Mums menerapkan cara ini ketika sudah sora hari, agar mampu mengusir nyamuk dan bertahan hingga malam hari.

  • Menaruh Serai di beberapa lokasi rumah

Apabila Mums merasa kerepotan untuk mengepel rumah, Mums bisa melakukan cara ini yang di jamin lebih praktis. Potong – potong serai sesuai kebutuhan, semakin luas rumah pastinya akan membutuhkan serai lebih banyak, kemudian masukkan ke beberapa wadah. Lalu taruh beberapa wadah tersebut ke beberapa tempat yang biasa menjadi sarang nyamuk. Kekurangan dari cara ini adalah nyamuk masih bisa bersarang di bagian atas rumah seerti pada kain atau baju yang digantungkan

  • Serai Sebagai Pengharum Ruangan

Selain dengan mengepel dan menaruh potongan – potongan serai di setiap sudut ruangan, Mums dapat menerapkan cara kertiga ini untuk mengusir nyamuk.

Mums cukup menumbuk atau menggeprek beberapa batang serai yang sudah Mums sediakan, Tumbuk terutama bagian bawah atau bagian dekat tumbuhnya akar. Setelah itu gantung serai yang sudah ditumbuk tadi pada kipas angin atau pendingin ruangan. Dengan begitu aroma serai akan menyebar ke seluruh ruangan dan nyamuk pun akan pergi.

Mums cukup mengganti Serai 2 atau 3 hari sekali setelah serai benar-benar kering atau ketika mulai merasakan nyamuk sudah mulai masuk lagi.

2. Menggunakan Minyak Telon

Minyak telon merupakan produk yang dirancang khusus untuk digunakan bayi dan anak-anak. Maka dari hal tersebut tingkat keamanan minyak telon untuk bayi dan anak – anak lebih terjamin. Seiring perkembangan jaman minyak telon kini juga bermanfaat untuk mencegah gigitan nyamuk yang aman untuk bayi dan anak – anak.

Yuk segera praktekan tips praktis mengusir nyamuk yang aman untuk bayi dan anak – anak seperti diatas, agar buah hati senantiasa terlindungi dari ancaman penyakit yang di timbulkan dari gigitan nyamuk ☺

 

id.theasianparent.com. “Cara Mengusir Nyamuk Paling Aman untuk Bayi”. Diakses pada 18 Juli 2017.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *