Cara Membina Anak Agar Menjadi Berbakat, Bisakah ?

Cara Membina Anak Agar Menjadi Berbakat, Bisakah ?

Doodle.co.idMums, tahu kan, kalau setiap anak punya bakat yang spesial? Talenta mereka biasanya terlihat dari apa yang mereka kerjakan sehari-hari. 

Kalau udah nemuin bakat si buah hati, maka penting bagi Mums untuk mengarahkan dan membina mereka. Tapi, sebelum mulai dibina,Mums perlu tahu, nih, tanda anak-anak yang berbakat. Apa saja?

Tanda Anak Mums Berbakat

Selalu ingin tahu

Pada dasarnya, anak-anak selalu ingin tahu tentang segala hal. Namun seiring berjalannya waktu, keingintahuan anak bisa saja berkurang atau bahkan menghilang karena berbagai faktor. 

Nah, Mums, berhubung si kecil lagi dalam masa emas, Mums perlu mengerti, apa aja sih,  yang selalu bikin mereka kepo. 

Anak berbakat biasanya ingin tahu tentang hal-hal di sekitarnya. Selain itu, ketertarikan anak bisa juga muncul kalau ada hal khusus yang menarik perhatiannya.

Adaaa aja idenya

Anak-anak dengan bakat tertentu selalu punya ide luar biasa. Pernah nggak sih, Mums, tingkah si kecil selalu bikin Mums terkejut atau kagum?

Nah, anak berbakat, biasanya punya imajinasi unik dan bisa mengembangkannya jadi cerita, lagu, permainan, atau malah hasil karya baru. 

Ternyata, karya unik mereka ini merupakan bukti kalau si kecil punya kemampuan mengolah perkara-perkara yang kompleks.

Selain dua tanda tadi, anak berbakat biasanya punya kemampuan membaca serta memahami secara cepat, bahkan punya kosakata beragam dibanding anak seusianya.

Bukan itu saja, Mums, mereka juga punya kemampuan menyelesaikan tugas yang rumit dan sanggup memahami sebuah kejadian dari berbagai sudut pandang.

Nah, jika si buah hati menunjukkan tanda-tanda tersebut, Mums perlu membina si kecil agar bisa mengembangkan bakatnya secara optimal. 

Gimana cara membinanya?

Ciptakan lingkungan yang sesuai

Bakat anak biasanya bisa berkembang bila ada dukungan dari lingkungannya. Ini jadi tantangan tersendiri bagi para orangtua untuk membina anak tanpa memberikan tekanan yang berlebihan. 

Mums bisa menciptakan lingkungan dibutuhkan oleh anak. Contohnya, jika anak punya kecenderungan tertarik di bidang musik, Mums bisa loh menawari mereka untuk les musik. Tentu saja, Mums perlu memastikan apakah mereka setuju dengan rencana itu. 

Kenalkan anak dengan dunia baru

Membina bakat anak juga bisa dimulai dengan mengenalkan mereka dengan lingkungan yang baru. Misalnya, anak punya ketertarikan belajar sains, maka, Mums bisa mengajak mereka ke museum atau ke edupark. 

Ada cerita menarik, nih, dari penyanyi pop, Ed Sheeran. Ketika ia menyadari anaknya tertarik dengan musik, pemenang Grammy Award ini selalu mengajak putranya ke konser setiap minggu. 

Mums juga bisa loh meniru cara orangtua pegolf profesional Tony Finau mengasah bakat anaknya. Tony mengaku, orang tuanya tak punya punya cukup uang membawanya ke lokasi driving range untuk latihan. Karenanya, orang tua Tony kemudian memberikannya alat latihan golf murah dan mengajaknya berlatih memukul bola di atas karpet. 

Support dengan positif

Ada banyak cara orang tua mendukung anak kesayangan mereka. Nah, Mums, dukungan dari orang terdekat bisa membuat bakat anak semakin terasah. Mereka juga semakin tertantang untuk selalu mencoba dan menekuninya. Selain itu, berikan apresiasi atas kerja keras dan pencapaian mereka. 

Tapi, ingat ya, Mums, mendukung anak perlu dilakukan dengan positif. Jangan sampai anak merasa tertekan dan trauma untuk melakukan apa yang mereka sukai. Kalau anak mulai merasa lelah, jangan lupa berikan waktu istirahat yang cukup.

Gimana, Mums, udah siap mengarahkan bakat si kecil?

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia

Privacy Policy

Syarat dan Ketentuan

Cookies

Privacy Policy   Syarat dan Ketentuan    Cookie

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia