Cara Tidurkan Anak Tanpa Tantrum, Moms Harus Coba

Doodle.co.id – Cara tidurkan anak tanpa tantrum mungkin sulit bagi Moms yang belum mengerti ilmunya, namun jika sudah memahami cara yang tepat hal itu tidak menjadi masalah lagi. Tidur bagi anak-anak adalah sesuatu yang penting untuk menunjang pertumbuhan si anak sendiri. Sebagai informasi, anak dalam rentan usia 3 sampai 5 tahun atau biasa disebut anak prasekolah membutuhkan waktu tidur 11 sampai 13 jam tidur per harinya. Jumlah jam tidur tersebut sudah termasuk jam tidur siang. Namun ada beberapa anak yang susah untuk melaksanakan tidur, entah itu tidur siang maupun tidur di malam hari.

cara tidurkan anak tanpa tantrum
Cara tidurkan anak tanpa tantrum / Image Ketut Subiyanto

Kebiasaan tidur larut malam pada anak bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Tak sedikit pada ibu yang dibuat pusing gara-gara sang buah hati yang susah tidur saat malam hari. Bahkan ada beberapa anak yang bisa ngamuk lantaran menolak tidur padahal sudah memasuki waktu tidur. Lantas adakah tips untuk membuat anak tidur tanpa ngamuk?

Cara Tidurkan Anak Tanpa Tantrum

  • Pakai Aroma Terapi

Menggunakan wewangian atau aroma yang menenangkan bisa menjadi pilihan orang tua kala anak mereka susah untuk tidur. Aroma kamomil dan lavender adalah contoh aroma yang membantu orang rileks. Orang tua juga bisa mencoba produk lain yang bisa mengeluarkan aroma di kamar anak. Produk tersebut bisa berupa semprotan, dan diffuser.

  • Pakai Tirai Gelap

Tirai anti tembus pandang maupun tirai gelap dapat berfungsi baik dalam membuat ruangan menjadi minim cahaya. Dalam menggunakan tirai gelap ini, orang tuajuga harus memastikan untuk menyiapkan lampu tidur agar si kecil merasa ruangan tidak terlalu gelap.

  • Beri Anak Anda Pilihan

Anak sering ingin memgang kendali namun mereka masih memerlukan batasa dari orang dewasa. Saat menawarkan pilihan ke si kecil maka orang tua harus memastikan penawaran adalah hal yang menguntungkan bagi orangtua dan baik untuk si kecil saat apapun yang dipilih oleh anak. Orang tua juga harus memastikan untuk tak memberikan pertanyaan terbuka yang bisa membuat anak anda bertanya seperti, “Aku ingin makan snack 3 bungkus sebelum tidur malam,”.

  • Mainkan Musik yang Menenangkan

Anak kecil kemungkinan besar akan sangat nyaman saat mendengarkan lagu pengantar tidur. Lagu pengantar tidur bisa membantu menenangkan anak dan sangat membantu dalam menciptakan suasana santai sebelum tidur. Lagu pengantar tidur inilah yang bisa menjadi pilihan orangtua yang bisa diterapkan sebagai cara membuat anak tidur tanpa ngamuk terlebih dahulu. Orangtua juga harus memastikan lagu pengantar tidur ini memiliki musik cukup keras tapi tidak mengganggu si kecil.

  • Mandikan Anak Sebelum Tidur

Pilihan lainnya untuk menidurkan anak tanpa tantrum adalah memandikan anak anda sebelum tidur. Mandi pagi bisa membantu membangunkan anda, namun mandi juga bisa membuat rileks sebelum tidur. Memandikan si kecil ini juga mempunyai beberapa tujuan. Selain membersihkan si anak yang sudah berkativitas sehari penuh, mandi juga bisa memungkinkan waktu bermain tenang di bak mandi. Aktivitas ini adalah peralihan dari siang ke malam, dari pakaian sehari-hari ke piyama. Hal ini juga bisa menjadi indikator si kecil sudah waktunya untuk tenang.

Moms bisa menggunakan Doodle Gentle Wash (The Sibin: a duck methode) untuk memandikan Si Kecil. Sabun mandi untuk bayi dan anak ini bisa digunakan untuk mandi dengan atau tanpa air. Memiliki karakter yang sangat lembut, tidak berbusa dan mudah dibilas. Mengandung extrak susu yang berfungsi melembutkan dan melembabkan kulit. Selain itu, sabun mandi ini memiliki wangi khas Doodle exclusive sweet greentea yang menyegarkan, sehingga mandi pun menjadi menyenangkan.

  • Memberikan Hadiah

Hal terakhir yang bisa dilakukan orang tua sebagai cara membuat anak tidur tanpa ngamuk adalah memberikan hadiah. Sebagai contohnya adalah, jika anak mampu sepuluh malam berturut-turut saat akan tidur tetap di tempat tidur tanpa marah-marah maupun drama maka si kecil akan mendapatkan hadiah seperti es krim atau membeli camilan esok harinya.

Nah, itu dia beberapa tips untuk menidurkan anak tanpa membuatnya tantrum. Semoga berhasil ya Moms.

Sumber

https://www.parents.com/10-ways-to-avoid-bedtime-tantrums-8403577

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie