Baby Blues saat Anak Usia 2 Tahun, Ini Cara Mengatasinya

Doodle.co.id – Baby blues merupakan perasaan sedih yang dialami oleh seorang ibu baik itu pada hari pertama usai melahirkan atau bahkan setelah anak berusia 2 tahun. Menurut penelitian, 4 hingga 5 orang tua baru atau sekitar 80 persen pernah mengalami baby blues. Hal ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk dari ras, usia, pendapatan, budaya atau tingkat pendidikan. Akan tetapi, merasa baby blues bukanlah kesalahan mereka yang mengalaminya.

baby blues
Baby blues saat anak usia 2 tahun / Image Andrea Piacquadio

Kebanyakan ibu terutama mengalami baby blues pada 2 hingga 3 hari usai bayi dilahirkan, bahkan ada yang mengalami saat anak sudah berusia 2 tahun. Kondisi tersebut dapat bertahan sampai 2 minggu. Baby blues yang dialami seseorang dapat sembuh tanpa memerlukan obat. Namun, apabila berlangsung lebih dari dua minggu, segera datangi dokter untuk memeriksa kondisi Moms. Selain itu, dokter mungkin akan memeriksa apakah mengalami depresi pasca melahirkan yang mirip dengan baby blues namun lebih parah dan berlangsung lama.

Penyebab Baby Blues

Baby blues disebabkan oleh adanya perubahan hormon pasca melahirkan, yang mana terjadi penurunan jumlah hormon estrogen dan progesteron yang mempengaruhi perubahan suasana hati. Bagi sejumlah orang hormon yang dibuat oleh kelenjar tiroid dapat turun secara signifikan, sehingga menyebabkan seseorang merasa kelelahan bahkan depresi. Selain itu, kurangnya tidur dan tidak makan dengan baik dapat menambah perasaan tersebut.

Penyebab lainnya yaitu masalah emosional, termasuk khawatir akan perubahan hidup pasca melahirkan hingga merasa gugup saat merawat bayi. Ibu yang mengalami baby blues berisiko merasa sedih pasca melahirkan dan merasa tertekan selama masa kehamilan dan tidak menutup kemungkinan setelah anak tumbuh hingga usia 2 tahun.

Cara Mengatasi Baby Blues saat Anak Usia 2 Tahun

  • Membangun hubungan emosi dengan anak

Suasana hati yang buruk tentu akan memberi dampak langsung terhadap bayi atau anak Moms, maka dari itu perlu membangun ikatan emosi yang kuat dengan buah hati. Cara tersebut terbukti mampu melepaskan hormon endorfin yang membuat Mims bahagia. Berbagai cara dapat dilakukan untuk membangun emosi dengan anak salah satunya dengan pijat bayi atau pijat anak usia 2 tahun.

Pijat bayi merupakan cara tradisional untuk meningkatkan bonding dengan bayi atau anak. Pijatlah buah hati menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih agar bayi atau anak Moms merasa hangat. Moms bisa menggunakan Doodle Exclusive Telon Oil untuk memijat bayi atau anak. Minyak telon ini menghangatkan dan memberi rasa nyaman pada anak. Kandungan green tea essential oil di dalamnya mampu memberikan wangi yang menenangkan.

Selain itu, Moms juga bisa menggunakan Doodle Minyak Kayu Putih plus Bawang Merah. Kandungan bawang merah pada produk ini membantu menghangatkan anak dan meredakan sakit seperti demam, pusing, pilek, batuk dan sebagainya.

  • Komunikasi dengan pasangan dan keluarga

Saat emosi berlebihan mengganggu Moms dan membuat tidak nyaman, komunikasikan segera hal itu kepada pasangan dan keluarga. Dukungan dari suami dna keluarga akan sangat berpengaruh pada kestabilan emosi Moms. Ceritakan perasaan Moms dan apa saja yang mempengaruhi pikiran, karena bagaimana pun juga mengasuh anak adalah tanggung jawab suami dan istri.

  • Sempatkan Me Time dan Merawat Diri

Agendakan waktu Moms untuk sekedar bersantai atau bahkan merawat diri agar badan dan pikiran tetap terjaga. Me time menjadi salah satu metode yang tepat untuk mengatasi baby blues. Moms juga harus memperbanyak tidur saat anak sedang tidur, kurangnya tidur dapat membuat seseorang mudah emosi.

  • Quality time dengan pasangan

Setelah lelah mengurus anak, Moms bisa menghabiskan waktu bersama pasangan. Atur kencan berdua saja layaknya sebelum Moms dan suami menikah. Memperbaiki mood bisa dilakukan dengan banyak cara termasuk quality time dengan orang tercinta.

 

 

Sumber

https://www.marchofdimes.org/find-support/topics/postpartum/baby-blues-after-pregnancy#:~:text=Hormone%20changes%20that%20happen%20after,them%20feel%20tired%20and%20depressed.

id.theasianparent.com/cara-mengatasi-baby-blues

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie