Cara Membersihkan Lidah Bayi Yang Harus Anda Ketahui

Bagi orangtua yang baru memiliki satu orang anak, biasanya mereka akan kebingungan ketika melihat lidah bayi putih tebal akibat bekas susu. Dan memang itu merupakan tanda bahwa anda harus segera membersihkan lidah bayi. Dalam hal ini membersihkan lidah bayi sangatlah penting terutama bagi bayi yang sumber nutrisi utamanya yaitu ASI.

Kegiatan mengonsumsi ASI tersebut akan membuat lidah bayi meninggalkan bekas warna putih yang rentan sebagai tempat bakteri. Untuk itu bagi orangtua harus mengetahui bagaimana cara membersihkan lidah bayi yang benar. Karena memang masih banyak orangtua yang salah mengambil langkah dalam membersihkan lidah bayi. Untuk lebih jelasnya silakan anda simak pembahasan dibawah ini.

Cara Membersihkan Lidah Bayi

Cara Membersihkan Lidah Bayi

Pada dasarnya untuk membersihkan lidah bayi bisa dilakukan dalam waktu 2-3 hari sekali. Nah berikut beberapa langkah dan cara bersihkan lidah bayi yang sudah kami merangkumkan dalam pembahasan dibawah ini.

Cara Membersihkan Lidah Bayi

  • Pertama-tama, silakan anda menggunakan sarung tangan basah yang lembut. Basahi sarung tangan tersebut dengan sedikit air. Selain itu anda bisa menggunakan sikat gigi bayi yang terbuat dari karet lembut pada bagian permukaannya.
  • Buka mulut bayi secara perlahan pada bagian lidah sampai dengan gusinya.
  • Lakukan dan mulai bersihkan lidah bayi, dalam hal ini lakukan komunikasi dengan bayi anda agar si kecil tidak menangis pada saat anda memasukan jari ke dalam mulutnya.

Mungkin setiap orang memiliki cara membersihkan lidah bayi yang berbeda-beda, tapi satu hal yang perlu anda perhatikan yaitu bahwa cara tersebut cukup higenis. Karena memang hal ini ditujukan untuk kesehatan dan menjaga pencernaan bayi. Contoh mudahnya yaitu banyak orangtua yang percaya bahwa bekas popok yang sudah di pipisi bayi akan membuat daya tahan tubuh bayi lebih baik. Padahal cara ini termasuk ke dalam cara yang sangat tidak higenis. Untuk itu pastikan bahwa anda memilih cara yang terbaik untuk merawat dan menjaga si kecil.

Manfaat Membersihkan Lidah Bayi

Manfaat Membersihkan Lidah Bayi

Nah setelah anda mengetahui cara efektif membersihkan lidah bayi, maka anda harus mengetahui manfaat dari membersihkan lidah bayi. Ada banyak sekali manfaat baik yang bisa di dapat ketika membersihkan lidah bayi, berikut ini beberapa manfaat dari membersihkan lidah bayi.

1.    Menghilangkan Racun

Manfaat pertama membersihkan lidah bayi yaitu menghilangkan racun, seperti yang sudah kami sampaikan diatas. Jika bekas putih susu pada lidah bayi bisa menjadi bakteri dan racun yang berbahaya bagi kesehatan si kecil. Oleh sebab itu membersihkan lidah bayi akan sangat membantu sekali daya tahan tubuh bayi menjadi lebih baik.

2.    Kebiasaan Baik

Mengapa disebut kebiasaan baik? Ya membersihkan lidah bayi adalah langkah awal untuk menjaga kesehatan bayi. Selain itu orangtua juga harus membersihkan pada bagian gusi bayi, hal ini ditujukan untuk membuat pertumuhan gigi bayi tumbuh dengan baik dan mencegah nafas yang bau. Jika sejak kecil sudah dilakukan hal ini, maka ketika sudah balita sikecil akan merasa terbiasa untuk membersihkan mulutnya sendiri.

3.    Indra Perasa Menjadi Lebih Baik

Biasanya bagi bayi yang jarang dibersihkan lidahnya akan membuat semua makanan sama rasanya. Hal ini karena sisa makanan sebelumnya masih bertumpuk, sehingga rasa dari makanan baru akan bercampur menjadi satu. Oleh sebab itu membersihkan lidah bayi merupakan cara penting untuk mengenalkan bayi agar lebih sesnsitive terhadap makanan yang masuk ke dalam mulutnya.

Demikian ulasan lengkap bagaimana cara memebersihkan lidah bayi yang mudah dan benar. Semoga informasi yang sudah kami berikan diatas bisa bermanfaat untuk anda.