Simak 6 Tips Memandikan Bayi yang Aman

Doodle.co.id – Dari beragam momen-momen bersama sang buah hati, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada waktu memandikan bayi. Meskipun bayi terlihat memekik dan banyaknya air berceceran di kamar mandi, namun hal ini menjadi salah satu pengalaman yang sangat menghibur. Momen memandikan bayi juga bisa memberikan ikatan bonding yang tenang saat dilakukan bersama. Kontak kulit antara orang tua dan bayi yang baru lahir sangatlah bermanfaat, termasuk meningkatkan perkembangan mental dan pengalaman menyusui yang lebih lancar.

memandikan bayi
Tips memandikan bayi / Image RDNE Stock project

Tips Memandikan Bayi

Sebelum memandikan bayi, simak tips-tips yang berhasil Doodle rangkum melalui Parents.com. Momen mandi ini akan memberikan waktu yang istimewa bagi Moms dan Si Kecil.

1. Kenali kapan bayi diperkenalkan untuk ke kamar mandi

Moms harus mengetahui seberapa penting kapan waktu terbaik untuk memperkenalkan bayi ke bak mandi. Menurut American Academy of Pediatrics (AAC), memandikan bayi untuk pertama kalinya lebih baik dilakukan setelah 24 jam bayi lahir. Sebaiknya juga tidak membenamkan bayi baru lahir ke dalam air hingga area tali pusar.

2. Seberapa sering memandikan bayi

Anna Bruckner, M.D., profesor dermatologi dan pediatri di Fakultas Kedokteran Universitas Colorado menyebut bahwa tidak ada penelitian pasti yang menentukan terkait seberapa sering memandikan bayi yang baru lahir. Akan tetapi, akan lebih baik untuk meminimalisir kesalahan.

“Mulailah dengan jarang mandi, kira-kira sekali atau dua kali seminggu,” kata Anna.

Selain itu, Anna menyebut bahwa para orang tua dapat meeningkatkan frekuensi mandi seiring bertambahnya usia bayi.

3. Berhati-hatilah saat masuk dan keluar dari kamar mandi

Terkadang, memandikan bayi bisa berbahaya apabila dilakukan tanpa berhati-hati. Mintalah pasangan atau orang lain untuk berada di dekat Moms, ini guna menyerahkan bayi setelah dimandikan dan saat anda siap keluar kamar mandi. Pastikan anda aman saatt memindahkan bayi kedalam dan keluar bak mandi. Hindari posisi berdiri saat keluar sambil menggendong bayi. Jangan melepaskan tangan anda dari Si Kecil saat di dalam bak mandi.

Apabila tidak ada orang dewasa di sekitar anda, pastikan mengeluarkan bayi dari bak mandi dengan aman tanpa harus berdiri. Sebelum masuk ke dalam bak mandi, siapkan berbagai hal untuk keperluan mandi seperti sabun, waslap, handuk, losion, dan pakaian bayi. Hal ini tentu memudahkan Moms untuk memandikan bayi.

4. Pilih produk yang tepat

Pilihlah produk bayi yang memiliki formulasi khusus serta teruji sensitivitasnya saat di dalam air. Menurut Lawrence Frank Eichenfiels, M.Dd., kepala dermatologi anak dan remaja di Rumah Sakit dan Pusat Kesehatan Anak di San Diego, kulit bayi sangatlah efektif dalam menyerap apapun yang diletakkan di atasnya. Sabun hanyalah sebagian kecil dari proses mandi, setelah itu Moms harus mengoleskan pelembab atau losion khusus untuk bayi.

“Gunakan pelembab yang lembut untuk membantu menccegah kekeringan dan iritasi pada kulit,” kata Dr. Bruckner.

5. Siapkan air

Jennifer Shu, M.D., dari penasihat orang tua dan salah satu penulis Heading Home with Your Newborn menegaskan, periksalah suhu air sebelum memandikan bayi, air harus tetap hangat dan tidak terlalu panas. Selalu cek suhu air seiring berjalannya waktu. Suhu yang direkomendasikan oleh AAC adalah tidak lebih panas dari 120 derajat Fahrenheight atau 48 derajat celcius. Moms juga harus menguji kehangatan air sebelum memandikan bayi.

6. Busa, bilas dan melembabkan

Dr. Bruckner merekomendasikan penggunaan sedikit sabun pada area yang kotor seperti area pemakaian popok. Hal ini dikarenakan kulit bayi yang masih dalam tahap pematangan sehingga membuatnya lebih sensitif terhadap iritasi dan kekeringan.Pastikan Moms enggendong kepala bayi dengan satu tangan saat memandikan bayi, dan tetap dalam posisi stabil di bak mandi.

Kemudian, keringkan bayi menggunakan handuk lembut agar panas tubuhnya tetap terjaga. Sebelum mengoleskan losion, memakaikan popok dan balutan apapun, pastikan seluruh tubuh dan lipatan-lipatan telah kering.

Perawatan Kulit Bayi

Bagi Moms yang ingin menggunakan sabun khusus untuk bayi, gunakan Doodle Baby Gentle Wash (The Sibin: a duck method). Sabun ini merupakan sabun untuk bayi yang dapat digunakan ntuk mandi dengan atau tanpa air sehingga bisa dipakai saat sakit, bepergian, dan usia new born. Sabun ini memiliki aroma khas wangi Doodle. Selain membersihkan, Doodle Baby Gentle Wash juga berfungsi sebagai eksfolian yang membantu melepaskan sel kulit mati dengan lembut, sehingga kelembapan kulit lebih terjaga.

Setelah mandi menggunakan Doodle Baby Gentle Wash, Moms bisa mengaplikasikan Doodle Baby Lotion yang memberikan nutrisi dan membantu menjaga kelembaban kulit dan wajah bayi. Memiliki tekstur yang supermild, membuat Doodle Baby Lotion ini sangat cepat meresap di kulit bayi dibandingkan lotion bayi lainnya.

 

Sumber

https://www.parents.com/baby/care/american-baby-how-tos/bathing-with-your-baby/

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie