Teknik Menyusui Bayi Yang Benar

Teknik menyusui bayi yang benar

Menyusui tentu saja memang sudah menjadi salah satu rutinitas yang biasanya sering dilakukan oleh para ibu yang sedang memiliki bayi. Dengan menyusui juga, tentunya semakin membantu dan mengontrol pertumbuah si kecil, yang memang membutuhkan asupan nutrisi ASI eksklusif selama 6 bulan. Namun bagi para ibu muda, terutama mereka yang baru saja memiliki anak pertama, menyusui bukanlah perkara yang mudah. Banyak dari mereka yang malah menjadi bingung ketika akan menyusui buah hatinya. Kalau sampai tekhnik menyusui salah, tentunya tak hanya akan membuat si bayi menjadi kurang nyaman, namun juga bisa membuat air susu menjadi sedikit keluarnya. Belum lagi si ibu yang akan panik karena tidak mengetahui bagaimana teknik menyusui yang benar. Maka dari itu, sebagai ibu anda harus benar-benar paham dan juga mengerti terlebih dahulu mengenai teknik menyusui yang benar, diantaraya yaitu

  1. Posisi cradle hold

    Teknik menyusui yang benar pertama adalah dengan menggunakan posisi cradle hold, yang memang paling banyak digunakan oleh para ibu saat sedang menyusui buah hatinya. Caranya adalah dengan meletakkan tangan kiri atau tangan kanan untuk menyangga bayi sampai ke bagian punggungnya. Sedangkan tangan yang lainnya digunakan untuk memegangi payudara yang sedang digunakan untuk menyusui. Agar nantinya si bayi tidak mudah melepaskan puting payudara.

  2. Posisi football hold

    Untuk teknik menyusui yang benar selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik football hold. Yaitu posisi badan dari bayi yang letaknya berada disamping badan sang ibu. Kemudian ibu sambil memegang kepala bayi, seperti memegang bola.

  3. Posisi lyling down

    Tekhnik menyusui dengan posisi lyling down ini juga cukup banyak di pilih oleh para ibu. Terutama saat akan menyusui si kecil pada malam hari. Dimana si ibu akan berbaring sambil menyusui.

Tak hanya sekedar memperhatikan teknik menyusui yang benar saja, namun anda juga harus benar-benar memperhatikan beberapa hal ketika akan menyusi si kecil, diantaranya yaitu :

  • Pastikan saat sedang menyusi keadaan ibu dan juga si kecil dalam kondisi yang nyaman atau rileks. Yaitu dengan posisi kepala yang harus lebih tinggi dibandingkan dengan tubuhnya. Supaya nantinya si kecil lebih mudah lagi ketika akan menelan asi tersebut. Jangan sampai anda panik atau dalam keadaan tidak tenang saat sedang menyusui.
  • Saat akan menyusi si kecil, anda juga harus meletakkanya bayi dekat dengan payudara. Saat bayi sudah mulai membuka mulutnya, hal tersebut memberikan tanda kalau ia sudah mulai lapar dan ingin segera menyusu. Tunggu sebentar sampai mulutnya terbuka lebar, dan barulah kemudian dekatnya puting payudara dengan mulut si kecil.
  • Ketika sedang menyusui, perhatikan juga posisi bayi. Supaya nantinya bayi bisa menyusui dengan baik dan benar.
  • Anda juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk menyusui si kecil. Biasanya bayi akan menyusui setiap 5 hingga 40 menit. Namun untuk bayi yang baru saja lahir, biasanya akan menyus setiap 2 hingga 3 jam.

Beberapa dari info mengenai Teknik menyusui yang benar di atas, semoga saja bisa bermanfaat dan anda jadikan sebagai referensi. Terutama ketika akan menyusui si kecil. Jika kebutuhan ASI si kecil terpenuhi, tentu saja hal tersebut sangat baik sekali untuk pertumbuhan si kecil. Apalagi yang namanya ASI ini mengandung nutrisi yang tinggi.