Bayi Berjemur Berapa Lama? Inilah Waktu Terbaik Menjemur Bayi

Doodle.co.id – Menjemur bayi memang hal yang saat ini menjadi perhatian banyak masyarakat. Namun tahukah Moms kapan waktu yang tepat menurut bayi? Serta apa kata dokter anak terkait aktivitas bayi berjemur berapa la waktunya? Moms tentu penasaran ya. Sinar matahari memang sudah menjadi rahasia umum mempunyai efek pengobatan untuk penyakit riketsia, mulai dari kelainan tulang gara-gara kekurangan vitamin D, kalsium, dan fosfat sejak pertengahan abad ke-19. Untuk itu, aktivitas menjemur bayi masih banyak dipraktekkan sampai saat ini. Terutama apabila si kecil mengalami (jaundice) sejak lahir.

bayi berjemur berapa lama
Bayi berjemur berapa lama, ini waktu yang tepat / Image Arina Krasnikova

Manfaat Sinar Matahari untuk Bayi

dr. Frieda Handayani, Sp.A(K) mengungkapkan tentang banyaknya manfaat menjemur bayi atau paparan sinar matahari pagi untuk bayi. dr. Frieda memaparkan sinar matahari pagi mempunyai spektrum sinar biru yang sangat bermanfaat untuk bayi guna mengurangi kadar bilirubin dalam darah. Dokter yang berpraktek di RS Pondok Indah ini melanjutkan bahwa menjemur bayi di pagi hari pun mempunyai manfaat untuk menghangatkan tubuh bayi. Selain itu juga membantu mengeluarkan lendir yang ada ditenggorokan. Terpenting, paparan dari sinar matahari ini bisa merangsang produksi vitamin D yang memiliki manfaat untuk pembentukan tulang ya Moms. Hal ini bisa mensupport pertumbuhan dan perkembangan bayi untuk lebih sehat. dr. Frieda juga menambahkan, sebenarnya tidak ada batasan usia untuk menjemur bayi di pagi hari.

Bayi Berjemur Berapa Lama?

Waktu Berjemur yang Tepat

Moms, belakangan ini pernah beredar kabar di aplikasi WhatsApp soal waktu yang tepat menjemur bayi. Pesan tersebut memberikan informasi bahwa waktu menjemur bayi yang paling baik adalah jam 10 bukan jam 7. Pasalnya, cahaya matahari di bawah jam 10 yang menyinari bumi adalah gelombang matahari terpanjang yaitu ultraviolet A (UVA). Efeknya ini bisa menembus lapisan permukaan kulit dan menyebabkan keriput bahkan kanker. Sedangkan sinar matahari di atas jam 10 adalah ultraviolet B (UVB) gelombang matahari sedikit pendek. Hal ini memiliki manfaat untuk memproduksi vitamin D yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, bisa mencegah kanker, hingga dapat mengurangi risiko autisme. Tambahan informasi, memang benar bahwa UVA muncul sejak matahari terbit sampai terbenam. Sementara UVB memuncak sejak pukul 10.00 sampai pukul 16.00.

dr Frieda Handayani, Sp.A(K) menjelaskan terkait hal ini. dr Frieda Handayan mengungkapkan bahwa waktu terbaik untuk menjemur bayi di atas jam 10 sebenarnya kurang tepat. dr Frieda menyatakan, sebaiknya menjemur bayi dilakukan di jam 7-8 pagi sebelum intensitas cahaya matahari terlalu kuat.

Durasi Berjemur

dr Nugraha Arief juga sejalan dengan pendapat tersebut, ia menegaskan untuk tidak melakukan kegiatan menemur bayi di antara jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Hal ini lantaran paparan radiasi sinar UVB sangat tinggi. Humas Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memaparkan sampai sekarang tidak ada rekomendasi untuk menjemur bayi dan anak di atas pukul 10.00. Rekomendasi waktu menjemur bayi yakni sebelum pukul 10.00. Juga kegiatan menjemur bayi ini bisa dilakukan setelah pukul 16.00. Kegiatan menjemur bayi ini dilakukan dengan durasi 5-30 menit sebanyak 2 kali sehari. Tambahan informasi, dr. Frieda kembali menegaskan jika bayi dijemur terlalu panas atau terlalu lama maka si kecil bisa mengalami hipertermia (peningkatan suhu tubuh). Keadaan ini berisiko menyebabkan gangguan fungsi metabolisme tubuh, otak, dan fungsi organ lainnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Bayi Berjemur

  1. Moms tidak perlu menjemur bayi di udara terbuka. Kegiatan menjemur bayi ini tidak wajib terkena paparan sinar matahari langsung.
  2. Kegiatan menjemur bayi jangan terlalu lama. Hal ini lantaran kulit bayi masih sangat sensitif
  3. Saat cuaca sedang panas, kegiatan menjemur bayi umumnya dilakukan sebelum bayi mandi, ketika menjemur sebelum mandi ini dapat dipaka untuk melakukan kegiatan bersih-bersih dengan lebih detail. Misalnya untuk membersihkan lipatan di sekitar daun telinga, paha juga pada tangan bayi.
  4. Jemurlah bayi dalam keadaan dada telanjang, atau hanya memakai celana atau popok saja. Lalu Moms bisa membolak-balikkan tubuh si kecil.
  5. Moms bisa mengurangi waktu menjemur bayi saat sinar matahari terlalu terik.
  6. Di saat cuaca dingin, kita bisa menjemur bayi setelah mandi untuk membuat tubuhnya hangat kembali. Waktu yang paling tepat untuk menjemur bayi adalah antara jam pukul 07.00-08.00, selama sekitar 15 menit.

 

Sumber

id.theasianparent.com/ waktu-menjemur-bayi

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie