Wow, Ini Dia Cara Tepat Bersihkan Piring Berlemak

cara tepat membersihkan piring berlemak

Mencuci piring kotor, alat masak dan gelas adalah kegiatan sehari-hari sebagai seorang ibu rumah tangga. Tapi bagaimana jika moms menemukan kondisi piring yang berlemak? Ini lah salah satu masalah ibu rumah tangga yang sering terjadi. Apalagi dikala rumah lagi ada hajat, dengan sajian makanan bernuansa santan atau lemak. Kalau ada juru cuci piringnya sendiri sih tidak masalah, tapi kalau tidak? apa yang akan moms lakukan? Jangan khawatir moms, ini bukanlah masalah yang serius. Jika moms dalam kondisi seperti ini, moms bisa membersihkannya dengan cara tepat membersihkan piring berlemak berikut ini.

  1. Sabun anti bakterial

Pembersih piring berlemak pertama adalah dengan menggunakan sabun anti bakterial. Cara ini merupakan cara yang populer digunakan oleh ibu rumah tangga jaman sekarang. Pasalnya mereka tidak ingin repot-repot membuat ramuan penghilang lemak. Apalagi sekarang ini sudah banyak sabun anti bakterial yang dijual dipasaran. Hemat waktu, hemat tenaga kan moms? Meskipun begitu, dalam memilih sabun anti bakterial tetap harus teliti ya moms. Pilihlah yang bahannya baik untuk kulit anak dan ibu agar saat anak membantu, tidak terjadi masalah pada kulit. Selain itu, pastikan membilas piring dengan bersih ya moms, agar sisa sabun tidak menempel pada piring.

  1. Air cuka

Selain banyak digunakan untuk masakan, air cuka ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan lemak di piring. Air cuka mengandung zat asam seperti pada jeruk nipis sehingga bisa mengakat sisa lemak di piring atau perkakas dapur lainnya. Penggunaanya cukup mudah moms. Caranya: teteskan air cuka pada peralatan makan yang berlemak, diamkan,kemudian baru gosok memutar keseluruh permukaan piring. Bilas pakai air bersih kemudian pakailah sabun untuk menghilangkan sisa asam, bilas sekali lagi dengan air.

  1. Ekstrak jeruk nipis

Jeruk nipis memang sudah terkenal sebagai penghilang lemak dan bau amis pada peralatan makan dan dapur. Jeruk nipis yang murah dan mudah dicari di pasar banyak dimanfaatkan oleh pengusaha makanan untuk mencuci piring berlemak. Ada dua cara yang bisa dipakai:

  • Iris jeruk nipis kemudian langsung gosokan pada piring berlemak baru cuci dengan sabun dan bilas bersih pakai air.
  • Iris jeruk nipis, peras airnya dicampurkan pada sabun cuci piring. Nah sabun bisa langsung dipakai untuk membersihkan piring berlemak. Jika sudah tinggal dibilas dengan air.
  1. Baking soda

Baking soda, salah satu bahan pembuat kue ini bisa dimanfaatkan untuk membersihkan lemak membandel pada piring. Sifat alkalinya, ampuh untuk menghilangkan noda lemak tanpa merusak peralatan makan dan permukaan alat dapur. Buatlah pasta baking soda (campuran baking soda dan air). Pakailah spons untuk menggosok piring berlemak dengan pasta baking soda, bilas dengan air sampai bersih.

  1. Air panas

Cara terakhir dengan menggunakan air panas. Rendam piring dengan air panas terlebih dahulu, kemudian cuci dengan sabun anti bakterial. Ini lebih memudahkan karena lemak sudah terangkat saat direndam. Bilas juga dengan air panas agar hasilnya maksimal.

Bagaimana moms? mudah bukan? Sebelum berkeluh kesah, lebih baik cari solusinya kan moms? Kira-kira moms pilih solusi yang mana untuk membersihkan piring berlemak dan alat dapur lainnya? Pilihlah cara termudah dari kelima rekomendasi diatas. Jika alat dapur bersih, keluarga juga akan terhindar dari kuman penyakit. Selamat berkreasi moms.