Berapa Jam Tidur Yang Ideal Untuk Si Buah Hati?

Home / Baby Care / Berapa Jam Tidur Yang Ideal Untuk Si Buah Hati?

Berapa Jam Tidur Yang Ideal Untuk Si Buah Hati

Tahukah Mums, berapa sih jam tidur bayi yang ideal dalam sehari? Apakah 8 jam? 10 jam? Atau mungkin 12 jam?

Bagi Mums yang masih bingung, yuk belajar bersama tentang tidur ideal bagi buah hati, (seperti dilansir dalam www.webmd.com).

Mums, jam tidur bayi yang ideal sangatlah bervariasi, tergantung pada beberapa faktor, seperti usia misalnya. Nah, berikut ini ada perkiraan jam tidur yang ideal, berdasarkan usia buah hati :

Usia 1 – 4 minggu: 15 – 16 jam perhari

Bayi baru lahir, butuh lebih banyak istirahat. Hal ini sudah pasti diketahui Mums bahwa bayi bisa tidur hingga 1 jam perhari. Berbeda bagi bayi yang lahir prematur. Ia akan butuh jam tidur yang lebih panjang dibanding bayi yang lahir normal. jam tidur bayi ini tidak tergantung pada siang atau malam, karena mereka tidak mengenal ritme tidur seperti orang dewasa yang harus tidur pada malam hari.

 

Usia 4 – 12 bulan: 14 – 15 jam perhari

Pada usia ini, bayi tidur ideal selama 15 jam. Meksipun, kebanyakan bayi pada usia 11 bulan hanya tidur selama 12 jam. Mums, membiasakan tidur yang baik pada usia ini, harus menjadi tujuan Mums. karena pada usia ini, bayi sudah bisa berkomunikasi dan membangun lingkungan sosialnya, maka ia akan memiliki pola tidur seperti layaknya orang dewasa.

Usia 1 – 3 tahun: 12 – 14 jam perhari

Si buah hati yang usianya lebih dari satu tahun, dia akan meninggalkan kebiasaan tidur saat pagi hari, dan pada sore hari. Dia hanya akan tidur siang, sekali dalam satu hari. Meskipun diusia ini idealnya tidur selama 14 jam sehari, namun kenyataannya banyak anak yang hanya mendapat jam tidur 10 jam sehari.

Ingat ya Mums, buah hati pada usia 21-36 bulan, masih butuh yang namanya tidur siang, yang idealnya 1 hingga 3 setengah jam. Biasanya ia akan tidur pada pukul 7 malam hingga 9 malam dan  bangun pada pukul 6 hingga 8 pagi.

Usia 3 – 6 tahun: 10 – 12 jam perhari

Pada usia ini idealnya tidur pada pukul 7 malam atau 9 malam, dan bangun setidaknya pukul 6 pagi atau 8 pagi. Mulai dari umur tiga tahun ini  ia masih butuh tidur siang, jadi biasakan hal ini ya, agar dia dapat kebiasaaan tidur yang baik sesuai dengan tahapan usianya. Nah, pada usia 5 tahun,  ia akan memiiki jam tidur siang yang lebih pendek, karena makin banyaknya kegiatan yang dilakukannya, seperti berinteraksi dengan teman sebayanya.

Sumber:

http://www.webmd.com. WebMD. “How Much Sleep Do Children Need?”. Diakses pada 6 Januari 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *