Bunda Wajib Baca Berapa Lama ASI Bertahan Setelah Dipompa

Bagi seorang ibu karir yang memiliki aktivitas kerja cukup padat, tentunya ASI yang dipompa adalah solusi terbaik untuk selalu memberikan ASI kepada bayi. Dan pertanyaan sering dilontarkan oleh ibu karir yaitu berapa lama ASI bertahan setelah dipompa. Perlu anda ketahui bahwa pada dasarnya ketahanan dari ASI yang dipompa yaitu tergantung dari suhu dan tempat penyimpanan. Nah pada kesempatan kali ini kami sudah merangkum ulasan lengkap mengenai ketahanan ASI setelah dipompa. Jadi pastikan bahwa anda menyimak pembahasan berikut ini dengan baik.

Berapa Lama ASI Bertahan Setelah Di Pompa

Berapa Lama ASI Bertahan Setelah Dipompa

Seperti yang sudah kami singgung diatas, jika ketahanan ASI setelah di pompa yaitu tergantung dari suhu dan tempat penyimpanan ASI. Nah dibawah ini akan kami berikan beberapa tempat penyimpanan ASI yang baik.

1.    Penyimpanan Di Ruangan Dengan Suhu 160C – 290C

Berapa Lama ASI Bertahan Setelah Di Pompa

Ini merupakan suhu normal ruangan untuk mempertahankan ASI selama 8 jam, tapi hal ini akan sangat bergantung sekali terhadap kondisi ASI. Apakah ASI tersebut masih segar, sudah dibekukan, atau di hangatkan. Bagi ASI yang masih segar biasanya akan bertahan selama 6-8 jam dalam kondisi yang bersih, dan ASi yang sudah dibekukan hanya bertahan selama 4 jam. Sedangkan untuk ASI yang dihangatkan, kami sarankan untuk segera diberikan kepada bayi.

2.    Penyimpanan Di Cooler Bag

Sebuah Cooler Bag ditambah dengan es batu akan membuat suhunya yaitu 40C sampai dengan 150C. Dalam suhu tersebut sebuah ASI yang di simpan dalam kondisi segar, biasanya mampu bertahan selama 24 jam. Namun untuk ASI yang sudah dihangatkan kami sarankan untuk segera diberikan kepada bayi.

3.    Penyimpanan Di Lemari Es

Pada umumnya sebuah lemari es memiliki suhu yang sangat rendah yaitu sekitar 0 sampai dengan 40C. Sebuah ASI segar yang disimpan dalam lemari es dengan suhu tersebut, biasanya kekuatan ASI dalam botol susu mampu bertahan selama 8 hari dengan kondisi yang bersih. Dan mampu bertahan 3 hari dalam keadaan optimal. Sedangkan untuk ASI yang sudah dicairkan mampu bertahan selama 24 jam, dan ASI yang dihangatkan hanya mampu bertahan selama 4 jam.

4.    Penyimpanan Di Lemari Es Satu Pintu

Lemari es biasa dengan lemari es satu pintu memiliki suhu yang berbeda, dalam lemari es satu pintu memiliki suhu sekitar -150C. Dalam suhu tersebut mampu menahan ASI segar selama 2 minggu, dan sebuah ASI yang sudah dibekukan masih mampu untuk bertahan. Tapi perlu di ingat bahwa ASI yang sudah pernah di bekukan, jangan pernah anda bekukan kembali. Karena kualitas dari ASI sudah sangat jauh berbeda bahkan bisa dibilang itu merupakan salah satu ciri ASI basi.

5.    Penyimpanan Di Lemari Es Dua Pintu

Berapa Lama ASI Bertahan Setelah Dipompa di lemari es 2 pintu

Untuk penyimpanan ASI di lemari es dua pintu memiliki ketahanan yang lebih lama, dimana lemari es dua pintu memiliki suhu sekitar -180. Dengan suhu tersebut mampu menahan sebuah ASI segar kurang lebih selama 3-6 bulan. Sama halnya dengan poin sebelumnya, jika ASI yang sudah dicairkan tidak boleh lagi dibekukan.

6.    Penyimpanan Lemari Es Tunggal

Tempat penyimpanan ASI yang terakhir yaitu lemari es tunggal, dimana lemari es ini memiliki suhu yang paling rendah. Hal tersebut yang membuat ketahanan ASI bertahan lebih lama, untuk ASI segar mampu bertahan selama 6 sampai 12 bulan. Dan untuk ASI yang sudah dicairkan tidak boleh di bekukan kembali.

Bagaimana sudah tahu bukan berapa lama ASI bertahan setelah dipompa? Semoga apa yang sudah kami sampaikan diatas bisa bermanfaat untuk anda.