Cara Tepat dan Manfaat Menjemur Bayi

Cara Tepat dan Manfaat Menjemur Bayi

Menjemur bayi memang sering dilakukan oleh para orang tua. Karena salah satu dari manfaat menjemur bayi sendiri adalah untuk mencegah terjadinya penyakit kuning. Masih ada banyak sekali berbagai macam manfaat menjemur bayi yang lainnya selain membantu untuk mencegah penyakit kuning, diantaranya yaitu :
Salah satu manfaat dari menjemur bayi adalah untuk membantu penyerapan kalsium pada tubuhnya. Karena memang yang namanya sinar matahari ini merupakan salah satu sumber vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk tubuh.

  • Dengan menjemur bayi juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulangnya. Sehingga tulang pada bayi akan lebih sehat dan juga kuat.
  • Sinar matahari juga membantu untuk menjaga suhu bayi supaya tetap hangat
  • Manfaat menjemur bayi yang selanjutnya adalah untuk mengurangi kadar biliburin dalam darah bayi, yang bisa menyebabkan bayi menjadi kuning.

Sebenarnya masih ada banyak sekali berbagai macam manfaat menjemur bayi tersebut. Namun tentu saja Moms juga tidak boleh sembarangan saat akan menjemur bayi. Karena bayi yang berusia 0 hingga 6 bulan tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung menurut American Association Pediatric. Sebaiknya Moms menjemur bayi tidak boleh lebih dari 30 menit. Cukup sekitar 10 hingga 20 menit saja setiap harinya. Sebab jika bayi terlalu lama di jemur, justru akan sangat berbahaya, dan dikuatirkan terkena paparan dari sinar matahari yang berlebih. Untuk waktu yang dianjurkan adalah dibawah jam 8 pagi. Namun saat musim panas sebaiknya Moms menjemurnya saat pukul 6 pagi hingga 7.30 pagi saja.
Saat sedang menjemur bayi jangan sampai Moms meninggalkannya sendiri. Sebaiknya Moms harus mengawasinya, yaitu dengan cara mendekapnya. Kalau Moms meninggalkannya sendiri dikuatirkan bayi akan merasa kepanasan dan mengalami yang namanya peningkatan suhu berlebih, atau yang disebut dengan hipertemi. Apalagi kulit bayi sendiri sangat rentan dan mudah sekali terkena infeksi. Selain itu juga Moms bisa menggunakan posisi telentang ataupun tengkurap supaya nantinya sinar matahari bisa terkena secara langsung ke tubuh bayi. Namun sebaiknya Moms harus melindungi bagian wajah, terutama adalah bagian matanya supaya tidak terkena secara langsung paparan sinar matahari. Caranya bisa Moms memakaikan topi atau dengan membelakangi sinar matahari. Jangan lupa juga untuk memberikan asi setelah menjemurnya, supaya bayi Moms tidka dehidrasi. Tunggu beberapa saat dan kemudian mandikan dengan menggunakan air hangat.
Lalu menjemur bayi sampai usia berapa?. Sebenarnya dalam menentukan usia bayi saat menjemur tidaklah ada patokannya. Karena bayi usia berapa pun boleh terkena sinar matahari. Namun harus tetap di perhatikan pula mengenai kebersihan dan keamanannya. Jangan sampai Moms menjemur bayi di tempat yang banyak debu dan kotorannya. Untuk bayi yang baru lahir atau keluar dari rumah sakit, Moms cukup menjemurnya di depan teras saja. Ketika bayi sudah mulai kuat, barulah Moms bisa membawanya keluar sambil di ajak jalan-jalan sekitaran rumah. Selain itu, ketika angin kencang sebaiknya jangan memkasakan untuk menjemurnya di luar. Sebab hal tersebut justru akan membuat bayi menjadi kedinginan. Pastikan bayi merasa nyaman saat akan di jemur. Selain itu ibu pun bisa memberikan suansa yang rileks pada bayi, caranya adalah dengan sambil memijatnya secara perlahan saat sedang di jemur.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kalau cukup banyak sekali berbagai macam Manfaat menjemur bayi. Namun ada banyak hal pula yang harus di perhatikan ketika akan menjemur bayi tersebut. Untuk itu Moms bisa menyimak mengenai beberapa ulasan atau tips mengenai menjemur bayi yang baik dan juga benar, diantaranya yaitu :

  1. Untuk waktu yang tepat atau direkomendasikan menjemur bayi adalah ketika pukul 7 pagi hingga 8 pagi. Namun jika cuaca sedang memasuki musim panas, sebaiknya Moms menjemurnya di bawah jam 8 saja. Selain itu Moms cukup menjemur si kecil 10 hingga 20 menit saja, jangan sampai lebih dari 30 menit lamanya. Karena paparan sinar mataharin saat sudah mulai menjelang siang justrs akan merusak membrane kulit si kecil, jadi kulit akan mudah terbakar dan menjadi merah. Serta yang paling membahayakan adalah bisa merusak mekanisme regenerasi sel pada kulit bayi.
  2. Moms bisa menjemurnya dengan keadaan telanjang dada. Namun tetap pakaikan popok atau celana. Selain itu jangan sampai sinar matahari mengenai muka atau matanya langsung. Karena di kuatirkan sinar matahari langsung bisa merusak retina dan juga lensa matanya.
  3. Sedangkan untuk lokasi menjemur si kecil, usahakan untuk memilih tempat yang tidak terlalu terbuka. Terutama saat sedang berangin. Moms bisa menjemurnya di teras atau depan rumah saja. Pastikan juga kalau tidak ada debu atau kotoran yang bisa mengganggu kenyamanan si kecil saat sedang di jemur.
  4. Tidak ada batasan usia mengenai menjemur bayi sampai usia berapa. Biasanya bayi yang baru berusia 1 minggu pun sudah bisa dengan rutin di jemur. Karena seperti yang sudah sempat di singgung, kalau salah satu manfaat menjemur bayi adalah agar mengurangi kadar bilirubin pada bayi supaya tidak terlalu tinggi.
  5. Untuk bayi yang sensitif sebaiknya jangan di jemur. Karena jika bayi sensitif justru akan membuat kulitnya menjadi timbul bercak merah.
  6. Hal yang perlu di ingat juga adalah untuk bayi yang lahirnya prematur, sebaiknya untuk tidak di jemur pada minggu-minggu pertama. Sebab bayi yang lahirnya prematur masih membututuhkan suhu stabil untuk tubuhnya.
  7. Jika sinar matahari terlalu terik, sebaiknya Moms tidak terlalu lama untuk menjemur bayi. Sebab dikuatirkan kalau bayi akan mengalami yang namanya peningkatan suhu atau yang dikenal dengan sebutan hipetermi. Sehingga bisa menggangu fungsi metabolise atau fungsi organnya.
  8. Setelah selesai menjemur Si Baby, Moms bisa langsung memberikannya asi. Karena biasanya bayi yang baru saja di jemur akan merasa lapat. Selain itu setelah di jemur tunggu beberapa saat dan barulah kemudian Moms bisa langsung memandikannya dengan air yang hangat.

Setelah Moms sudah memperhatikan berbagai macam tips atau cara menjemur yang baik dan benar, semoga bisa mendapatkan yang namanya manfaat menjemur bayi sesungguhnya. Karena kalau Moms sembarangan saat akan menjemur si baby, bukannya manfaat yang didapatkan, namun justru nantinya bisa membahayakan bagi si baby. Jadi dapat di simpulkan kalau ada cukup banyak sekali berbagai macam manfaat menjemur bayi, dan jika Moms bertanya mengenai menjemur bayi sampai usia berapa?. Jawabannya adalah tidak ada batasan usianya. Sebab bayi baru lahir pun bisa langsung di jemur. Asalkan memperhatikan beberapa hal yang memang di sarankan. Untuk itu jangan ragu untuk menjemur bayi anda, tapi tetap ingat tips atau saran yang sudah kami bagikan di atas.