Cara Cepat Mencuci Pakaian Bayi Baru Beli

Doodle.co.id – Sebagai orangtua baru, mencuci pakaian bayi memang menjadi tugas tambahan baru. Meskipun terlihat mudah, mencuci pakaian bayi perlu dilakukan dengan hati-hati. Sebab, ada ancaman tak terlihat dari tumpukan pakaian kotor Si Kecil.

Pakaian kotor yang tidak dibersihkan dengan baik dapat menyebabkan munculnya jamur dan bakteri. Jika tak segera diatasi, jamur dan bakteri dapat menyebabkan infeksi. Oleh karenanya, Mums perlu memastikan kebersihan pakaian sebelum dikenakan ke bayi. Ini caranya:

Cuci pakaian bayi yang baru dibeli

Pakaian bayi yang baru dibeli perlu segera dicuci. Mengapa? Sebab, Mums tidak tahu proses yang dilalui selama pembuatan hingga pendistribusian pakaian. Bisa saja, dalam prosesnya, pakaian tersebut sempat terkontaminasi dengan kotoran tertentu.

Oleh karenanya, mencuci pakaian bayi yang baru dibeli merupakan langkah preventif guna menghindarkan bayi dari kontaminasi bakteri dan jamur.

Pisahkan pakaian bayi dari pakaian orang dewasa

Sebelum mulai mencuci, Mums perlu memisahkan pakaian bayi dan orang dewasa. Pemisahan ini penting, karena pakaian orang dewasa dapat mengontaminasi pakaian bayi, apalagi jika ada orang dewasa yang sedang sakit. Selain itu, pemisahan ini diperlukan lantaran pakaian bayi memerlukan penanganan khusus.

Tak hanya itu, pakaian bayi pun perlu dikelompokkan sendiri sesuai tingkat kekotorannya. Apabila Mums menggunakan popok kain, pisahkan popok dengan pakaian bayi yang lain. Ini dilakukan untuk menjaga agar urine dan feses yang menempel pada popok tidak bercampur dengan baju lainnya.

Cuci bersih pakaian bayi

Langkah selanjutnya adalah mencuci bersih pakaian bayi. Sebelum membasuhnya, buang kotoran padat yang menempel pada kain lalu bilas di bawah air mengalir. Mums perlu ingat, jangan pernah menunda mencuci pakaian Si Kecil. Sebab, pakaian kotor yang tak segera dicuci dapat menimbulkan kelembaban sehingga menyebabkan bakteri dan jamur mudah berkembang biak. Kalau sudah begini, risiko terkena penyakit kulit pun ikut meningkat.

Gunakan detergen khusus bayi

Hal paling penting yang perlu diperhatikan adalah penggunaan detergen. Khusus untuk pakaian bayi, Mums bisa menggunakan detergen yang dibuat khusus untuk melindungi kulit bayi. Detergen khusus bayi terbuat dari bahan alami yang mencegah risiko iritasi pada kulit bayi dibandingkan detergen biasa.

Deterjen yang digunakan haruslah efektif, andal, dan yang paling penting yang cocok dan diformulasikan khusus untuk pakaian bayi. Dengan demikian, kulit sensitif bayi terlindungi dari jamur, bakteri, dan residu dari bahan-bahan deterjen konvensional.

Nah, sekarang ada Doodle-Baby Laundry Detergent, detergen cair khusus bayi berbahan dasar tumbuhan organik (natural plant based), sehingga ramah untuk kulit bayi. Formula antifungal dan antibacterial-nya mampu membunuh jamur dan bakteri pada pakaian Si Kecil. Jadi, kulitnya pun aman dari risiko infeksi penyakt kulit. Doodle-Baby Laundry Detergent juga dilengkapi dengan anti redeposition agent, sehingga kotoran tak lagi menempel saat dibilas.

Segera jemur pakaian setelah dibilas

Setelah pakaian selesai dicuci dan dibilas, segera jemur pakaian bayi. Sebaiknya, jemur pakaian di bawah paparan sinar matahari langsung untuk menghindari risiko tumbuhnya bakteri dan jamur.

Kemudian, seterika dan simpan pakaian di lemari dengan rapi. Jangan menyimpan pakaian bayi dalam waktu lama. Ini karena, lemari yang lembab bisa menjadi penyebab tumbuhnya jamur dan bakteri.

Kenyamanan dan keamanan bayi pasti jadi prioritas orangtua. Nah, salah satu caranya adalah memastikan apa yang ia kenakan bebas dari jamur dan bakteri yang menyebabkan infeksi. Yuk Mums, cegah infeksi dan alergi pada kulit bayi dengan mencuci pakaian Si Kecil dengan benar.

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia

Privacy Policy

Syarat dan Ketentuan

Cookies

Privacy Policy   Syarat dan Ketentuan    Cookie

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia