Cara Mengatasi Bayi yang Suka Menggigit saat Menyusu

ASI tidak keluar setelah melahirkan caesar

Menyusui adalah momen tak terlupakan bagi setiap ibu. Momen ini sangat unik untuk dirasakan dan pengalaman tiap ibu menyusui berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Melihat polah bayi saat menyusu kadang membuat kita ketawa antara kagum dan bahagia. Rasa syukur tanpa henti pasti akan selalu terucapkan bagi siapa saja yang mengalaminya. Selain membahagiakan, kadang moms juga dibuat geli dan sebel juga sama bayi saat menyusu. Apa cerita unik moms saat menyusui bayi?

Menyusu dengan sedotan yang kuat, digigit putingnya, atau digaruk-garuk payudaranya oleh bayi merupakan hal biasa yang dialami oleh moms. Rasa sakit, nyeri dan kadang menimbulkan bekas luka pada payudara sangat umum dirasakan oleh moms, tapi semua itu tentunya akan tertutup dengan rasa bahagia bisa menyusui bayi secara eksklusif.

Nah moms, ketika bayi menyusu dan suka menggigit puting jangan sepelekan juga ya moms!! ini bisa berpengaruh pada produksi ASI yang dihasilkan. Untuk itu moms perlu tahu apa yang menyebabkan bayi menggigit puting saat menyusu. Bayi mulai menggigit payudara, ketika gigi bayi sudah mulai tumbuh. Bayi yang merasa gatal akibat giginya yang tumbuh itu akan menggigit segala sesuatu yang dia pegang seperti payudara saat menyusu. Ini dia lakukan untuk mengurangi rasa gatal yang timbul. Lebih dari itu, berikut kami berikan beberapa sebab bayi menggigit saat menyusu :

  1. Kesulitan menelan ASI. ini biasa bayi lakukan ketika dia terlalu kuat saat menyusu sehingga ASI menumpuk di mulut dan bayi mengalami kesulitan untuk menelannya. Pada saat itulah bayi akan menggigit payudara untuk menahan ASI keluar lagi.
  2. Tertidur saat bayi menyusu. Kebiasaan bayi saat tidur adalah menggertak gertak giginya. Nah, hal ini juga akan dilakukan saat bayi tidur dalam posisi masih menyusu.
  3. Terganggu dengan lingkungan. Jangan salah ya moms, bayi ketika dia merasa terganggu atau terancam pasti akan mencaricara agar menurunkan rasa yang dia alami, salah satunya dengan menggigit saat menyusu.
  4. Bayi mengalami infeksi atau demam. Bayi yang lagi tidak enak badan, dia merasa tidak nyaman, untuk menguranginya dia menggigit saat menyusu
  5. Bayi menggigit karena memiliki rasa penasaran yang besar dengan apa yang dia gigit

Tidak selalu bayi menggigit saat menyusu. Ada waktu tertentu saat dia akan menggigit payudara. Lalu, kapan bayi menggigit saat menyusu?

  1. Menggigit saat tumbuh gigi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ketika tumbuh gigi, akan terasa mengganjal dan gatal dengan begitu dia akan menggigit sesuatu untuk mengurai rasa gatalnya. Jika bayi menggigit saat menyusu karena efek dari timbulnya gigi, moms bisa alihkan gigitan dengan memberinya mainan yang aman buat digigit.

  1. Menggigit di awal menyusu

Ada kalanya bayi menggigit saat awal dia menyusu, ini bisa jadi bayi dalam keadaan tidak nyaman, dan tumbuh gigi. Untuk menghindari gigitan di awal, moms bisa memastikan bayi membuka mulutnya cukup lebar saat melakukan pelekatan. Sebaiknya berikan pujian ketika dia menyusu tanpa menggigit. Walaupun masih bayi, tapi dia akan paham dengan pujian tersebut.

  1. Menggigit saat selesai menyusu

Sikap ini terjadi ketika bayi sudah merasa kenyang dan bosan saat menyusu. Sebaiknya jika sudah mengetahui bayi tidak menyedot lagi atau sudah diam saja, segera lepaskan puting payudara untuk mencegah bayi menggigit. Jika sudah terlanjur menggigit, coba alihkan perhatian dengan mainan kemudian lepaskan puting dari mulut bayi.

  1. Menggigit untuk mencari perhatian

Bayi yang sudah beranjak besar, sering menggigit saat menyusu karena ingin diperhatikan. Jadi, sebaiknya moms perlu juga untuk memberikan perhatian saat bayi menyusu.

Moms, apa yang biasanya dilakukan ketika merasakan bayi menggigit saat menyusu? Perlukan bayi disapih jika sudah ditemukan tanda-tanda bayi menggigit saat menyusu?

Menyapih bayi memang sering dilakukan ketika melihat bayi sudah mulai tumbuh giginya, apalagi jika gigi yang tumbuh sudah lumayan banyak. Hal ini dilakukan untuk menghindari bayi menggigit saat menyusu.  Pada dasarnya, menyapih bayi sudah bisa dilakukan saat bayi mulai usia 6 bulan. Tapi, jika moms lakukan itu bisa jadi nutrisi yang diteri belum cukup. Moms sebenarnya tidak perlu khawatir ketika bayi menggigit saat menyusu dan tidak perlu langsung disapih. Jika moms lakukan proses menyusui dengan benar, walaupun baru tumbuh gigi atau sudah tumbuh semua, tidak mungkin bayi akan menggigit secara bersamaan dengan saat dia menyusu.

Tidak semua bayi menggigit saat menyusu. Tapi memang tidak sedikit juga yang melakukannya. Kebiasaan menggigit saat menyusu ini kebanyakan memang karena gigi bayi yang tumbuh. Tapi moms tidak perlu khawatir karena ini bisa diatasi dan rata-rata kejadian bayi menggigit payudara hanya terjadi selama 1-2 minggu saat gigi akan tumbuh. Posisi yang tidak tepat saat menyusui juga memicu bayi menggigit.

Bayi yang suka menggigit saat menyusu bisa diatasi dengan menghentikan sebentar susuannya, kemudian membenarkan posisi pelekatan mulut dan areola payudara. Jika bayi mulai menggigit lagi moms bisa bilang “ Aduh sakit sayang” sembari melepaskan putingnya dari mulut bayi kemudian memindahkannya ke payudara lainnya. Tapi kebanyakan ibu yang terancam akibat gigitan bayi saat menyusu biasanya langsung menghentikan bayi menyusu begitu saja. Hal ini bisa mengagetkan bayi ya moms… Bayi bisa saja menjadi rewel karena diputus ditengah jalan. Jika memang bayi menggigit akibat tumbuh gigi, sebaiknya hentikan sejenak, jauhkan dari bayi selama beberapa detik atau menit, berikan mainan pada bayi. barulah moms cari posisi yang nyaman, moms bisa mulai menyusuinya.

Ada kalanya bayi menggigit saat menyusu, walaupun sudah mencoba melepaskannya tapi bayi tidak mau melepaskan puting payudara. Untuk mengatasinya, ada dua cara yang bisa moms lakukan. Pertama, moms letakan jari diantara gusi bayi dengan cepat sehingga dapat menarik puting tanpa melukainya. Cara kedua, moms bisa menekan tubuh bayi lebih dekat dengan payudara. Bayi akan susah untuk bernafas sehingga bayi otomatis akan membuka mulut dan hidungnya untuk bernafas. Saat bayi membuka mulutnya, segera lepaskan puting moms dari mulut bayi. jika cara ini tidak bisa mengatasi, moms bisa menggunakan cara ekstrim yaitu dengan memencet hidung bayi dalam hitungan detik agar bayi membuka mulutnya, barulah moms tarik puting payudara.

Sebenarnya jika moms bisa tahan dengan rasa sakit yang timbul karena tidak mau mengganggu kenyamanan bayi itu tidak masalah. Tapi jika ini dilakukan tiap saat maka lama-lama akan timbul luka pada payudara. Hasilnya akan lebih fatal moms, jadi lebih baik segera lakukan mengatasi bayi menggigit saat menyusui. Untuk memudahkan moms, berikut kami berikan cara mengatasi bayi menggigit saat menyusu:

  1. Fokuskan pada posisi dan pelekatan bayi

Bayi yang sudah tumbuh gigi atasnya ketika menyusu akan memberikan tekanan pada payudara, walaupun tidak menggigit tapi ini akan terasa sakit. Untuk mengatasinya moms bisa menyesuaikan posisi dan pelekatan bayi dengan benar. Caranya, biarkan bayi membuka mulut dengan lebar, barulah majukan posisi kepala bayi mendekap ke payudara, arahkan puting ke bagian atas mulut. Ini akan membuat dagu bayi menyentuh payudara dan hidung tidak terdesak oleh payudara karena miring ke belakang. Cara ini dapat mengurangi resiko gigi depan bayi menggigit payudara.

  1. Stimulasi saluran ASI

Salah satu alasan bayi menggigit puting saat menyusu adalah terkendalanya ASI yang mengalir keluar. ini biasanya dilakukan di awal menyusui. bayi yang dalam keadaan haus ingin segera minum, tetapi mengetahui ASI yang keluar tidak mencukupi hasilnya dia menggigit puting agar ASI keluar. jika situasinya seperti ini, yang bisa moms lakukan adalah sebelum menyusui, cobalah lakukan pijatan dulu pada payudara moms agar ASI bisa mengalir dengan lancar. Pijatan ini bisa moms lakukan tidak hanya diawal tetapi ketika senggang juga bisa. Ini untuk merelakskan payudara sehingga ASI mengalir lancar.

  1. Mendorong bayi mendekat

Cara ini merupakan cara mengatasi bayi menggigit saat menyusu yang paling umum dilakukan.  Caranya, dorong mulut bayi lebih dekat dengan payudara sehingga bayi membuka sendiri mulutnya. Tarik puting payudara. Jika bayi masih ingin menyusu moms rubah posisi dan berikan payudara lainnya. Ini juga efektif untuk melancarkan produksi ASI.

  1. Tekan payudara

Cara lain untuk mengatasi bayi menggigit saat menyusu adalah ketika moms merasakan sakit akibat gigitan bayi, secara perlahan tekanlah payudara ke arah dalam, saat itu bayi akan melepaskan pelekatnya. Jika sudah, lalu tariklah puting keluar. jika bayi bergejolak, gantilah posisi dan berikan payudara lain untuk bayi menyusu lagi.

Nah moms, itulah beberapa cara yang bisa moms lakukan untuk mengatasi bayi menggigit saat menyusu. Tapi dalam beberapa kasus, bayi yang menggigit puting sampai luka, ini tentunya akan mengakibatkan bekas luka pada puting. Tentunya rasa sakit yang timbul lebih terasa dan lama sembuhnya. Untuk mengatasi luka puting karena gigitan bayi, moms bisa lakukan hal berikut ini :

  1. Meneteskan ASI, air secara teratur pada bagian puting yang luka. ASI bayi yang mengandung zat anti radang akan mengobati luka lebih cepat kering. Sedangkan air, ini akan membantu mencegah kulit puting kering sehingga luka tidak menyebar dan tetap lembab.
  2. Kompres puting dengan air hangat. Ini bisa membuat puting tetap lembab dan mengurangi rasa sakit yang ada. Lakukan sehari 3 kali untuk mempercepat penyembuhan. Moms bisa menggunakan salep lanolin yang dioleskan pada puting secara teratur untuk membantu penyembuhan bila kulit pecah atau iritasi. Salep ini aman untuk bayi, jadi tidak perlu dibilas ketika ingin menyusui bayi.
  3. Gunakan larutan garam

Ya garam sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari. Moms bisa membuat larutan garam dan air untuk membantu menyembuhkan puting luka. Campurkan setengah sendok teh garam dan air hangat. Setelah menyusui moms bisa merendam puting pada larutan air garam yang sudah dibuat selama 2 menit. Ulangi setiap hari untuk menmpercepat penyembuhan. Larutan garam ini berfungsi untuk menghindari pencemaran bakteri.

Oke moms, inilah tadi seluk beluk tentang bayi menggigit saat menyusui. Semoga uraian ini bisa menambah informasi untuk moms belajar.