5 Bahan Alami Ini Jadi Cara Melebatkan Rambut Bayi yang Efektif

5 Bahan Alami Ini Jadi Cara Melebatkan Rambut Bayi yang Efektif

Memiliki bayi dengan rambut hitam lebat adalah keinginan setiap orang tua. Tapi tak jarang bayi yang lahir dengan rambut tipis kemerahan. Warna kulit, rambut merupakan faktor genetik dari kedua orang tua sehingga tiap bayi memiliki ciri khas sendiri sesuai dengan orangtuanya. Tapi tidak bisa dipungkiri seorang ibu menginginkan rambut bayinya tumbuh hitam lebat dan lembut. Karena itu perlu dilakukan perawatan pada bayinya.

Ada beredar mitos untuk mendapatkan rambut bayi yang lebat dan hitam bisa dilakukan dengan treatment ibu mengkonsumsi air rebusan kacang ijo. Tapi, mitos ini belum tentu kebenarannya dan memang belum ada pembuktian secara eksperimen oleh ahli. Tapi air rebusah kacang ijo baik juga kok moms untuk tubuh, jadi tidak masalah jika moms mengkonsumsinya.

Untuk melebatkan rambut bayi, jangan asal memberikan perawatan untuk bayi ya moms. bayi yang baru lahir memiliki kulit sensitif sehingga perlu poduk dan perawatan khusus. Moms perlu tahu bagaimana cara melebatkan rambut bayi yang baik dan aman. Produk-produk bayi yang sudah beredar dipasaran belum tentu aman dan cocok untuk bayi moms. Jadi, jika ingin menggunakan produk bayi moms harus selektif, sebelum membeli telitilah dengan cermat bahan yang digunakan, kadaluarsanya dan baunya. Jangan sampai moms salah membeli produk berbahaya untuk bayi. Selain produk bayi, moms bisa melebatkan bayi dengan bahan-bahan alami yang aman. Berikut kami berikan cara melebatkan rambut bayi dengan bahan alami.

  1. Madu dan minyak zaitun

Minyak zaitun memang baik untuk perawatan kulit. Sifat dari minyak ini adalah untuk menghaluskan kulit kepala dan rambut. Sedangkan madu berfungsi untuk meregenerasi kulit kepala sehingga rambut bisa mudah tumbuh. Cara melebatkan rambut bayi dengan bahan ini adalah, campurkan 1 sendok madu dan minyak zaitun sebagai masker rambut. Oleskan ke kulit kepala dan helai rambut. Tutup kepala selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih. Bahan ini aman untuk bayi sehingga jika tidak dibilaspun tidak masalah.

  1. Minyak kemiri

Minyak kemiri merupakan salah satu bahan untuk melebatkan rambut yang sudah terkenal efektif. Oleskan minyak kemiri pada kulit kepala dari rambut, berikan pijatan halus selama kurang lebih 5 menit. Diamkan. Kemudian sore hari atau pagi harinya bisa dibilas dengan air hangat.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya salah satu cara melebatkan rambut bayi yang efektif. Selain lebat, lidah buaya juga membuat rambut tampak lebih hitam dan sehat. Kandungannya baik untuk mencegah ketombe dan kerontokan. Keluarkan gel lidah buaya dari daunnya, tumbuk, kemudian pakaikan ke kepala si bayi. Tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

  1. Minyak argan

Moms masih asing dengan minyak argan? Ya memang pemanfaatannya untuk perawatan tubuh memang masih jarang, tapi moms ternyata minyak argan sangat bermanfaat untuk membuat rambut bayi tumbuh lebat.

  1. Minyak kelapa

Cara melebatkan rambut bayi secara alami lainnya adalah dengan minyak kelapa. Pemanfaatnya untuk perawatan rambut sudah terbukti efektif. Jika moms meiliki waktu luang, moms bisa mencoba membuat minyak kelapa sendiri. Caranya, rebus santan hingga keluar minyaknya. Gunakan minyak tersebut untuk mengolesi rambut bayi. lakukan setelah mandi, jangan lupa berikan pijatan halus agar maksimal.

Sebaiknya jangan gegabah untuk melebatkan rambut bayi. Pertumbuhan rambut tiap bayi berbeda satu sama lain. Moms hanya perlu menunggu lebih sabar. Jika dalam usianya yang menginjak 6 bulan, rambut masih sama saja, barulah konsultasikan dengan dokter. Untuk menjaganya, selalu rawatlah rambut bayi dengan benar.