Lakukan Ini!! Cara Mengatasi Anak Susah Tidur yang Ampuh

cara mengatasi anak susah tidur

Tidur merupakan aktivitas bagi anak untuk mengistirahatkan otak dan tubunya setelah seharian bermain. Tidur yang nyenyak dan berkualitas pada anak bisa didapat ketika anak tidak terbangun dan rewel. Selain itu, kulitas tidur yang baik adalah dimana dia dapat tidur sesuai kebutuhan waktu tidurnya itu terpenuhi. Tapi terkadang ini tidka terwujud karena anak mengalami susah tidur baik itu di siang hari maupun malam hari. masalah anak susah tidur merupakan masalah yang wajar dan sering terjadi pada anak, terlebih diusianya yang masih relatif kecil yaitu 1-2 tahun. Diusia ini anak cenderung aktif bermain sehingga tidurnya terlupakan. Nah, disinilah peran orangtua untuk membuat anaknya memiliki waktu istirahat tidur yang cukup. Tidur yang berkualitas dan cukup sangat penting untuk mendorong pertubuhan dan perkembangan diri anak.

Ada banyak hal yang mempengaruhi anak susah untuk tidur. Sebagai referensi moms terkait masalah tidur anak, berikut kami berikan ulasan mengenai penyebab anak susah tidur, simak ya moms.

  1. Waktu tidur yang salah

Waktu tidur tiap anak berbeda-beda, ini tergantung hormon melatonin yang diproduksi setiap anak merasa ngantuk. Nah, sering kali terjadi anak diajak tidur ketika hormon tersebut belum cukup untuk membuat anak ngantuk sehingga anak susah untuk tidur.

  1. Akibat dari TV dan alat elektronik lain

Berdasarkan penelitian dari Amerika menunjukan bahwa anak yang intensitas liat televisinya lebih banyak anak membuat waktu tidur anak terganggu. Selain itu menimbulkan gangguan cemas pada anak yang membuat anak susah untuk tidur. Menonton televisi dengan tayangan acara dewasa seperti berita siang dapat mengurangi durasi tidur siang anak dan resiko anak susah tidur di malam hari meningkat. Selain televisi, alat elektronik seperti HP, komputer juga sama beresikonya terhadap masalah tidur anak. Terlebih ketika anak sudah mengenal game dan terlalu asik dengan game. Anak menjadi kecanduan dan tidur terbengkalai.

  1. Stress dan cemas

Sama halnya dengan orang dewasa, anak yang stress dan cemas dapat mengganggu tidur. Anak biasanya merasa stress akibat adanya tekanan dari luar bahkan dalam dirinya. Dari luar misalnya masalah dengan teman-temannya, sedangkan dari dalam misalnya kepikiran tentang tugas sekolah. Jika mengetahui seperti itu, sebaiknya sebelum anak tidur sempatkan untuk bertanya pada anak tentang aktivitasnya dan ada tidaknya kendala. Dengan bercerita, ini membuat anak merasa lega. Jika dari cerita tersebut anak menginginkan saran, berikan saran yang membangun untuk anak dan mengajaknya melakukan hal menyenangkan sebelum tidur. Ini efektif mengurangi stress dan membuat tidur anak berkualitas.

  1. Mimpi buruk

Sering kali anak terbangun di malam hari karena mimpi buruk. Ini membuat anak tidak lagi bisa tidur karena takut dan cemas akibat mimpi buruk yang menimpanya. Mimpi buruk pada anak bisa terjadi akibat depresi anak ketika nonton film horor, karena takut sampai terbawa ketika anak tidur. Selain itu bisa juga disebabkan atas kekecewaan anak yang tidak terungkapkan atau manifestasi rasa kecewa yang dipendamnya dan dikeluarkan anak melalui mimpi buruk. Saat anak mengalami hal demikian, sebaiknya dampingi anak dan buat anak merasa nyaman dengan adanya moms disamping anak. Tingkatkan komunikasi antara moms dengan anak untuk menjalin hubungan yang erat dan terbuka sehingga anak lebih mau untuk terbuka akan masalah yang dihadapinya.

Sebagai moms yang cerdas dan kreatif dituntut untuk bisa memberikan perlindungan dan perawatan pada anak, terutama dalam hal terpenuhi jam tidur anak. Moms bisa mengajak anak untuk tidur bersama agar anak lebih merasa nyaman dan aman sehingga gampang tidur. Nah, untuk membantu moms menidurkan anak yang susah tidur, berikut trik ampuh yang bisa moms pakai.

  1. Buatkan jardwal tidur untuk anak

Anak yang suka bermain, terkadang keasikan main dan lupa akan tidur siangnya. Sehingga nantinya akan rewel di malam hari dan susah untuk tidur. Sebaiknya moms berikan waktu khusus di siang hari untuk anak tidur. Dengan memberikan waktu tidur pada anak di siang hari, ini dapat membuat tubuh anak tetap fresh terjaga dan tidak merasa terlalu lelah di malam hari. Ini membantu anak memiliki tidur yang berkualitas di malam harinya.

  1. Tegas dalam menerapkan aturan atau jadwal tidur anak yang sudah dibuat

Mungkin moms mendapati anak merengek untuk tidak tidur karena masih ingin bermain. Tapi moms, cobalah untuk menerapkan yang moms buat untuk kebaikan si anak. lakukan hal tersebut secara konsisten agar kesehatan anak juga terjaga. Moms coba berikan penjelasan pada anak dengan bahasa yang mudah dipahami atau dengan cerita-cerita yang memberikan makna sama. Dengan begitu anak paham dan mulai teratur untuk memenuhi kebutuhan tidurnya sendiri.

  1. Ajak anak menyiapkan keperluan tidurnya sendiri

Jika sudah mendekati jam tidur malam anak, ajaklah anak untuk bersiap-siap tidur. Mulai dari mengajaknya gosok gigi dan cuci muka, ganti baju dengan piyama yang dia pilih sendiri, membersihkan tempat tidurnya. Terakhir ajak anak untuk berdoa dulu barulah moms dampingi anak untuk tidur. Dengan mangajaknya melakukan aktivitas yang dilakukan sebelum tidur sendiri membuat anak merasa dirinya penting. Ini berdampak anak menjadi senang dan tanpa disuruh pun anak tidur.

  1. Ceritakan dongeng pada anak sebelum tidur

Memang cara lama sih moms. Tapi cara ini cukup ampuh untuk membuat anak cepat tertidur. Setelah anak siap untuk tidur, sebelumnya ajaklah anak untuk bercerita tentang apa yang sudah ia lakukan seharian tadi. Ini berguna agar anak merasa dirinya diperhatikan. Selanjutnya mulailah bacakan dongeng pada anak. Ingat ya moms, perhatikan intonasi bacaan dalam cerita tersebut. Ini akan membantu anak untuk berimajinasi dan tenggelam dalam cerita tersebut. Pilihlah cerita yang mudah dimengerti dan bernuansa sendu, agar anak cepat tertidur.

  1. Mendengarkan musik dan berikan aroma terapi

Memberikan anak alunan lagu pengantar tidur juga mempercepat anak untuk tidur. Pilihlah lagu yang iramanya pelan dan nyaman. Selain diperdengarkan musik, tambahkan aromaterapi dikamarnya. Ini mampu membuat pikiran dan tubuh anak menjadi relaks sehingga anak mudah tertidur.

  1. Memberikan makanan ringan sebelum tidur

Biasanya anak terbangun ditengah malam dan rewel karena merasa lapar. Untuk menghindari hal tersebut, moms bisa memberikan cemilan untuk anak 2-3 jam sebelum anak tidur. Kondisi anak yang kenyang akan lebih memudahkan untuk anak tidur dan mencegah anak terbangun karena kelaparan.

  1. Menidurkan anak dengan posisi tidur horizontal

Posisikan tidur anak dengan posisi terlentang atau horisontal. Ini membuat anak lebih cepat merasa mengantuk dan tertidur.

Demikian cara mengatasi anak susah tidur yang bisa moms aplikasikan. Poin penting adalah selalu buatlah jadwal tidur anak dan batasi juga aktivitas anak. Anak yang terlalu capek membuat anak tidak tidur nyenyak dan rewel. Semoga bermanfaat  moms.