Simak Ini Cara Mengatasi Gusi Berdarah saat Hamil

Doodle.co.id – Apakah Moms sedang mengalami gusi berdarah saat hamil? Mual di pagi hari, kaki bengkak, susah tidur, hingga gusi berdarah menjadi gejala yang mungkin tidak menyenangkan bagi Moms yang tengah hamil. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), risiko penyakit periodontal (gusi) meningkat yang mana 60-75% diderita oleh ibu hamil. Persentase itu terjadi pada ibu hamil yang mengalami radang gusi sebagai awal dari tanda penyakit periodontal. Peradangan gusi menyebabkan kemerahan, bengkak, nyeri tekan dan pendarahan. Jika tida diobati, penyakit gusi ini dapat mengakibatkan masalah gigi yang makin serius bahkan pengeroposan tulang dan infeksi lainnya.

mengatasi gusi berdarah saat hamil
Mengatasi gusi berdarah saat hamil / Image Karolina Grabowska

Penyebab Gusi Berdarah saat Hamil

Faktor Hormonal

Perubahan hormonal terutama yang melibatkan estrogen dan progesteron menjadi penyebab utama gingivitis pada kehamilan. Hormon-hormon yang tinggi berkaitan dengan meningkatnya plak gigi, campuran lengket antara bakteri, makanan, dan kotoran seperti diungkapkan Kepala Petugas Gigi di Delta Dental Plans Association Joseph Dill, DDS,MBA.

Perubahan Pola Makan

Risiko plak gigi dapat meningkat karena ibu hamil kerap kali menginginkan makanan super manis atau makanan lainnya yang tidak biasa menjadi rutinitas mereka (mengidam).

Morning Sickness

Moms merasakan mual karena pasta gigi, membuat para ibu hamil terkadang menghindari menyikat gigi. Ini karena mereka takut akan tersedak atau takut akan merasakan mual yang kemudian berkaitan dengan gusi berdarah.

Produksi Saliva

Ibu hamil memungkinkan untuk memproduksi lebih sedikit air liur, yang tentu membuat plak gigi meningkat serta menyebabkan adanya radang gusi.

Kapan Ibu Hamil Mengalami Gusi Berdarah?

Gingivitis dalam banyak kasus mulai terlihat pada trimester kedua, dan pada trimester ketiga mencapai puncaknya. Apabila Moms mengalami radang gusi sebelum hamil, mungkin kondisi ini akan memburuk saat hamil.

Kesehatan mulut perlu dijaga selama masa kehamilan Moms, ini dikarenakan gusi berkaitan dengan kesehatan secara keseluruhan terutama kehamilan. Bahkan, menurut beberapa penelitian, gusi berdarah atau penyakit periodontal yang parah mungkin berkaitan dengan hasil kehamilan yang buruk seperti kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah. Selain itu, penyakit gusi yang para juga mengakibatkan gigi goyang, pencabutan gigi, atau pengeroposan tulang.

Infeksi berkepanjangan atau masalah gigi saat hamil harus segera diatasi karena dapat membahayakan kesehatan mulut bayi seperti kata Dr. Dill. Menurut CDC, jumlah bakteri penyebab gigi berlubang yang tinggi pada ibu hamil dapat ditularkan ke mulut bayi, kontak dengan bakteri ini telah dikaitkan dengan gigi berlubang dan masalah gigi pada anak-anak.

Cara Mengatasi Gusi Berdarah

Jika Moms sedang hamil dan mengalami gusi berdarah atau gejala radang gusi lainnya, segera periksakan ke dokter gigi. Dokter biasanya akan memberikan pemeriksaan menyeluruh termasuk membersihkan plak dan karang gigi serta bakteri berbahaya lainnya. Jika diperlukan, dokter akan menyarankan scalling dan root planning atau prosedur pembersihan yang menjangkau lebih dalam ke bawah gusi. Atau dokter bisa menyarankan untuk melakukan perawatan pada gigi yang rusak.

Sikatlah gigi Moms menggunakan pasta gigi ebrfluoride minimal dua kali sehari dengan frekuensi 2 menit. Tentu dengan perhatian khusus pada garis gusi. Jika perlu, gunakan benang gigi sekali sehari guna membersihkan bakteri bahaya yang ada di sela-sela gigi Moms.

Gunakan bulu sikat berbulu lembut dan pertimbangkan untuk menggunakan obat kumur bebas alkohol. Hindari merokok atau vape, serta hindari terlalu banyak makan makanan manis. Jika Moms merasakan mual di pagi hari, American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk membilas mulut Moms setelah muntah. Kemudian gunakan 1 sdt soda kue dalam segelas air untuk membilasnya.

Itulah berbagai informasi mengenai mengatasi gusi berdarah saat hamil yang Moms perlu tahu. Jika Moms mencari produk perawatan bayi, Moms bisa gunakan rangkaian Doodle Exclusive Baby Care seperti Minyak Telon Doodle, Doodle Baby Lotion, Doodle Baby Gentle Wash dan masih banyak lagi.

 

Sumber
parents.com/ should-you-worry-about-bleeding-gums-during-pregnancy-8423915

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie