Tips Merawat Rambut Bayi Baru Lahir Agar Cepat Tumbuh

Doodle.co.id – Merawat rambut bayi baru lahir memang menjadi hal yang dinanti para orang tua. Rambut bayi baru lahir memang berbeda-beda, ada yang terlahir dengan rambut tebal bahkan ada yang botak tanpa rambut sama sekali. Tidak ada cara untuk memprediksi berapa banyak rambut yang tumbuh saat bayi lahir, bayi yang baru lahir dengan rambut cenderung banyak pun bisa mengalami kerontokan. Namun, Moms tidak perlu khawatir karena hal itu sangatlah normal. Faktor genetik berperan besar dalam warna dan jumlah rambut bayi saat lahir. Umumnya, pertumbuhan rambut bayi terjadi sekitar minggu ke-30 kehamilan. Apabila rambut bayi saat dalam kandungan mulai tumbuh, kemungkinan besar bayi tersebut akan lahir dengan rambut yang lebat.

merawat rambut bayi baru lahir
Tips merawat rambut bayi baru lahir agar cepat tumbuh dan lebat / Image Tatiana Syrikova

Selain itu, hormon juga berperan penting dalam jumlah rambut yang dimiliki bayi baru lahir. Saat di dalam kandungan, kadar hormon sedang tinggi dan memicu percepatan tumbuh rambut bayi. Akan tetapi, jika setelah melahirkan kadar hormon menurun dengan cepat, ini mengakibatkan pertumbuhan rambut bayi melambat. Usai lahir di dunia, rambut bayi akan memasuki fase pertumbuhan baru yang membuat rambutnya mungkin rontok bahkan botak. Akan tetapi, setelah rambut rontok, rambut baru akan tumbuh seiring berjalannya waktu. Nah Moms, berikut beberapa tips untuk merangsang pertumbuhan bayi atau baby hair spa yang dapat dilakukan di rumah.

Tips Merawat Rambut Bayi Baru Lahir

1. Mengoleskan minyak kelapa

Nutrisi dengan sifat antioksidan seperti vitamin E alami yang terkandung dalam minyak kelapa bermanfaat bagi kulit. Selain itu, minyak kelapa juga meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, mencegah rambut rontok, hingga menambah kilau pada rambut bayi. Oleskan beberapa kali dalam seminggu ke kulit kepala bayi untuk menstimulai rambut tumbuh penuh dan tebal. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Moms bisa gunakan minyak kelapa organik atau extra virgin, minyak yang murni dan belum melalui proses apapun.

2. Sikat kulit kepala bayi

Pertumbuhan rambut dapat dirangsang dengan menyisir, menyikat atau memijak kulit kepala bayi. Ini dikarenakan perawatan rutin bisa melonggarkan cradle cap dan mengatasi kulit kering. Pijat lembut kulit kepala Si Kecil menggunakan jari selama beberapa menit, ini juga membantu bayi merasa rileks.

3. Keramas secara teratur

Keramas secara teratur membantu menjaga kulit bayi tetap bersih, cucilah rambut bayi setiap 2-3 hari, gunakan air hangat dan sampo bayi yang lembut. Kotoran di kulit kepala dapat memperlambat pertumbuhan kulit, maka dari itu rajin-rajinlah mengeramasi bayi Moms.

4. Gunakan kondisioner rambut

Kondisioner merupakan bahan pelembab yang menggantikan kelembapan kulit kepala yang hilang karena sampo. Gunakan kondisioner khusus bayi untuk membantu melindungi dan memperkuat rambut, mengurangi kerusakan dan meningkatkan pertumbuhan rambut bayi. Kondisioner ini juga sangat bermanfaat bagi rambut yang bertekstur atau keriting. Biasanya rambut keriting rentan akan kekeringan, oleskan kondisioner usai keramas dan bilas dengan air hangat Moms.

5. Gunakan handuk lembut

Keringkan rambut bayi dengan handuk lembut secara perlahan usai keramas. Menggunakan handuk yang cenderung kasar berpotensi merusak folikel rambut muda dan memperlambat pertumbuhan rambut.

6. Mengurai rambut kusut

Gunakan sikat lembut untuk mengurai rambut bayi, terlebih yang memiliki rambut keriting atau bertekstur.

7. Pertahankan pola makan sehat

Rambut yang tumbuh lebih tebal dan lebat bisa diatasi dengan makan-makanan yang sehat dan seimbang untuk bayi. Berikan makanan kaya akan zat besi, vitamin A, B, D, zinc dan protein saat bayi memasuki usia 6 bulan dan saat ia mengonsumsi makanan padat. Selain itu, ibu yang menyusui juga perlu menjaga pola makan sehat karena bisa mendorong pertumbuhan rambut bayi.

8. Oleskan gelatin pada kulit kepala bayi

Gelatin adalah asam amino yang mampu merangsang pertumbuhan rambut. Campurkan 1 sendok teh bubuk gelatin dengan air, atau bisa menambahkan satu sendok teh amdu dan satu sendok teh cuka sari apel. Oleskan pada kulit kepala bayi, diamkan selama 10-15 menit, bilas dan keramas rambut bayi.

9. Hindari mengikat rambut bayi

Meski baru memiliki beberapa helai rambut, terkadang para Moms gemas dan tergoda untuk mengikatnya dengan jepit rambut. Namun, hal ini justru dapat menyebabkan rambut rontok dan merusak folikel rambut apabila terlalu kencang saat mengikatnya.

10. Potong rambut bayi

Potong rambut dapat menghilangkan ketombe serta membuat rambut bayi tumbuh merata. Potonglah helaian rambut yang lebih panjang terlebih dahulu, gunakan pemangkas rambut dan jangan gunakan pisau cukur karena dapat melukai kepala bayi. Oleskan pelembab usai memotong rambut bayi, ini untuk mengurangi kekeringan pada kulit kepala bayi.

 

Sumber
healthline.com/health/baby/how-to-make-baby-hair-grow#takeaway

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie