Kulit Kering Bayi Baru Lahir, Simak Cara Merawatnya

Doodle.co.id – Masalah kulit kering bayi baru lahir biasanya menyita perhatian tersendiri bagi orangtua. Kulit bayi memang terkenal masih sangat sensitif. Bahkan hanya karena hal sepele bisa mengakibatkan masalah.
Bayi mungkin juga akan mengalami masalah kulit kering. Kondisi kulit kering bayi ini memang kurang menarik perhatian jika dilihat. Namun Moms tak perlu khawatir soal masalah kulit kering pada bayi baru lahir. Serbagai informasi, beberapa bayi secara genetik cenderung mempunyai kulit yang lebih kering dibandingkan bayi lainnya. Ini berarti pelindung kulit bayi tidak menjaga kelembapan dengan efektif.

kulit kering bayi baru lahir
Kulit kering bayi baru lahir / Image Laura Garcia

Kulit kering pada bayi baru lahir, biasanya ditandai dengan kulit yang kasar dan mengelupas. Lengkap dengan warna pucat dan garis-garis halus maupun pecah-pecah. Kondisi ini adalah tanda-tanda kulit bayi sangat membutuhkan kelembapan. Selain itu juga muncul bintik-bintik kering bisa menyerang di tubuh bayi. Bintik-bintik ini paling sering muncul di tangan, kaki, wajah, dan bibir si kecil.

Kondisi kulit kering ringanpada bayi mungkin tidak akan mengganggu si kecil. Tapi jika kondisi kulit sangat kering bisa menyebabkan iritasi. Bahkan kondisi ini bisa dapat membuat si kecil menggaruk hingga membuat kondisi semakin mengiritasi kulit gatal pada bayi. Untuk diketahui penyebab kulit kering pada bayi ini bisa dari berbagai hal. Penyababnya bisa dari suhu yang terlalu dingin atau udara yang kering. Umumnya kulit kering bayi ini terjadi di musim dingin yang bisa mengurangi kelembaban kulit. Catatan, memandikan bayi menggunakan air hangat memang membuat nyaman dan mengenangkan. Tapi hal ini bisa memberikan efek yang sama, serta kulit bayi yang halus dan tipis bisa membuatnya sangat rentan menjadi kering.

Moms juga harus tahu cara membedakan masalah kulit kering biasa dengan masalah kulit lain yang mungkin membutuhkan perhatian lebih, seperti eksim. Kulit kering dan eksim (kondisi kulit yang sering muncul pada bayi yang dimulai saat usianya menginjak beberapa bulan)dapat memiliki beberapa gejala yang sama. Hampir semua yang menderita eksim juga mempunyai kulit kering. Tapi tidak semua penderita kulit kering adalah eksim. Maka ada baiknya Moms untuk selalu mengonsultasikan hal tersebut pada Dokter.

Tips Melembabkan Kulit bayi

Agar kulit bayi terhindar dari masalah kulit kering, simak beberapa tips berikut untuk melembabkan kulit bayi yang bisa dilakukan di rumah.

1. Mandikan bayi

Mandikan bayi dengan air hangat, bukan panas. Kemudian Moms juga bisa memilih sabun mandi bebas pewangi dan tidak berbusa seperti sabun biasanya. Saat sudah selesai, Moms bisa membersihkan badan si kecil dengan handuk, tepuk-tepuk secara halus badanbayi,bukan digosokkan. Lalu gunakan krimdan olehkan di badan untuk mengunci kelembabannya.Moms bisa memandikan si kecil setiap hari atau dua hari sekali.

2. Harus Tetap Terhidrasi

Moms harus memastikan si kecil banyak mendapatkan ASI atau susu formula. Tapi jangan beri minum air jika belum mendapat izin dari dokter anak.

3. Hidrasi Kulit Bayi

Ingat selalu untuk mengoleskan krim, lotion atau salep yang hipalergenik dan bebas pewangi ke si kecil ya Moms. Gunakan Doodle Baby Lotion, lotion yang diformulasikan khusus untuk bayi ini membantu menjaga kelembaban kulit wajah dan tubuh bayi. Memiliki tekstur yang supermild sehingga cepat meresap di kulit dan tidak membuat berminyak. Doodle Baby Lotion juga memiliki wangi green tea khas Doodle yang menyegarkan.

4.Perhatikan suhu udara

Udara panas cenderung membuat lebih kering. Jadi Moms harus menahan keinginan untuk membuat kamar si kecil terlalu panas.

5. Deterjen

Moms harus memperhatikan deterjen cucian juga. Moms bisa memilih detergen yang dibuat khusus untuk kulit sensitif bayi. Doodle Baby Laundry Detergent bisa mejadi pilihan Moms. Deterjent khusus pembersih pakaian bayi ini terbuat dari bahan natural sehingga aman untuk kulit sensitif bayi. Selain itu, Doodle baby Laundry Detergent juga melindungi pakaian agar bebas fungal, bakteri, dan anti redeposition.

6. Perhatikan Liur dan Ingus

Kelembaban berlebih dari air liur dan ingus saat pilek bisa menyebabkankulit bayi pecah-pecah. Maka Moms bisa menyiapkan lap untuk menepuk-nepuk pelan tetesan air tersebut.

7. Bilas saat Berenang

Ingat selalu untuk membilas bayi dengan air hangat usai berenang. Klorin dan garam bisa mengeringkan kulit kulit bay bahkan di musim panas lo Moms.

 

 

Sumber

whattoexpect.com/ first-year/baby-care/baby-skin-care/dry-skin.aspx

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie