Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi, Moms Harus Tahu

Doodle.co.id – Tak sedikit bayi kentut atau membuang gas dengan suara yang besar padaal ia masih kecil. Jeremiah Levine, MD, direktur gastroenterologi pediatrik di NYU Langone Health mengungkapkan gas merupakan bagian normal dari proses pencernaan. Namun hal ini bisa juga berhubungan dalam sebagian besar keluhan usus. Pun, terlalu banyak gas yang dikeuarkan oleh bayi ini umumnya adalah gejala bahwa ada hal lain yang sedang terjadi pada tubuh si bayi.

cara mengatasi perut kembung pada bayi
Cara mengatasi perut kembung pada bayi / Image Alexander Dummer

Kenapa Bayi Mengeluarkan Gas?

Semua orang termasuk bayi memproduksi dan mengeluarkan gas ya Moms. Bersendawa memungkinkan sebagian gas keluar dari perut sejak dini. Sementara sisa gas mengalir dari usus besar ke rektum, tempat gas itu dikeluarkan terutama lewat buang air besar atau perut kembung. Tapi apabila gas tidak keluar dengan mudah, gas itu akan terkumpul di saluran pencernaan. Kondisi ini menyebabkan kembung juga rasa tak nyaman. Bayi sangat rentan akan hal ini ya Moms.

Samira Armin, MD, dokter anak di Texas Children’s Pediatri di Houston, menjelaskan sistem pencernaan bayi baru lahir belum matang. Sehingga ini menghasilkan banyak gas dan hal ini merupakan peristiwa yang normal. Bayi Moms pun menghirup banyak udara ketika menyusu dan menangis sehingga menghasilkan lebih banyak gas. Untuk diketahui, bayi yang diberi susu botol cenderung mengalami kondisi paling buruuk tapi menyusui pun juga tak membuat si kecil kebal Moms. Hingga pada akhirnya bayi baru lahir mengalami kembung merupakan hal yang umum terjadi. Mom tak perlu mengakhawatirkan frekuensi buang angin si kecil. Juga termasul apabila bayi rewel mungkin adalah hal yang juga normal-normal saja.

Bayi mengeluarkan gas dengan sedikit tak sopan dan tak terkendali dari pada orang dewasa. Ari Brown, MD, dokter anak yang berbasis di Austin dan penulis Baby 411 mengatakan bayi mungkin terlihat tidak nyaman atau rewel saat ada gas yang dikeluarkan tapi jarang juga bayi merasa tak nyaman gara-gara gas. Moms bisa berkonsultasi ke dokter anak jika menemukan bayi merasa sakitnya tak kunjung reda setelah gas keluar.

Penyebab Perut Bayi Kembung

Bayi kembung ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari menelan terlalu banyak udara kala si kecil menyusu atau menangis. Lalu bisa juga disebabkan karena hipersensitif, yang berupa susu formula ataupun makanan di makanan bayi atau oragngtua saat menyusui. Penyebab lainnya yaitu gara-gara sistem pencernaan yang belum matang. Pencernaan yang belum matang atau belum berkembang tidak bisa memecah makanan. Hal itu bisa menyebabkannya lewat terlalu cerpat sampai menghasilkan gas.

Cara Mengatasi Perut Bayi Kembung

Moms bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mengurangi atau meredakan gas pada bayi. Moms bisa memulai meletakkan bayi di permukaan rata dengan perut menghadap ke bawah. Lalu Moms angkat bayi sedikit tengkurap dan mulai memijat perut si kecil dengan lembut atau bisa tempatkan bayi dalam kondisi telentang. Dr. Brown mengatakan untuk coba menggerakan kaki dan pinggulnya seolah-oleh si bayi sedang mengayuh sepeda. Seringkali gerakan macam ini memecah gelembung dan memberikan dorongan ekstra pada gas untuk keluar. Dr. Brown menambahkan, Moms juga dapat mencoba memandikan Si Kecil dengan air hangat untuk menghilangkan rasa tidak nyaman pada bayi.

Moms bisa mengonsultasikan dengan dokter jika masih mengahdapi bayi yang masih rewel. Moms bisa berdiskusi dengan dokter untuk menggunakan obat tetes gas atau untuk mengetahui soal ada perubahan susu formula atau bahkan soal pergantian pola makan untuk orangtua yang menyusui juga diperlukan. Pilihan lain yang bisa dilakukan yakni dengan mempertimbangkan apa yang mungkin menyebabkan kelebihan gas. Seperti bayi menghirup terlalu banyak udara ketika makan atau makan makanan yang menghasilkan gas. Moms juga perlu menegaskan apakah Moms bisa mengurangi asupan gelembung sejak awal.

Perawatan Bayi

Selain cara-cara yang telah disebutkan di atas, untuk mengatasi kembung pada bayi Moms juga bisa menggunakan Minyak Telon Doodle. Diformulasikan khusus untuk bayi, Minyak Telon Doodle memiliki beragam manfaat termasuk meredakan gejala masuk angin seperti kembung. Selain itu, minyak telon Doodle juga mampu menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk atau serangga. Mengandung 100% bahan-bahan alami seperti Oleum Cocos, Oleum Cajuputi, Oleum Anisi, dan Oleum Sweet Green Tea, yang aman untuk bayi. Bahkan, Doodle Exclusive telon oil ini bisa menjadi pengganti cologne karena wangi yang berbeda yakni adanya kandungan green tea essential oil.

 

 

Sumber

parents.com/ baby/care/gas/signs-newborn-has-gas/

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie