Cara Memijat Bayi 1 Tahun Yang Perlu Anda Ketahui

Cara Memijat Bayi 1 Tahun Yang Perlu Anda Ketahui

Cara memijat bayi 1 tahun – Pastinya, beberapa tahun yang akan datang, Mums dan si baby akan menjalani berbagai kegiatan bersama. Seperti berbelanja, menonton TV, mengendarai mobil, dan tidur bersama. Dan langkah awal yang dapat Mums lakukan untuk menjalani hubungan itu dengan si baby adalah dengan melakukan pijat bayi. Bila Mums melakukan pijat bayi secara teratur, hal tersebut dapat membantu bayi dan Mums untuk merasa lebih tenang dan santai. Saat melakukan pijatan, Mums dapat juga memutarkan musik yang lembut serta mengaitkan suara musik itu dengan relaksasi pada pemijatan yang sedang Mums lakukan.

Selain itu, Mums bisa dengan duduk di atas lantai, kedua telapak kaki Mums menempel dan lututnya terbuka secara lebar, dengan sedikit menekuk (menyerupai berlian). Sehingga, si baby dapat tidur di atas sebuah selimut, yakni di antara kedua tungkai kaki Mums. Bila masih kurang nyaman, letakkan si baby di pangkuan. Pastikan juga, bayi merasa hangat dengan menggunakan minyak telon yang lembut dan hangatnya pas agar melancarkan gerakan pemijatan yang Mums lakukan. Pemijatan harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan lembut, mengingat tubuh si baby yang masih belum terlalu kuat. Nah, untuk itu di bawah ini ada berbagai cara dalam memijat si baby. Berikut ulasan yang bisa mums praktekan.

Melakukan peregangan

Untuk melakukan peregangan pada bayi. Yang dilakukan adalah bayi dalam posisi terlentang, lalu peganglah kedua kaki serta lututnya bersama-sama dan menempelkan lutut hingga ke perutnya. Gerakan ini dapat mebuang gas dalam perut bayi. Selanjutnya, peganglah kedua lutut dan kakinya lalu putarlah dengan gerakan yang melingkar, ke kanan dan ke kiri. Hal ini untuk melemaskan area pinggul si baby. Gerakan ini dapat juga menyembuhkan sakit perut.

Cara memijat kaki bayi

Kedua kaki bayi di pegang dengan satu tangan, lalu ditepuk-tepuk sampai tungkainya dengan tangan yang satunya lagi. Dan usap-usapkanlah jari-jari kakinya hingga ke pinggul dengan gerakan turun naik. Kemudian, memijat telapak kakinya dengan menarik setiap jari-jemarinya. Dengan sangat hati-hati dan perlahan. Gunakanlah jempol Anda untuk memijat dan mengusap kakinya pada bagian bawah, dimulai dari tumit hingga ke kaki dan pijatlah juga di sekeliling area pergelangan kakinya.

Cara memijat perut bayi

Caranya adalah dengan membuat pijatan-pijatan kecil dengan melingkar pada ujung jari tangan Anda. Saat memijat, gunakan gerakan I Love U. Ataupun gunakan 2 jari atau 3 jari untuk membentuk huruf I – L – U pada perut bayi. Jika dari arah kita membentuk huruf-huruf tersebut dengan terbalik. Berikut langkah-langkat untuk memijat:
• Pijatlah bagian kiri bayi dari bawah iga lalu ke bawah (untuk huruf I)
• Pijatlah melintang dari arah kanan bayi lalu ke arah kiri bayi, kemudian turun kearah bawahnya. (untuk huruf L)
• Pijatlah dari arah kanan bayi, dengan naik ke kanan atas bayi, yakni secara melengkung membentuk U, lalu turun kembali ke arah kiri bayi. Dan gerakannya berhenti di area perut kiri bayi.

Cara memijat lengan bayi

Telungkupkanlah bayi di lantai atau di atas kedua kaki Anda. lalu gerakkanlah kedua tangan Anda secara naik turun, dari ujung hingga ke pangkal lengan. Selanjutnya urut telapak tangan bayi dan tekan. Jari-jarinya di tarik. Ulangilah hal tersebut pada lengan yang lainnya. Demikianlah paparan mengenai Cara memijat bayi 1 tahun. pemijatan rutin sehari sekali dapat meningkatkan hormon pertumbuhan serta menurunkan hormon stressor. Sehingga akan memberikan dampak baik pada0 pertumbuhan anak.