Pengen Bentuk Kepribadian Anak? Mums Bisa Ajarkan si Kecil 5 Kata Ajaib Ini

Pengen Bentuk Kepribadian Anak? Mums Bisa Ajarkan si Kecil 5 Kata Ajaib Ini

Doodle.co.id, Pengen Bentuk Kepribadian Anak? Mums Bisa Ajarkan si Kecil 5 Kata Ajaib Ini – Siapa sih yang nggak pengen punya anak rajin, mandiri, sopan? Kepribadian ini jadi impian semua orang tua. Tapi kadang, orang tua masih belum mengerti gimana cara memulai untuk mengajarkannya.

Nah, Mums bisa mencobanya dengan membiasakan si kecil mengatakan 3 magic words atau 3 kata ajaib untuk membentuk kepribadian positif pada anak. Mums tentu sering dengar kan, kalau anak perlu dibiasakan mengucapkan kata ‘tolong’, ‘maaf’, dan ‘terima kasih’?

Ternyata, nih, Mums, nggak cuma 3 kata itu aja yang bisa diajarkan ke anak. Mums pun bisa loh, menambahkan 2 kata lain untuk membentuk anak.

Apa aja?

Kata Yang Bisa Membentuk Kepribadian Anak

  • Permisi

Mums, mengajarkan anak untuk mengucapkan kata ‘permisi’ juga perlu loh dilakukan. Selain tiga kata utama tadi, kebiasaan mengucapkan kata ini bisa mendidik anak untuk meminta izin saat akan lewat atau mengganggu kegiatan seseorang. 

Manfaat lainnya, nih, seiring anak bertambah dewasa dan mulai menyadari bahwa dunia nggak cuma berputar di sekitar mereka. Sehingga, anak akan belajar menghargai orang lain

Kok bisa? Ini karena, dengan mengucapkan kata ‘permisi’, anak akan terbiasa bersopan santun. Selain itu, ketika mereka besar nanti, kata ini bisa mengajarkan anak untuk berempati kepada sesamanya. 

Nggak cuma kata ‘permisi’, loh. Mums pun bisa membiasakan anak mengucapkan kata ‘bolehkah’, ketika ingin meminta izin melakukan sesuatu. Anak pun akan terbiasa untuk menunggu persetujuan orang lain.

Nggak cuma itu aja, kebiasaan meminta izin bakal sangat berguna saat si kecil mulai keluar rumah dan belajar bergaul dengan orang lain.

Tentu, Mums bisa memodifikasinya sesuai dengan bahasa dan kebiasaan yang dipakai di rumah. 

  • Sama-sama

Mums, pernah nggak sih merasa kesal saat nggak dapet respons setelah mengucapkan terima kasih? 

Terkadang, orang lupa membiasakan diri untuk mengucapkan kata ‘sama-sama’ setelah orang lain mengucapkan terima kasih. Padahal, Mums, kebiasaan menjawab ucapan terima kasih seseorang bisa membentuk kepribadian anak untuk belajar menghargai orang lain juga. 

Selain itu, menjawab ucapan terima kasih, mampu meninggalkan kesan yang baik. Anak juga akan dikenal karena memiliki kepribadian yang positif. 

Lalu, gimana sih cara mengajari anak kata-kata ajaib ini?

Mums, memulai pengajaran anak emang susah-susah gampang ya. Orangtua kudu ekstra perhatian dan sabar dengan kebiasaan mereka. 

Sebagai awalan, Mums bisa sering mengingatkan anak untuk mengucapkan tolong, terima kasih, maaf, permisi, dan sama-sama saat mereka lupa.

Tapi ingat, ya Mums, jangan memaksa anak dengan keras. Ingatkan aja kalau mereka lupa. Anak butuh waktu untuk membiasakan diri mengucapkan kata-kata ini dalam kehidupan mereka. 

Mums dan Paps di rumah pun perlu ngasih contoh konkret. Sebab, pengajaran terbaik bisa anak dapatkan saat mereka masih di rumah.

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia

Privacy Policy

Syarat dan Ketentuan

Cookies

Privacy Policy   Syarat dan Ketentuan    Cookie

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia