5 Jenis Makanan untuk Anak Sariawan

makanan untuk anak sariawan

Siapa yang sanggup melihat anaknya sakit sariawan? Tentunya tidak ada moms yang ingin melihat anaknya kesakitan akibat sariawan. Ya, penyakit yang satu ini memang lazim terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Sariawan merupakan salah satu jenis penyakit mulut yang menimbulkan rasa sangat sakit dan perih jika terkena sesuatu. Luka sariawan ini biasanya membentuk oval yang berwarna putih dan merah pada tepinya akibat radang yang ditimbulkan. Tempat yang biasa terkena sariawan adalah bagian gusi, dinding pipi atau bibir dan juga lidah. Sariawan bisa saja terjadi di beberapa lokasi tempat dimulut dalam bersamaan. Duh, gak kebayang jika kita atau anak kita yang mengalaminya…

Sariawan terjadi karena beberapa hal. Seperti saat kita menggosok gigi, karena terlalu semangat sehingga menusuk diding mulut sehingga menyebabkan sariawan. Gusi yang kegigit tanpa sengaja juga bisa menjadikan sariawan. Lebih lanjut, sebab yang paling banyak terjadi adalah infeksi kuman dan bakteri. Ini biasa terjadi pada anak. Anak yang kurang memperhatikan kebersihan saat dia makan yang kemudian membuat kuman masuk ke mulut dan menginfeksi mulut menjadi radang dan sariawan. Sariawan juga rawan terjadi jika anak kekurangan vitamin C. Pada kasus tertentu, sariawan bisa saja muncul tanpa sebab dan gejala yang bisa diidentifikasi.

Sariawan sangat membuat kita tidak nyaman, terlebih pada anak-anak. Mereka akan cenderung menjadi diam, dan akan menjadi parah anak akan hilang nafsu makan dan berakibat pada menurunnya berat badan anak.  Walaupun dengan membiarkannya saja akan sembuh, tetapi lebih baiknya sariawan segera diobati karena sangat berpengaruh terhadap nafsu makan anak. Langkah yang bisa diambil untuk mengobati sariawan pada anak adalah memberikan obat sariawan pada anak. Poin utamanya adalah moms harus tetap menerapkan hidup sehat dan bersih pada anak terutama daerah mulut, bisa dengan menggosok gigi sehari 3x.

Nah, untuk menjaga agar anak tetap mau makan walaupun dalam keadaan sariawan, moms harus menjaga pola makan dan makanan yang memang cocok dimakan saat anak sariawan. Ini sangat baik untuk menjaga nafsu makan dan berat badannya. Berikut kami berikan ide makanan untuk sariawan anak.

  1. Makanan yang mengandung vitamin B dan C

Vitamin B sangat baik dikonsumsi untuk anak yang sedang sariawan. Tidak hanya vitamin B saja, vitamin C sangat baik untuk meningkatkan sistem imun anak sehingga cocok diberikan dan sebagai makanan untuk sariawan anak. Moms bisa memberikan makanan olahan susu beras, susu kedelai, ikan, buah jeruk, tomat, dan sayuran hijau.

  1. Makanan kaya zat besi

Zat besi memang bagus untuk pertumbuhan gigi, tulang dan pengobatan saat terjadi pendarahan. Moms bisa memberikan makanan yang kaya akan zat besi pada anak. Selain sebagai pengobatan ini juga baik untuk pertumbuhan tubuh anak. Makanan yang kaya zat besi misalnya bayam, wijen, sereal, labu, kentang, brokoli.

  1. Air kelapa

Air kelapa mempunyai kandungan yang berfungsi sebagai penurun inflamasi yang terjadi ketika sariawan. Memang bukan makanan sih moms, tetapi ini sangat baik dikonsumsi untuk anak yang sariawan. Anak juga pasti suka dengan air kelapa karena rasanya yang manis dan segar.

  1. Makanan dengan tekstur yang lembut tetapi banyak gizi

Makanan yang bertekstur lembut akan membantu anak tidak merasakan sakit saat makan karena tidak perlu mengunyah lagi. Moms bisa membuatkan anak bubur dengan sayur yang diblander atau soup.

  1. Es krim

Wow! Ini makanan yang paling disukai anak-anak. Ternyata es krim ini bisa membantu meringankan rasa sakit dan perih yang ditimbulkan oleh sariawan lho moms. Namanya juga es krim jadi menimbulkan rasa dingin dan beku saat dimakan. Es krim juga bisa meningkatkan nafsu makan anak. Untuk memenuhi gizinya moms coba berikan es krim dengan varian rasa buah yang dicampur susu.

Inilah beberapa makanan untuk anak sariawan yang kami rekomendasikan untuk moms agar anak tetap memiliki nafsu makan dan tidak kehilangan berat badannya tentu dengan memperhatikan gizi makanan yang dikandungnya.