5 Cara Mengusir Cicak dari Rumah yang Ampuh

5 Cara Mengusir Cicak dari Rumah yang Ampuh

Cicak, salah satu musuh moms yang menjengkelkan di rumah. Bagaimana tidak, entah dari mana asalnya tiba – tiba ada aja atap rumah. Kalau itu Cuma satu atau dua aja tidak masalah. Tetapi, cicak pasti akan berkembang di atap rumah. Hasilnya kotoran cicak yang kadang jatuh itu bisa saja menjatuhi makanan kita atau anak-anak. Duh bisa jadi nanti kita bisa sakit akibat kotoran yang masuk ke makanan tadi. Selain itu, kotoran cicak juga menimbulkan aroma yang tidak sedap, ini sangat menggangu kan moms? terlebih lagi saat kita lagi santai-santainya di rumah atau lagi ada tamu yang main tiba-tiba ada cicak yang jatuh, pasti mengagetkan dan membuat tamu tidak nyaman. Cicak merupakan salah satu binatang melata yang sering hidup di rumah, dan tidak sedikit orang yang kurang atau bahkan jijik dengan binatang ini.

Kehadiran cicak di rumah selain mengganggu juga bisa mengancam kesehatan anggota keluarga. Cicak yang hidupnya merayap pindah dari atap satu ke yang lain yang kita tahu atap rumah itu jarang dibersihkan dan kadang jatuh ke lantai dan merayap di meja makan mencari makanan. Bisa saja cicak itu membawa kuman penyakit yang tidak kita ketahui dan hasilnya membuat kita terserang penyakit tertentu.

Moms tentunya tidak mau kan kalau anak-anak dan keluarga terkena penyakit akibat lingkungan yang kotor serta tamu-tamu yang merasa tidak nyaman saat kejatuhan cicak? Untuk itu, berikut kami berikan cara mengusir cicak dari rumah, ikuti ya moms.

  1. Pasang AC untuk rumah

Cicak tidak suka dengan udara dan suhu ruang yang dingin. Moms bisa memanfaatkan AC untuk mengusir cicak dari rumah. Tetapi penggunaan AC membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal karena untuk harga AC nya sendiri yang mahal dan listrik yang dipakai juga harus memenuhi. Ini hanya bisa menjadi salah satu alternatif untuk moms jika moms mampu, kami masih menyiapkan cara mengusir cicak dari rumah lainnya.

  1. Hilangkan nyamuk dari rumah

Makanan utama cicak adalah nyamuk, dimana nyamuk itu berada pastinya cicak akan datang untuk memangsanya. Nah, untuk mengusir nyamuk dari rumah itu berarti kita harus memusnahkan nyamuk yang ada di rumah. Moms bisa menggunakan obat semprot nyamuk dan melakukan 3K.

  1. Lapisi dinding dari bahan yang licin

Cicak adalah binatang merayap. Untuk menempelkan kakinya ke dinding ada perekat khusus di kaki cicak agar bisa menempel. Tetapi, kaki cicak tidak didesain untuk merayap di dinding yang tekturnya licin. Moms bisa memanfaatkan kelemahan cicak itu untuk mengusirnya dari rumah. Lapisi dinding rumah dengan bahan yang licin misalnya cat yang licin, atau keramik licin.

  1. Rajin membersihan rumah

Cicak suka dengan tempat yang kotor sehingga dia akan betah disana. Moms bisa membersihkan rumah di semua ruangannya tanpa kecuali sudut-sudut rumah dan atapnya agar cicak berpindah ke tempat lain. Selain itu cicak sangat suka dengan sisa makanan kita, moms bisa membersihkan area dapur dan ruang makan seperti kolong meja dan kursi yang biasa ada bekas makananya.

  1. Tambahkan aromaterapi/ pewangi ruangan di rumah

Sama seperti nyamuk, cicak juga tidak suka dengan bau wangi-wangian. Moms bisa memberikan aromaterapi atau pewangi ruangan di rumah agar cicak enggan untuk muncul.

Itulah tadi beberapa cara mengusir cicak dari rumah, yang terpenting selalu jaga kebersihan rumah moms. semoga bermanfaat..