Permainan Yang Dapat Melatih Motorik Buah Hati

Home / Baby Care / Permainan Yang Dapat Melatih Motorik Buah Hati

Permainan Yang Dapat Melatih Motorik Buah Hati

Mums, memiliki anak yang berkembang dengan optimal, baik sensorik maupun motorikya adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Saat inilah, Mums akan merasa lega karena sudah berhasil membekali hari-hari si buah hati untuk masa depan terbaiknya.

Khusunya dalam perkembangan motoric, kemampuan si buah hati dalam memaksimalkan semua fungsi otot tubuhnya adalah tanda keberhasilan dalam perkembangannya, seperti kemampuan mengancingkan baju, berlari, mengayuh sepeda, mengangkat barang, dan juga menulis merupakan  salah satu ciri bahwa kemampuan motoriknya sudah terbangun dengan baik.

Dengan demikian berkembangnya kemampuan ini maka buah hati bisa menjadi lebih mandiri dan mengerjakan segala sesuatu sendiri, seperti mengancingkan baju sendiri, memakai tali sepatu, mengambil makan dan minum, serta mengerjakan segala sesuatu yang sederhana tanpa harus Mums bantu lagi.

Contoh kecilnya saja, ketika si buah hati akan belajar menulis, maka ia harus memiliki otot yang kuat  untuk bisa memegang pensil dalam waktu yang lama, hal ini bisa membantunya untuk berpartisipasi di sekolah, dan membantunya dalam belajar. Jadi, amat penting bagi Mums untuk bisa meningkatkan  kemampuan motoriknya.

Namun, bagi Mums yang masih belajar bagaimana cara mengembangkan kemampuan ini, berikut ada beberapa tips yang bisa Mums lakukan seperti yang dilansir oleh parents.com.

Kegiatan sederhana yang bisa bantu si buah hati dapatkan kemampuan motorik yang optimal, dimulai dari hal-hal kecil yang bisa Mums ajarkan kepadanya :

  • Tepuk tangan. Terlihat sepele namun juga penting, Mums bisa mengetahui perkembangan motoriknya dengan meminta bertepuk tangan.
  • Memakai dan melepaskan kancing  baju. Hal ini bisa Mums ajarkan  setiap harinya,. Biarkan ia mengancingkan  baju dan melepaskannya sendiri.
  • Memakai resleting. Pada baju, jaket, atau celana buah hati, terkadang kita memakai resleting, kan? Nah, jika ia mampu memakai resleting, maka ia sudah mendapatkan perkembangan motorik yang baik.
  • Membangun sebuah menara dengan balok. Balok merupakan permainan yang sangat membantunya dalam meningkatkan kemampuan motoriknya, jadi jangan remehkan  permainan sederhana ini.
  • Melengkapi puzzle. Selain meningkatkan dan menguji kemampuan kognitifnya, ternyata puzzle juga membantu anak dalam meningkatkan kecerdasan motoriknya lho  Mums. Jadi, jangan ragu jika ingin membelikannya hadiah berupa puzzle di hari ulang tahun atau ketika ia bermain ke toko buku.
  • Dan beberapa bentuk kegiatan lainnya.

Mums, kegiatan yang ia lakukan baik itu permainan sehari-hari atau berbagai hal yang ia lakukan bisa membantunya meningkatkan kemampuan motoriknya lho. Biarkan ia bermain dengan cat air, balok, sepeda, bermain dengan taIi, semua adalah kegiatan yang positif. Dampingi buah hati dalam menggunakan waktunya untuk bermain lebih banyak lagi, dibanding membiarkannya tenggelam terlalu dalam dengan gadgetnya.

Sumber:

http://www.parents.com. “Developing Motor Skills”. Diakses pada 5 Januari 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *