Alasan Bayi Sering Mengucek Mata yang Moms Wajib Ketahui

Alasan Bayi Sering Mengucek Mata yang Moms Wajib Ketahui

image by : aceh.tribunnews.com

Terkadang kita tidak peka terhadap apa yang dilakukan si bayi. Misalnya, bayi sering mengucek mata. Kita menganggapnya ini hal biasa dan normal terjadi pada bayi. Kita hanya mendiamkan atau menertawakannya. Tapi tahu kah moms? kalau segala gerakan reflek pada bayi itu menandakan sesuatu? Bayi yang baru saja lahir belum bisa berkomunikasi dengan suara, satu-satunya cara bayi memberitahu kita tentang kondisi mereka adalah dengan gerakan reflek atau tingkah laku mereka. Seperti saat bayi sering mengucek mata. Tingkah laku ini bisa saja membuat kesehatan mata bayi menjadi terganggu. Bayi sering mengucek mata bisa menyebabkan mata bayi merah, dan perih. Hasilnya bayi menjadi tidak nyaman dan menangis. Jadi jangan abaikan ya moms saat melihat bayi sering mengucek mata. Bayi sering mengucek mata pastinya didasarkan oleh alasan tertentu. Lalu, apa alasan bayi sering mengucek mata? Berikut ini beberapa hal yang dijadikan bayi sering mengucek matanya.

  1. Mata bayi terkena sesuatu

Tak hanya mata dewasa yang mengganjal ketika dalam matanya terdapat sesuatu. Bayi pun juga merasakan hal yang sama. Misalnya, mata bayi kemasukan debu, kerak mata, bulu mata. Ini membuat tidak nyaman pada bayi. Karena tidak bisa bilang apa-apa, secara otomatis bayi akan reflek dengan mengucek matanya. Jika hal yang mengganjal mata tidak kunjung hilang, maka bayi semakin keras dan sering mengucek mata. Akibatnya mata bayi yang masih rentan dan sensitif bisa mengalami kerusakan karena adanya benda asing dimata yang menggores-gores permukaan mata.

Cara mengatasinya : langkah pertama hentikan dulu tangan bayi yang mengucek mata. Ambil kapas, basahi dengan air dingin. Tekan bagian bawah mata bayi dengan kapas dan coba keluarkan partikel yang menggangu mata bayi. Lap mata bayi dengan menggunakan kain bersih.

  1. Bayi mengantuk

Saat bayi sering mengucek mata yang kemudian disertai dengan menguap, itu tandanya bayi mengantuk dan mata lelah. Saat dia merasa lelah, matanya juga akan lelah. Si bayi akan mengucek mata untuk mengurangi rasa lelah di matanya itu.

Jika melihat hal ini, segeralah membersihkan badan bayi kemudian ajaklah bayi untuk tidur. Karena belum sempurnanya fungsi organ bayi, sehingga bayi akan cepat lelah dan butuh banyak istirahat. Aturlah jadwal istirahat bayi tiap harinya baik siang maupun malam hari, agar tubuhnya selalu fit dan terjaga.

  1. Mata kering

Mata kering pada bayi bisa membuat bayi tidak nyaman dan merasa gatal. Kenapa bisa mata bayi kering? Sama halnya dengan orang dewasa, mata yang sering dipakai dan istirahat kurang, ini membuat cairan mata menurun, atau bisa juga karena cairan mata yang keluar saat menguap. Berkurangnya cairan mata ini menyebabkan mata kering. Untuk mengurangi rasa pedih dan gatal, maka bayi sering mengucek matanya.

Untuk mengatasinya: sama seperti ketika mata bayi terkena benda asing. Moms bisa menggunakan kapas yang sudah dibasahi air dingin untuk mengompresnya.

  1. Mata kagum dan penasaran

Tidak hanya karna susuatu hal di mata bayi, bayi sering mengucek mata juga bisa sebagai tanda kalau bayi kagum dan penasaran. Rasa ini dia alami ketika bayi merasa perkembangan motoriknya berkembang. Misalnya, dia bisa meraba, memegang sesuau,perkembangan visualnya yang bisa melihat banyak hal. Selain dengan senyuman, bayi akan reflek mengucek mata sebagai rasa penasaran dan kagum.

Jika alasan bayi mengucek mata karna kagum dan penasaran, moms bisa mengalihkan pandangannya untuk melakukan sesuatu. Misalnya, pegang tangannya yang digunakan untuk mengucek mata dan coba berikan dia mainan untuk dimainkan.

Selalu peka dan teliti ya moms ketika si bayi menunjukan respon tertentu. Tapi jangan langsung asal memberikan tindakan. Pelajari dulu kenapa bayi melakukannya. Semoga artikel ini membantu moms.