7 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi yang Efektif

7 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi yang Efektif

Ketika bayi nangis tanpa sebab mungkin moms mengira ini hal biasa yang terjadi pada bayi karena dia belum bisa bicara. Tapi moms, ketahuilah setiap tangisan bayi itu tentunya ada alasannya walaupun dirasa bayi tiba-tiba menangis. Banyak hal yang membuat bayi menangis. Bayi kegerahan, merasa lapar atau haus, bayi ngompol, kedingingan sampai bayi merassa kurang enak badan atau sakit mereka akan menunjukannya dengan menangis. Jadi jangan menyepelekan bayi saat nangis ya moms. Agar moms tau kenapa bayi menangis moms perlu belajar memahami si bayi tentang apa yang dia alami. Nah, salah satu penyebab bayi sering menangis selain merasa lapar dan haus adalah bayi merasa perut kembung. Kenapa bisa bayi kembung? Bukannya air susu atau ASI ini bersifat mengeyangkan dan tidak membuat perut bayi kembung?

Ya, memang ASI sifatnya mengenyangkan tapi tahukah moms kalau perut bayi baru lahir itu masih sangat kecil dan belum bisa menampung semua ASI yang bayi minum. Dalam tubuh bayi sudah memproduski gas tappi gas ini akan semakin banyak ketika bayi menyusu tap posisinya tidak benar sehingga memungkinkan celah udara masuk mulut dan menambah gas di dalam perut. Selain dari ASI, gas juga berasal ketika bayi menangis. Memang sih menangis sebagai pertanda untuk orang dewasa namun menangis salah cara termudah masuknya udara bebas ke dalam perut bayi. Banyaknya gas yang ada di dalam tubuh bayi membuat bayi sering kentut dan juga kembung.

Bedakan ya moms antara bayi sering kentut dengan kembung. Tidak selamanya bayi sering kentut itu di karena perut kembung. Bayi yang sering kentut tapi dia tidak menangis dan cenderung tetap ceria, bayi ini normal dan tidak ada masalah perut kembung. Namun, jika bayi kentut berbau, perut terasa keras dan bayi sering rewel walaupun sudah disusui nah moms peru hati-hati. Bisa saja bayi mengalami perut kembung.

Perut kembung memang bukan masalah yang serius tapi jika tidak diatasi, kondisi ini akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan terus-terusan rewel. Selain itu, kondisi ini bisa membuat bayi terancam asam lambung dan masalah pencernaan lainnya, tentunya mengganggu perkembangan sistem pencernaan bayi moms.

Sebagai moms siaga, moms harus sigap dan segera mengatasi perut kembung bayi. Banyak cara mengatassi perut kembung pada bayi yang bisa moms gunakan. Tentunya cara yang aman ya moms.. jika moms membawa bayi ke dokter, salah satu cara mengatasi perut kembung pada bayi yang direkomendasikan dokter adalah memberikannya obat atau mengoleskan minyak telon atau minyak lain yang sifatnya menghangatkan perut bayi sehingga perut terasa enakan. Namun, banyak kok moms cara simpel untuk mengatasi perut kembung.

Nah, berikut ini kamu rangkumkan beberapa cara mengatassi perut kembung pada bayi, simak ya moms..

  1. Sendawakan bayi setelah menyusu

Saat bayi menyusu, banyak peluang gas luar yang ikut masuk ke mulut, gas ini nantinya akan menumpuk dalam perut yang menyebabkan ASI tidak semuanya bisa tertampung dan kembali dikeluarkan oleh bayi. Nah, jika perut bayi kelebihan gas maka perut bayi akan bunyi blung, blung saat ditepuk halus. Ini tandanya bayi kembung. Selain bunyi khas perut kembung, bayi juga akan menangis karena merasa tidak nyaman. Untuk itu, penting bagi moms menyendawakan bayi setelah menyusu.

Cara menyendawakan bayi sebagai berikut: posisikan bayi tengkurap di pangkuan moms. Usap lembut punggung bayi, tunggulah sampai bayi sendawa. Cara lain moms bisa menggendongnya dengan posisi menghadap dengan perut nempel di dada moms. Usap lembut punggung sampai bayi sendawa.

  1. Pijat perut bayi

Salah satu cara mengatasi perut kembung pada bayi yang ampuh adalah dengan memijat perut bayi dengan gerakan memutar searah jarum jam.

Caranya:

Posisikan bayi tidur telentang bisa di kasur, tapi lebih mudahnya tidurkan di kaki moms yang diberi alas lembut. Sebelum mulai memijat perut bayi, gunakan dulu baby oit atau minyak telon ditangan moms. Baru setelah itu mulailah memijat perut bayi dari atas ke bawah dengan gerakan tangan memutar searah jarum jam. Lakukan gerakan ini selama 20-45 menit. Tunggu bayi hingga bersendawa.

  1. Perbaiki posisi menyusui moms

Terkadang salah posisi membuat gas yang masuk semakin banyak, untuk itu moms perlu memperbaiki posisi moms saat menyusui. Saat menyusui bayi, usahakan posisi kepala si bayi lebih tinggi dari perutnya dengan perut menghadap ke dalam. Perhatikan juga pelekat antara mulut bayi dan puting sudah pas sehingga tidak bercelah lagi untuk udara masuk. Dengan memperhatikan posisi yang benar saat menyusui membuat bayi terhindar dari perut kembung.

  1. Mandikan bayi

Jika bayi perut kembung bayi terjadi sesaat sebelum jam mandi. Nah, moms memandikan bayi dengan air hangat juga bisa mengatasi perut kembung. Mandi air hangat membuat bayi menjadi rileks dan tenang sehingga bayi akan merasa nyaman dan mengurangi intensitas bayyi menangis. Jika bayi sudah merasa nyaman, barulah moms berikan minyak telon di perut bayi untuk mengatasi perut kembung.

  1. Atasi dengan gerakan kayuh sepeda

Selain dengan pijatan, moms bisa mengatasi perut kembung si bayi dengan gerakan kaki kayuh bayi. Caranya: posisikan bayi telentang, gerakan kaki si bayi seperti gerakan mengayuh sepeda. Gerakan ini menjadikan gerakan-gerakan kecil di perut bayi sehingga membuat bayi sedikit olahraga. Gerakan ini efektif membuat bayi sendawa.

  1. Perhatikan asupan makanan si ibu

Hey moms, ternyata asupan makanan yang moms konsumsi juga berpengaruh lho pada masalah perut kembung bayi. Sebaiknya moms menghindari jenis makanan yang banyak mengandung gas seperti brokoli, kobis, bawang. Selain itu, hindari juga yang membuat bayi resiko alergi seperti susu. Karena alergi susu juga bisa menyebabkan perut kembung seperti intoleransi lakstosa. Jika moms penggemar kopi atau teh, sebaiknya selama moms menyusui kurang konsumsi kedua minuman tersebut. Karena kedua minuman ini banyak mengandung gas yang bisa berpengaruh pada kualitas ASI moms. Tentunya ini bisa menyebabkan perut bayi kembung juga.

  1. Mengubah posisi gendongan bayi

Jika moms terbiasa menggendong bayi dengan posisi telentang, maka cobalah untuk mengganti posisi gendongan bayi dengan posisi tegak, yaitu menempatkan perut bayi di dada moms. Selain bisa skin to skin dengan moms, posisi ini juga dipercaya membuat lebih tenang untuk bayi.

Ok moms! Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi yang bia moms aplikasikan saat si bayi kembung. Karena mudahnya perut kembung ini terjadi sebaiknya moms harus terus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan maupun memberikan makanan untuk bayi. Cara terbaik untuk tetap mencegah bayi tidak kembung adalah dengan selalu menyendawakan bayi setelah selesai nyusu atau jaga terus kehangatan perut bayi dengan cara mengoleskan minyak telon.

Nah, jika kelima cara ini sudah moms coba namun hasilnya nihil, maka moms bisa membawa bayi berobat ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang benar. Salam Sehat untuk Bayi moms!