Benar Ga Sih Es Buat Janin Lebih Besar ? Ini Faktanya

Doodle.co.idMinuman dingin atau es tentu menjadi favorit banyak orang. Apalagi saat cuaca terik, minum es pastinya sangat menyegarkan sebagai pelepas dahaga. 

Bicara soal minuman dingin, ada mitos yang berkembang di tengah masyarakat bahwa wanita hamil tidak boleh mengonsumsi air es. Alasannya, minum es pada masa kehamilan bisa berdampak pada janin dalam kandungan. Ukuran janin akan menjadi besar sehingga bisa menyulitkan ibu atau calon ibu saat proses persalinan.

Nah, benar nggak sih keyakinan tersebut? 

Sejauh ini memang belum ada riset ilmiah membuktikan wanita hamil minum es berdampak pada janin yang membesar.  

Jadi, Mums boleh-boleh saja minum air es saat hamil. Ini karena, es hanyalah air yang dibekukan, sehingga, jika tidak ditambah dengan zat lain, es yang diminum sama sekali tidak mengandung kalori. Beda halnya jika Mums meminum es dengan campuran sirop, santan, cendol, atau susu. Rasa manis dari gula bisa memicu bertambahnya bobot janin.

Terkait :

Apakah Ibu Hamil Boleh Dipijat? Cari Jawabannya di Sini, Mums

6 Jenis Makanan Ini Sangat Dilarang Untuk Ibu Hamil

 

Faktor yang Memengaruhi Bobot Janin

Selain kandungan gula, faktor lain yang memengaruhi bobot janin melebihi ukuran normal di antaranya bayi lahir melebihi hari perkiraan lahir (HPL), faktor genetik, ibu hamil mengidap penyakit diabetes gestasional, pernah melahirkan bayi berukuran besar pada kehamilan sebelumnya, dan selama hamil Mums mengalami kenaikan berat badan berlebih.

Apabila Mums memang hobi minum es, selama masa kehamilan alangkah baiknya lebih memerhatikan lagi pola konsumsi makanan dan minuman sehat. Jika ingin minum minuman dingin, pastikan kebersihan es yang hendak dikonsumsi. Es harus benar-benar dibuat dari air matang.

Demikian pula jika ingin menambahkan es batu ke dalam minuman, alangkah baiknya jika Mums membuat sendiri es batunya agar kehigienisannya tetap terjaga. Sementara untuk minuman dingin dalam kemasan, Mums boleh juga mengonsumsinya, asalkan kemasannya bersih, tidak terkontaminasi bakteri, dan belum kedaluwarsa.

Saat hamil umumnya wanita akan gampang merasa gerah. Rasa gerah ini bisa muncul kapan saja, baik pagi, siang maupun malam hari. Pada kondisi seperti ini, wanita hamil yang butuh banyak suplai cairan untuk tubuh diperbolehkan minum air es.  

Selain konsumsi es, selama masa kehamilan, Mums disarankan banyak minum air putih sebanyak delapan hingga 12 gelas sehari. Minumlah secara teratur guna menjaga kesehatan.

Untuk moms yang ingin tahu detail produk minyak telon doodle bisa klik dibawah ini

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie