Deterjen Bayi : Tips dan Cara Memilihnya Moms !

deterjen bayi

Deterjen bayi kini menjadi salah satu kebutuhan bagi orangtua. Bahkan saat ini, banyak orangtua yang sangat selektif saat memilih deterjen bayi yang aman untuk Si Buah Hati.

Mums mungkin awalnya tak menyangka, sebanyak apa pakaian kotor yang bisa dihasilkan oleh bayi dalam sehari. Meski pakaian bayi berukuran lebih kecil dibanding baju orang dewasa, namun mencucinya membutuhkan usaha ekstra. Bayi bisa berganti pakaian sebanyak lebih dari 10 kali dalam sehari. Belum lagi jika Mums dihadapkan dengan cucian selimut, alas ompol bayi, dan sebagainya. Dijamin, tiap hari pasti ada aja tumpukan pakaian kotor Si Kecil.

Karenanya, banyak orangtua yang menginginkan deterjen yang cukup kuat untuk membersihkan banyak noda dalam satu kali pencucian, namun tanpa berakibat fatal pada Si Kecil.

Namun kenyataannya, tidak semua deterjen cocok digunakan untuk membersihkan pakaian bayi. Deterjen yang digunakan haruslah aman, efektif, andal, dan yang paling penting diformulasikan khusus untuk pakaian bayi. Dengan demikian, kulit bayi terlindung dari jamur, bakteri, dan residu dari bahan-bahan pembersih konvensional.

Deterjen tersebut juga harus terbuat dari bahan alami yang mampu mencegah risiko timbulnya iritasi dan alergi pada kulit bayi.

1. Bolehkah baju bayi dicuci dengan deterjen biasa?

Salah satu solusi dari masalah tersebut adalah dengan menggunakan deterjen bayi yang aman. Kendati penggunaan sudah semakin marak, namun masih banyak pula orangtua yang belum mengerti pentingnya mencuci pakaian bayi dengan deterjen khusus. Bahkan, banyak yang beranggapan semua jenis pakaian dapat dicuci dengan cara dan memakai bahan yang sama.

Padahal, pakaian bayi perlu diperlakukan secara khusus. Proses pencuciannya pun berbeda dengan saat mencuci pakaian orang dewasa. Pakaian bayi harus dipisahkan dari pakaian orang dewasa. Mengapa? Ini karena, kotoran dan noda dari baju orang dewasa dapat mengontaminasi pakaian bayi, apalagi jika ada orang dewasa yang sedang sakit di rumah.

Nah, ngomong-ngomong soal deterjen, ada beberapa perbedaan pada deterjen biasa dan deterjen khusus bayi. Perbedaan mendasar ada pada bahan pembuatnya. Banyak deterjen biasa yang mengandung bahan kimia yang tidak berisiko pada orang dewasa, namun membuat kulit bayi iritasi atau alergi.

Sementara, deterjen yang dibuat khusus untuk pakaian bayi terbuat dari bahan-bahan alami yang ramah lingkungan dan lembut untuk pakaian bayi. Produsen  juga mengurangi atau meminimalisasi penggunaan bahan kimia pada produknya, agar bayi terhindar dari risiko alergi serta iritasi.

Perbedaan lain terletak pada bentuknya. Deterjen untuk orang dewasa dibuat dengan berbagai jenis dan bentuk, ada yang cair, bubuk, maupun krim. Perlu diketahui, Mums, deterjen bubuk berisiko meninggalkan residu pada pakaian bayi, sehingga kurang cocok jika digunakan untuk membersihkan pakaian Si Kecil.

Sedangkan yang aman biasanya berbentuk cair, sehingga mudah larut ke dalam air. Keuntungan lainnya, deterjen cair tidak meninggalkan residu jika dibandingkan dengan deterjen bubuk. Residu yang tertinggal dalam serat pakaian bayi ini berbahaya, sebab dapat memicu reaksi iritasi pada kulit Si Kecil.

Karena alasan inilah, maka Mums perlu mencuci pakaian Si Kecil dengan deterjen bayi terbaik.

2. Lantas, deterjen bayi seperti apa yang aman untuk buah hati?

Menjadi orangtua memang susah-susah gampang, ya. Mums pasti menginginkan yang terbaik untuk Si Kecil dengan memastikan barang-barang dan pakaiannya bersih dan bebas dari noda serta bahaya. Karenanya, memilih merek deterjen bayi yang aman saat ini pun menjadi salah satu prioritas.

Namun, Mums juga pasti sadar, saat ini banyak pilihan di pasaran. Tapi, apakah merek tersebut benar-benar aman untuk buah hati?.

Karena itulah, memilih deterjen bayi yang aman buat Si Kecil jangan coba-coba. Mums perlu lebih cermat saat memilih deterjen terbaik untuk bayi. Ini karena, bayi memiliki kulit yang sensitif, sehingga rentan terkena masalah kulit.

Oleh karenanya, Mums perlu mempertimbangkan formulasinya. Jangan lupa pula untuk mengecek kemasan deterjen sebelum membelinya. Pilih yang berbasis tanaman (natural plant based) agar kulit bayi terlindungi dari bahan kimia berbahaya.

Selain itu, pilih deterjen bayi yang dilengkapi formula untuk membunuh jamur dan bakteri. Seperti diketahui, jamur dan bakteri mudah berkembang di iklim lembab, seperti Indonesia. Parasit ini dapat muncul dan berkembang biak pada pakaian kotor yang menumpuk. Jika tak segera dibersihkan, jamur dan bakteri yang masih menempel pada pakaian bayi dapat menyebabkan alergi dan penyakit kulit, Mums.

Nah, saat jamur dan bakteri mulai menginfeksi inilah, Si Kecil akan rewel karena merasa gatal dan panas pada kulitnya. Bahkan, pada kasus-kasus tertentu, infeksi jamur dan bakteri dapat menyebabkan ruam, bintik-bintik, hingga melepuh pada kulit bayi.

Salah satu bakteri yang bisa menimbulkan penyakit kulit adalah Staphylococcus aureus. Bakteri ini menyebabkan impetigo yang  ditandai dengan timbulnya bercak merah dan melepuh pada kulit, terutama pada area wajah, kaki, dan tangan.

Selain itu, ada pula jamur Malassezia furfur yang menyebabkan panu. Jenis jamur ini dapat muncul di lingkungan yang lembab dan pada pakaian yang tidak terjaga kebersihannya. Akibatnya, bayi bisa merasa gatal saat berkeringat hingga timbul bercak pada kulitnya.

Duh, ngeri kan?

3. Apa Merek yang bagus dan aman?

Setelah mengetahui manfaat nya, kini saatnya Mums memilih yang aman digunakan. Banyaknya merek saat ini mungkin membuat Mums bingung.

Namun Mums tak perlu galau lagi. Kini, ada Doodle-Baby Laundry Detergent, deterjen cair yang diformulasikan khusus untuk mencuci pakaian bayi. Doodle-Baby Laundry Detergent berbasis bahan alami (natural plant based), sehingga ramah untuk kulit bayi.

Kombinasi formula antifungal dan antibacterial-nya mampu membunuh jamur serta bakteri pada pakaian bayi. Jadi, kulit Si Kecil pun aman dari risiko infeksi penyakit kulit.

Tak hanya itu, Doodle Baby Laundry Detergent juga dilengkapi dengan anti-redeposition agent yang membuat kotoran tak lagi menempel pada pakaian saat dibilas.

Baca juga : Deterjen Khusus Bayi, Emang Harus?

Cara pemakaiannya pun cukup mudah. Jika Mums menggunakan mesin cuci, Mums hanya perlu menuangkan 30-60 ml (0,5-1 tutup botol) Doodle-Baby Laundry Detergent ke dalam 30 liter air, untuk 20-30 potong pakaian bayi. Lalu cuci pakaian bayi dengan mesin cuci seperti biasanya.

Sementara apabila Mums mencuci pakaian Si Kecil menggunakan tangan, tuangkan 30-60 ml (0,5-1 tutup botol) Doodle-Baby Laundry Detergent ke dalam 10 liter air, untuk 20-30 potong pakaian. Kemudian rendam pakaian selama 30 menit. Tetapi, jika noda sudah menempel dan susah dibersihkan, Mums perlu merendam pakaiannya lebih lama. Setelah itu, kucek dan peras pakaian bayi. Mudah, bukan?

Tunggu apa lagi, dapatkan deterjen bayi terbaik di official shop Doodle Exclusive (Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, dan www.doodle.co.id/shop).

 

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie