Moms, Bayi Mandi Sehari Berapa Kali? Simak Ulasan Berikut

Doodle.co.id – Sebagai orang tua baru, Moms mungkin kerap berpikir menghenai bayi mandi sehari berapa kali ya? Atau bolehkah bayi dimandikan setiap hari? Namun, para ahli menyebut bahwa bayi mandi setiap hari tidaklah benar. Menurut seorang profesor pediatri di Universitas California, dan juru bicara American Academy of Pediatrics (AAP), Dipesh Navrasaria, MD, bayi tidak perlu mandi setiap hari karena hal itu tidak terlalu dibutuhkan, ia juga mengimbau untuk tak menerapkan norma budaya tanpa alasan kesehatan atau kebersihan. Dalam hal ini mandi setiap hari untuk bayi baru lahir. Menurutnya, mandi secara berlebihan justru bisa menimbulkan banyak kerugian dibanding manfaatnya.

bayi mandi sehari berapa kali
bayi mandi sehari berapa kali / Image RDNE Stock project

Kapan Memandikan Bayi Pertama Kali?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk bayi setelah lahir tidak mandi selama 24 jam lebih, atau jika memungkinkan setidaknya enam jam. Ini dilakukan guna mengurangi risiko hipotermia dan hipoglikemia pada bayi.

Menurut studi lainnya, menunda memandikan bayi baru lahir untuk pertama kalinya mampu meningkatkan keberhasilan dalam mehyusui. Selain itu, pengalaman baru termasuk mandi pada bayi yang baru lahir bisa membuatnya stress. Hal itu dikatakan oleh Delmar Bauta, spesialis doula dan laktasi pascapersalinan di Emerald Doulas di Durham, North Carolina. Delmer menyebut, hormon stress akibat mandi dapat mengakibatkan gula darah bayi turun secara drastis. Dengan kondisi gula darah yang rendah dapat menyebabkan bayi lapar dan rewel. Ia juga akan terlalu mengantuk untuk menyusu dengan baik.

Adanya vernix caseosa atau zat putih seperti lilin yang menyelimuti bayi saat lahir membantu melindunginya dari kuman dan berfungsi sebagai pelembab alami. Tentu, Moms tidak ingin menghilangkan zat ini ya.

Bayi Mandi Sehari Berapa Kali?

Menurut Mayo Clinic, sebaiknya bayi dimandikan pertama kali setelah tunggul tali pusar bayi lepas. Umumnya, terjadi dalam kurun waktu 3 minggu setelah dilahirkan. Moms disarankan tetap menggunakan spons mandi atau waslap guna menjaga area tersebut tetap kering. Selain itu, dengan mandi atau membasahi tali pusar bayi membuatnya susah kering dan justru menunda pelepasan tunggul tali pusar. Mandi pada bayi baru lahir sebelum 24 jam dikhawatirkan bisa menimbulkan risiko infeksi yang lebih tinggi, karena pelindung alami kulit biasa tidak akan ada di area itu hingga tunggul terlepas.

Navsaria menyebut bahwa bayi baru lahir sebetulnya tidak perlu sering dimandikan, namun bayi juga tidak boleh berkeringat dan kotor. Maka frekuensi yang disarankan oleh para ahli yakni maksimal memandikan bayi baru lahir tiga kali seminggu.

Perlukah Memandikan Bayi Setiap Hari?

Moms mungkin mempunyai naluri untuk memandikan bayi baru lahir setiap hari, namun mandi secara berlebihan justru bisa merusak dan membuat kering kulit sensitifnya. Bauta mengatakan, memandikan bayi baru lahir dengan sering bisa menghilangkan bakteri baik di kulit hingga mengganggu sistem kekebalan tubuhnya. Selain itu, jika bayi mengalami eksim, itu akan membuat eksim bayi kambuh.

Apabila Moms memilih memandikan bayi sebagai rutinitasnya, maka hindari penggunaan sabun mandi setiap hari. Pastikan menggunakan lotion atau minyak tanpa pewangi untuk memberikan kelembapan kulit bayi.

Seiring bertambahnya usia, Moms bisa bereksperimen dengan memandikan bayi lebih sering, tetapi tidak ada aturan tegas mengenai hal ini. Mungkin Moms bisa lebih sering memandikan Si Kecil, saat ia sudah mulai aktif bergerak.

Cara Selain Memandikan Bayi Baru Lahir

Meski tidak boleh memandikan bayi baru lahir setiap hari, namun Moms bisa menjaga kebersihan bayi dengan menyeka wajah, lipatan dagu, tangan dan area pantat bayi. Doula pascapersalinan dan konselor menyusui di DC Birth Doulas, LaPonda Kersey merekomendasikan penggunaan metode tersebut. Dengan membersihkan area-area tersebut, tidak hanya berfungsi untuk menyegarkan bayi, namun juga membersihkan air liur atau susu yang mungkin menempel di kulit bayi.

Bauta juga merekomendasikan untuk membersihkan bayi menggunakan waslap basah dan merendam bagian bawah tubuh bayi dengan cepat sebelum ia tidur.

“Gendong saja bayi dalam posisi duduk di tepi wastafel dan cuci pantatnya dengan sabun dan air,” ujar Bauta.

Perawatan Bayi

Bayi baru lahir sebelum 24 jam memang tidak disarankan untuk mandi. Namun, Moms bisa merawat kulit bayi dengan memandikannya menggunakan Doodle Gentle Baby Wash saat bayi memasuki usia yang diperbolehkan untuk mandi. Memiliki karakter yang lembut dan tidak berbusa, sabun bayi tersebut mampu menjaga kebersihan, melembabkan dan melembutkan kulit bayi. Dikenal dengan The Sibin: a duck method, Doodle Baby Gentle Wash bisa digunakan untuk bayi new born atau bayi yang sedang sakit. Ini dikarenakan Doodle Baby Gentle Wash dapat digunakan tanpa air dan cukup dilap dengan air hangat saja. Bayi pun akan tetap bersih dan wangi tanpa harus dibilas dengan air.

Setelah memandikan Si Kecil, Moms bisa mengoleskan Doodle Baby lotion. Diformulasikan khusus untuk kulit bayi, lotion ini mampu menjaga kulit wajah dan tubuh bayi tetap lembut dan kenyal. Selain itu, Doodle Baby Lotion ini dikenal sebagai supermild lotion liquid, water based yang cepat meresap dikulit. Memiliki aroma green tea khas Doodle, memandikan dan merawat kulit Si kecil jadi lebih menyenangkan Moms.

 

Sumber
thebump.com/a/how-often-to-bathe-newborn

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie