4 Cara Memandikan Bayi dengan Aman

Doodle.co.idPersiapkan hal-hal yang diperlukan sebelum memandikan bayi, moms

Memandikan bayi menjadi kegiatan yang mendebarkan terutama bagi orangtua baru. Gimana ya kalau salah posisi? Bagian mana dulu yang perlu dibersihkan? Untuk temperatur air yang nyaman untuk bayi seberapa hangat? 

Moms tidak perlu khawatir. Jika mempersiapkannya dengan tepat, kegiatan memandikan bayi justru menjadi momen yang ditunggu-tunggu saat pagi dan sore hari. Namun sebelum itu moms, berikut merupakan checklist yang perlu diperhatikan dulu sebelum memandikan bayi, ya.

Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Memandikan Bayi

Tempat Mandi Bayi

Pilih ukuran bak mandi yang sesuai dan tidak terlalu besar. Pastikan tangan dapat menopang dan menjangkau bayi dalam ember atau bak saat dimandikan. Pilih jenis ember dengan posisi kemiringan tertentu, sehingga kepala bayi dapat diposisikan di atas permukaan air.

Temperatur Air 32-37O  C

Pastikan suhu air hangat, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin agar bayi merasa nyaman. Mandi dengan temperatur air dingin diperbolehkan hanya untuk bayi di atas usia satu tahun. 

Waktu Mandi

Durasi mandi kurang lebih sekitar lima menit. Bayi dapat dimandikan dua kali sehari yaitu pada pagi hari (08:00 – 09:00 WIB) dan sore hari (14:00 WIB) untuk usia bayi di atas empat puluh hari dapat dimandikan hingga pukul 16;00 WIB.

Sekarang, waktunya memandikan bayi yuk moms dengan langkah-langkah ini;

SOP Memandikan Bayi

Baringkan Bayi dan Lepas Baju Bayi 

Baringkan bayi di atas alas tidur dengan permukaan lurus, lepaskan baju bayi perlahan-lahan.

Angkat Bayi dan Posisikan Bayi dalam Ember Mandi

Posisikan bayi ke dalam ember mandi dengan bagian kaki terlebih dahulu. Topang bagian kepala untuk tetap di atas permukaan air dan topang bagian punggung.

Usap Tubuh Bayi dengan Lembut

Usap dengan kain lembut berukuran kecil/ handuk kecil bagian kepala, kelopak mata, area belakang telinga, ketiak, tubuh, kelamin hingga kaki. 

Angkat Kembali Tubuh Bayi

Setelah selesai dibersihkan, angkat bayi dengan lembut. Baringkan di atas kain lembut yang mudah menyerap air dan usap hingga kering. 

Kesimpulan

Untuk melindungi bayi dan memberikan kehangatan untuk bayi, jangan lupa usapkan minyak telon Doodle, moms. Minyak telon Doodle mengandung Oleum cajuputi, Oleum anisi, Oleum cocos, dan Oleum green tea. Lindungi bayi dari gigitan nyamuk, rasa kembung, dan berikan kehangatan ekstra untuk kenyamanan si kecil, moms.

Tema Artikel:

Memandikan Bayi

Artikel Lainnya:

Yuk Mums Belajar Cara Memandikan Bayi Yang Benar

Mengetahui Bagaimana Cara Memandikan Bayi Yang Masih Ada Tali Pusar

SOP Memandikan Bayi

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia

Privacy Policy

Syarat dan Ketentuan

Cookies

Privacy Policy   Syarat dan Ketentuan    Cookie

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia