Menghilangkan Ruam Susu Pada Bayi

Menghilangkan ruam susu pada bayi

ASI memang menjadi nutrisi yang sangat dibutuhkan sekali oleh bayi. Karena ada sekitar 200 nutrisi yang terkandung didalam ASI, dan tentu saja sangat dibutuhkan sekali untuk tumbuh kembang bayi. Maka dari itu, bayi sebaiknya harus mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan, supaya bisa mencegah juga terjadi berbagai macam gangguan kesehatan yang bisa menyerang si kecil. Mulai dari infeksi, diabetes, obestitas, asma dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak hanya itu saja, ASI juga dibutuhkan untuk membantu meningkatkan kecerdasan di kecil. Namun ada juga bayi yang mengalami ruam karena susu, yang bisa membuat kulit bayi menjadi merah. Biasanya ruam susu ini terjadi pada hidung, pipi hingga dagunya.

Bentuknya sendiri hampir mirip dengan bentuk jerawat, yaitu bintik kecil kemerahan. Anda jangan kuatir, karena hal tersebut memang biasa terjadi pada bayi, dan juga bisa diatasi, sebab yang namanya ruam susu ini menandakan kalau bayi anda mengalami yang namanya alergi. Terutama untuk ibu yang sedang menyusui dan mengalami riwayat alergi setelah mengkonsumsi makanan ataupun minuman tertentu.

Lalu bagaimana cara untuk menghilangkan ruam susu pada bayi tersebut. Untuk itu, anda bisa menyimak info ataupun tips yang akan kami bagikan dibawah ini , yaitu cara untuk menghilangkan ruam susu pada bayi dengan mudah dan juga cepat, diantaranya yaitu :

  1. Menggunakan bunga melati

    Cara mengatasi atau menghilangkan ruam susu pada bayi yang pertama adalah dengan menggunakan bunga melati. Karena didalam bunga melati ini mengandung obat penenang dan juga anti-depresi. Caranya juga sangatlah mudah sekali. Dinginkan terlebih dahulu bunga melati, dan kemudian gosokkan secara perlahan pada bagian tubuh bayi yang mengalami ruam.

  2. Menggunakan kain basah

    Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan kain basah. Gunakan kain yang bersih dan sudah dibasahi untuk mengusap wajah bayi anda yang terdapat ruamnya

  3. Mandikan dengan air hangat

    Menghilangkan ruam susu pada bayi juga bisa anda lakukan dengan memandikan si kecil dengan menggunakan air yang hangat atau suam-suam kuku. Selain itu, gunakanlah sabun yang tidak mengandung pewangi supaya ruam susu tidak semakin parah. Pastikan anda tidak menggunakan air terlalu panas, karena justru bisa membuat kulit si kecil menjadi semakin mengering.

  4. Oleskan pelembab

    Anda juga bisa mengoleskan pelembab pada bagian wajah yang terkena ruam susu. Agar kulit bayi tidak semakin mengering dan tetap lembab.

  5. Hindari penyebab alergi

    Seperti yang sudah sempat dibahas diatas, kalau salah satu penyebab dari ruam susu pada bayi ini dikarenakan ibu yang sedang menyusui memiliki riwayat alergi. Maka dari itu, hentikan untuk mengkonsumsi makanan yang membuat anda menjadi alergi. Supaya masalah ruam susu pada buah hati anda bisa segera teratasi dengan cepat.

  6. Hindari paparan sinar matahari

    Sebaiknya jika bayi anda sedang memiliki masalah dengan ruam susu, untuk menghindarinya dari paparan sinar matahari secara langsung. Karena paparan sinar matahari secara langsung akan membuat kulit bayi menjadi semakin kering saja.

  7. Atur suhu ruangan

    Anda juga sebaiknya harus mengatur suhu ruangan, supaya ruam pada si kecil tidak semakin parah dan banyak. Usahakan agar ruangan selalu tampak sejuk

Beberapa tips mengenai berbagai macam cara untuk menghilangkan ruam susu pada bayi di atas, semoga bisa anda jadikan sebagai referensi saat bayi anda mengalami masalah yang sama.