Cara Menghilangkan Perut Kembung Pada Bayi dengan Mudah

Cara Menghilangkan Perut Kembung Pada Bayi

Cara menghilangkan perut kembung pada bayi tentunya berbeda dengan cara menghilangkan perut kembung pada orang dewasa. Kembung pada bayi sebenarnya wajar terjadi, terutama pada bayi yang berumur 3 sampai 4 bulan. Penyebab utamanya adalah karena belum sempurnanya pencernaan pada bayi. Perut kembung akan membuat bayi tidak nyaman dan biasanya akan menyebabkan bayi rewel dan menangis. Namun ibu tidak perlu khawatir, ibu dapat dengan tenang membantu bayi mengeluarkan angin yang ada di dalam. Bayi juga akan mudah mengalami kembung saat mencoba makanan baru untuk pertama kalinya. Seiring dengan betambahnya usia bayi, bayi tidak lagi mudah kembung karena pencernaannya sudah mulai normal dan sempurna.

Tanda bayi kembung

Tanda awal yang paling mudah dikenali saat perut bayi kembung adalah bayi rewel dan menangis. Ketika Anda mengalami suatu keadaan dimana bayi rewel tanpa alasan yang pasti, cobalah untuk memeriksa perut bayi. Jika Anda merasakan perut bayi yang sedikit lebih keras, itu bisa menjadi tanda bahwa perut bayi sedang kembung. Biasanya tanda tersebut akan dibarengi dengan seringnya bayi buang angin. Tanda lainnya yang dapat dilihat adalah ketika bayi rewel dan banyak menggeliat dengan melengkungkan punggungnya ke belakang dengan kaki diangkat ke atas. Jika sudah melihat tanda-tanda tersebut sebaiknya ibu segera melakukan beberapa penanganan untuk membantu bayi mengeluarkan angin yang ada di dalam perutnya. Bagi orang dewasa cara ini tergolong cukup mudah, karena orang dewasa tidak memerlukan bantuan orang lain untuk mengeluarkan angin yang ada di dalam perutnya. Namun berbeda pada bayi, bayi masih membutuhkan bantuan orang lain untuk melakukan hal tersebut.

Menghilangkan perut kembung pada perut bayi

Salah satu Cara menghilangkan perut kembung pada bayi yang dapat dilakukan adalah dengan memijat perut bayi menggunakan minyak telon secara perlahan mengikuti arah jarum jam. Anda harus meletakkan bayi pada posisi tidur terlebih dahulu sebelum memijat perut bayi. Anda juga dapat mencoba cara lainnya dengan cara mengusap-ngusap punggung bayi dan meletakkan bayi pada paha dengan perut mengarah ke bawah atau telungkup. Kedua cara ini sudah terbukti cukup efektif untuk membantu mengeluarkan gas atau angin yang ada dalam perut bayi.

Sebagai tindakan preventif, Anda dapat mencegah perut bayi kembung dengan menggendong bayi pada posisi tegak setelah menyusui. Dengan cara ini, air susu akan secara lancar sampai ke perut dan alat pencernaan bayi tanpa menimbulkan kembung atau masalah lainnya pada perut. Cara lainnya adalah dengan menyusui bayi sebelum lapar. Tujuannya untuk menghindari perut bayi kembung karena masuk angin. Kembung yang terjadi secara terus menerus atau dalam jangka waktu yang lama bisa menjadi sebuah pertanda adanya masalah yang cukup serius pada pencernaan bayi. Oleh karena itu jika bayi mengalami kembung hingga mual dan muntah, sebaiknya segera periksakan bayi ke dokter.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan perut kembung pada bayi. salah satunya adalah karena makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Ibu menyusui sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Karena tentu saja makanan yang ibu konsumsi akan ikut dikonsumsi oleh bayi melalui ASI. Hindari untuk mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mudah untuk membentuk gas di perut sepertu kubis, brokoli, kembang kol, kacang dan juga bawang. Jika perut bayi sudah terlanjur kembung lakukan berbagai Cara menghilangkan perut kembung pada bayi seperti ulasan diatas.