Manfaat Pisang Untuk Bayi

Manfaat pisang untuk bayi

Kebutuhan asupan nutrisi dan juga gizi pada bayi, tentu saja harus benar-benar kita perhatikan. Terutama saat usia emasnya, yaitu dibawah lima tahun. Salah satu caranya adalah dengan memberikan buah-buahan. Pisang merupakan buah-buahan yang juga cocok untuk dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk untuk bayi. Karena rasa dari buah pisang ini sangat enak dan juga matang jika sudah matang. Meskipun harganya tergolong cukup murah, namun kandungan nutrisi dan juga vitamin yang ada didalam buah pisang ini pun sangat baik sekali untuk membantu pertumbuhan bayi. Lalu apasaja sebenarnya manfaat pisang untuk bayi tersebut. Untuk itu anda bisa langsung menyimak info atau ulasan yang akan kami bagikan dibawah ini, mengenai berbagai macam manfaat pisang untuk bayi yang harus anda ketahui, diantaranya yaitu :

  1. Sebagai makanan pertama bayi

    Saat bayi sudah memasuki usia 6 bulan, maka waktu tersebut sangat tepat sekali untuk mengenalkannya dengan makanan pertama. Tentu saja anda tidak bisa sembarangan dalam memberikan makanan pertama untuk bayi. Apalagi sistem pencernaannya juga masih belum sempurna. Namun anda bisa memberikan pisang sebagai salah satu makanan pertama bayi anda. Caranya adalah dengan melumatkan pisang tersebut dan memberikannya kepada buah hati anda secara perlahan.

  2. Meningkatkan energi

    Manfaat pisang untuk bayi yang selanjutnya adalah meningkatkan energinya. Karena kandungan karbohidrat yang tinggi pada buah pisang ini, bisa memberikan energi yang instant pada bayi. Jadi untuk anda para orang tua yang memiliki bayi super aktif, bisa memberikan pisang sebagai pendukung untuk memenuhi kebutuhan energinya.

  3. Melancarkan sistem pencernaan

    Manfaat lain buah pisang untuk bayi adalah untuk melancarkan sistem pencernaan pada bayi. Karena seperti yang kita ketahui , kalau buah pisang ini mengandung serat yang cukup tinggi, dan sangat baik sekali untuk membantu melancarkan sistem pencernaan si kecil.

  4. Menyehatkan tulang dan penglihatan

    Kandungan kalsium dan juga kalium pada buah pisang ini pun sangat baik sekali untuk membantu dalam menyehatkan tulang dan juga penglihatan si kecil anda bisa memberikan MPASI dari buah pisang ini untuk buah hati anda.

  5. Nutrisi lengkap

    Buah pisang memang menjadi salah satu jenis buah yang mengandung nutrisi sangat tinggi, dan cocok dijadikan sebagai salah satu buah-buahan yang diberikan untuk bayi. Selain teksturnya yang lembut dan bisa mudah dicerna oleh bayi kandungan nutrisinya pun sangat penting sekali untuk pertumbuhan bayi. Beberapa kandungan nutrisi yang ada pada buah pisang ini, diantaranya yaitu magnesium, zat besi, asam folat, kalium, kalsium, vitamin B12 dan banyak lagi yang lainnya.

  6. Mengatasi masalah diare

    Jika buah hati anda mengalami masalah diare, maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memberikannya buah pisang. Karena buah pisang ini mengandung serat yang tinggi, dan sangat baik sekali untuk membantu melancarkan sistem pencernaan pada bayi.

Sebenarnya masih ada banyak sekali berbagai macam manfaat pisang untuk bayi ini. Namun sebaiknya anda juga harus tetap memperhatikan beberapa hal saat akan memberikan si kecil pisang, diantaranya yaitu :

  • Pastikan terlebih dahulu kalau usia si kecil sudah lebih dari 6 bulan
  • Pilihlah pisang yang sudah matang dan hindari memberikan pisang yang masih mentah
  • Saat akan memberikan buah pisang untuk si kecil , sebaiknya anda lumatkan atau menghaluskannya terlebih dahulu. Supaya mudah untuk dicerna.