Amankah Bayi Berkeringat Saat Tidur?

bayi sering berkeringat saat tidur

Sering kali moms merasa khawatir melihat bayi berkeringat saat tidur. Sebenarnya, normalkah itu terjadi pada bayi?

Bayi berkeringat sebenarnya merupakan hal yang wajar dan normal terjadi. Organ tubuh yang belum berfungsi optimal memang membuat daya tampung cairan tubuh bayi sedikit sehingga banyak keringat dari tubuh bayi. Selain itu, bayi memang mudah berkeringat dibandingkan orang dewasa. Memang tidak semua kondisi bayi berkeringat saat tidur adalah hal normal, ada beberapa kasus dimana bayi berkeringat saat tidur menunjukan sesuatu yang tidak wajar dan perlu moms waspadai. Lalu bagaimana cara untuk membedakan keringat bayi yang normal dan tidak normal?

Keringat bayi yang keluar saat tidur bisa dikatakan normal bila:

  1. Keringat bayi lebih banyak keluar dibagian kepala

Jika pada orang dewasa kelenjar keringat paling banyak terdapat di ketiak, lain halnya dengan bayi. kelenjar keringat bayi terletak pada kepala. Jadi tidak heran jika saat tidur, kepala wajah dan leher bayi lebih banyak mengeluarkan keringat. karena ketika bayi tidur dalam posisi nyenyaknya, keringat akan keluar dengan sendirinya melalui kelenjar keringat dikepala. Kondisi ini merupakan hal lumrah atau normal terjadi, jadi moms tidak usah khawatir akan hal tersebut. Jika tahu kondisi ini, moms jangan terus memberikan bayi kipas angin ya, karena ini malah membuat bayi tidak nyaman dan perut kembung. Biarkan saja keringatnya kering sendiri atau moms bisa mengelap kepala bayi dengan hati-hati menggunakan kain lap yang halus. Ingat jangan sampai membangunkan si bayi ya moms…

  1. Tidur lebih lama

Ketika bayi merasakan kenyamanan dalam tidurnya, dia akan tidur dalam keadaannya yang terdalam atau nyenyak. Saat tidur nyenyak, bayi akan memiliki waktu yang lebih panjang dibanding orang dewasa dan waktu tidur yang biasanya. Disitulah keringat akan keluar lebih banyak sampai membasahi kepala dan tubuh.

  1. Suhu ruangan yang lebih panas

Ingat ya moms bayi belum bisa mengontrol suhu tubuhnya sendiri sehingga dia akan mendadak berubah pada suhu yang dingin ataupun lebih panas. Misalnya dimusim kemarau dengan cuaca yang lebih panas dari biasanya, bayi berkeringat saat dia tidur ini disebabkan suhu ruangan lebih panas. Atau dalam keadaan yang dingin, moms biasa ingin membuat hangat bayi sehingga menambahkan selimut atau baju tebal pada bayi. Pada titik bayi terlelap, suhu tubuhnya akan naik dan berkeringat. Jika moms tambah dengan selimut dan baju tebal bayi akan merasa kegerahan dan keringat yang dikeluarkan lebih banyak.

Itulah beberapa keadaan dimana bayi berkeringat saat tidur yang normal. Lalu bagaimana dengan keringat bayi saat tidur yang tergolong tidak wajar dan perlu diwaspadai? Berikut ulasannya:

  1. Di lingkungan dingin bayi berkeringat banyak

Poin pertama yang perlu diperhatikan adalah ketika bayi tidur dalam ruangan ber AC atau dingin. Bayi masih saja keluar keringat dengan intensitas sering dan dalam jumlah yang banyak, ini bisa jadi menjadi awal atau tanda adanya masalah kesehatan pada bayi.

  1. Masalah kesehatan ringan

Dalam tidurnya bayi sering berkeringat dan dibarengi dengan selalu menurunnya berat badan bayi, susah makan dan nafasnya cepat atau tidak teratur ini adalah tanda bayi memiliki masalah pada pernafasannya. Atau bisa jadi badan bayi yang panas atau demam tapi bayi mengeluarkan keringat, ini lah yang sering disebut keringat dingin. Moms perlu waspada jika terjadi kondisi seperti ini.

  1. Masalah kesehatan serius
  • Ginjal lemah

Bayi yang mengalami masalah ginjal lemah, akan ditandai dengan seringnya bayi berkeringat deras di kepala dan sekujur tubuh. akan tetapi kondisi kulit itu lebih kering dari biasanya atau pada level tertentu sampai bersisik.

  • Sleep apnea

Sleep apnea merupakan gangguan pernafasan saat tidur, yaitu adanya penyumbatan rongga pernafasan sehingga anak mengalami kesulitan bernafas saat tidur. Bayi yang memiliki penyakit ini biasanya akan lebih sering berkeringat saat tidur. Selain susah nafas, ada juga beberapa kasus bayi terhenti bernafas setidaknya sampai 20 detik kemudian normal dengan sendirinya. Sleep apnea sering terjadi pada bayi yang prematur. Selain berkeringat saat tidur, penyakit ini juga ditandai dengan membirunya warna kulit bayi.

  • Hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah sebuah kondisi dimana tubuh bayi mengeluarkan keringat banyak untuk membuat suhu tubuhnya normal. Ini memang bukan hal serius untuk diobati, tetapi meningkatkan kewaspadaan pada bayi ketika mengalami hiperhidrosis yang penting. Karena kondisi ini jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan masalah keshatan.

  • SIDS

Siapa yang tidak mengetahui tentang SIDS? Penyakit mematikan ini memang membuat semua moms khawatir. SIDS biasanya ditandai dengan keluarnya keringat secara berlebihan pada bayi dalam tidurnya. Suhu ruangan yang terlalu panas dengan posisi bayi tidur tengkurap akan membuat bayi tidur dalam keadaan terdalamnya sampai tidak dapat dibangunkan lagi. Jadi, sebaiknya pengaturan suhu ruangan bayi tidur ya moms, jangan menidurkan bayi dalam keadaan tengkurap karena miningkatkan resiko SIDS.

Jadi moms ketika mendapati bayi berkeringat saat tidur jangan langsung panik dan membawanya ke dokter ya… lebih baik pastikan terlebih dahulu. Jika memang keringat tersebut merupakan tanda adanya masalah kesehatan pada bayi segeralah bawa bayi ke dokter untuk pemerikasaan lebih lanjut sehingga mendapatkan penanganan yang baik. Untuk menjaga kesehatan bayi selalu perhatikan kebersihan lingkungan rumah terutama kamar tidur bayi ya moms…