6 Jenis Makanan Ini Sangat Dilarang Untuk Ibu Hamil

Doodle.co.idWanita hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi guna mendukung kesehatan ibu dan janin. Selain mengikuti pola makan sehat, ibu hamil juga disarankan lebih selektif memilih makanan. 

Nah, ada beberapa jenis makanan dilarang selama masa kehamilan, terutama yang berpotensi membahayakan janin dalam kandungan. Lantas, makanan atau minuman apa saja sih yang tidak boleh dikonsumsi wanita hamil?

Baca Juga:

Dukung Pola Makan Sehat, Ini 5 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Kafein

Makanan dan minuman berkafein sebaiknya dihindari saat sedang hamil ya, Mums. Perlu diketahui, konsumsi 300 miligram kafein atau lebih setiap hari dapat memicu risiko komplikasi kehamilan. 

Selain itu, kafein juga berpotensi mengganggu perkembangan janin, bahkan konsumsi berlebih bisa mengakibatkan keguguran.

Makanan cepat saji

mums Makanan cepat saji perlu dihindari oleh wanita hamil. Mengapa? Karena umumnya, makanan cepat saji terbuat dari bahan makanan tak segar, sehingga kandungan bakterinya juga tak terpantau.

Makanan mentah

Beberapa makanan mentah seperti sushi dan seafood sebaiknya juga dihindari saat sedang hamil. Pasalnya, dalam makanan mentah terkandung virus dan bakteri yang bisa membahayakan ibu dan janin.

Mi instan

Nah, ini nih yang biasanya sulit dihindari. Hampir semua orang nggak bisa bertahan dari godaan mi instan. Karenanya, Mums yang lagi hamil sebaiknya tidak mengonsumsinya terlebih dulu. Ini karena, kandungan MSG di dalamnya disebut bisa mempengaruhi pertumbuhan saraf janin.  

Merkuri

Merkuri biasanya terkandung pada ikan tilefish, swordfish, dan king mackerel. Selama hamil, Mums dilarang mengonsumsi makanan ini dulu. Sebab, merkuri dapat mengganggu perkembangan otak dan sistem syaraf anak.

Makanan beku

Makanan beku biasanya memiliki kandungan garam tinggi. Selama masa kehamilan, Moms tidak dianjurkan mengonsumsi garam dalam jumlah berlebih. Sebagai alternatif, Anda dapat mengonsumsi makanan beku organik yang rendah garam.

Setelah menyimak ulasan di atas, Mums sudah mengetahui jenis makanan apa saja yang sebaiknya dihindari saat hamil. Jika Mums masih ragu, Mums bisa mengonsultasikan makanan apa yang harus dihindari selama hamil ke dokter.

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia

Privacy Policy

Syarat dan Ketentuan

Cookies

Privacy Policy   Syarat dan Ketentuan    Cookie

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia