Apa itu Perawatan Metode Kanguru? Simak Segudang Manfaatnya

Doodle.co.id – Manfaat Perawatan Metode Kanguru mungkin tidak banyak orang tahu. Perawatan Metode Kanguru atau dikenal dengan Kangaroo Mother Care adalah salah satu perawatan bayi newborn dengan kondisi prematur atau bayi dengan berat yang rendah. Saat Moms baru melahirkan sang buah hati, mungkin Moms akan selalu menggendongnya, bahkan dokter menyarankan untuk melakukan kontak kulit ke kulit. Ini juga dikenal dengan perawatan metode kanguru Moms.

manfaat perawatan metode kanguru
Manfaat perawatan metode kanguru / Image latchelp.com

Apa itu Kontak Skin-to-Skin di Perawatan Metode Kanguru?

Kontak skin-to-skin atau kulit ke kulit telah digunakan di bangsal neonatal di Bogota, Kolombia yang mengalami kekurangan inkubator untuk bayi dengan infeksi rumah sakit yang parah. Menurut ahli neonatologi Edgar Rey dan Hector Martinez, perilaku kanguru perlu dipertimbangkan untuk diterapkan pada manusia. Mengingat kanguru memegang bayi atau memasukkan ke kantong mereka setelah bayi mereka lahir.

Dokter biasanya akan menyuruh Moms segera pulang setelah melahirkan karena saat menggendong bayi, mengganti popok atau melakukan hal lainnya dilakukan dengan telanjang dada. Yakni menggendong bayi dengan menempelkan payudara ibu dalam posisi tegak sesering mungkin kemudian memberikan ASI untuk Si Kecil. Kontak kulit ke kulit ini menurut para ahli tidak hanya mengurangi kepadatan pasien di rumah sakit, namun juga mengurangi ketergantungan bayi pada inkubator. Bahkan, dokter mengemukakan adanya penurunan angka kematian pada bayi prematur menggunakan metode kanguru tersebut.

Bahkan, para dokter di Amerika Serikat, Afrika Selatan dan negara-negara lainnya merekomendasikan para ibu yang baru melahirkan untuk melakukan kontak skin-to-skin pada bayi prematur dan bayi cukup bulan. Ikatan tersebut harus dilakukan selama 60 menit hingga 24 jam sehari. Tidak hanya oleh ibu, ayah pun bisa melakukannya.

Manfaat Perawatan Metode Kanguru bagi Bayi

Kemampuan beradaptasi lebih baik di luar kandungan

Saat di dalam rahim, janin tak perlu mengatur suhunya sendiri, namun berbeda jika ia telah lahir di dunia. Ia harus beradaptasi dengan dunia baru di luar rahim. Metode ini akan membantunya untuk beradaptasi dengan baik dengan kondisi di luar rahim.

Meningkatkan perkembangan mental

Menurut sebuah penelitian di Kanada, bayi prematur yang menggunakan metode ini memiliki fungsi otak yang lebih baik pada usia 15 tahun dibandingkan remaja yang terlahir cukup bulan. Metode ini bekerja dengan menstabilkan detak jantung, oksigenasi, dan meningkatkan kualitas tidur dengan skin-to-skin, otak lebih mampu berkembang.

Meningkatnya berat badan dengan sehat

Bayi yang dirawat dengan metode kanguru akan menikmati proses pemberian ASI, ini juga berkaitan dengan penambahan berat badan yang sehat.

Peningkatan keberhasilan dengan menyusui

Metode ini memungkinkan proses pemberian ASI ekslusif pada bayi lebih berhasil dibandingkan tidak melakukan metode kanguru sama sekali.

Manfaat Menyusui bagi Bayi dan Orang Tua

Denyut jantung dan pernafasan lebih sehat

Bayi yang menggunakan metode ini dan mempunyai gangguan pernafasan kemungkinan besar akan sembuh dalam 48 jam tanpa alat bantu pernafasan. Penelitian mengungkapkan, bayi yang dirawat dengan teknik kanguru ini memiliki detak jantung lebih teratur daripada yang menggunakan metode ini tidak sama sekali.

Peningkatan imunitas

Teknik satu ini juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi prematur. Seperti diketahui, bayi prematur memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk dan rentan terhadap alergi, infeksi hingga masalah makan. Adanya kontak skin-to-skin dengan orang tua ternyata mampu mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi.

Peningkatan ASI

Pose berhadapan saat melakukan teknik ini membuat hormon yang mengatur laktasi akan seimbang sehingga produksi ASI lebih banyak.

Mengurangi stress dan nyeri pada bayi

Kontak kulit ke kulit selama 10 menit saja mampu mengurangi kadar hormon stress kortisol pada bayi serta meningkatkan hormon oksitosin atau hormon bahagia pada Si Kecil. Ini juga menstimulasi sistem saraf parasimpatis untuk membuat bayi menjadi merasa aman dan tenang.

Bayi tidur lebih nyenyak

Semakin sedikit stress pada bayi, membuatnya menjadi semakin lelap tidur. Bayi prematur yang digendong ala kanguru terbukti memiliki kualitas tidur yang jauh lebih baik dibandingkan bayi yang tidur di inkubator.

Meningkatkan ikatan dengan orang tua

Adanya kontak kulit ke kulit baik dengan ibu atau ayah membuat bayi memiliki ikatan kuat dengan orang tua. Ini menenangkan dan membuat bayi merasa aman.

Pencegahan depresi pascapersalinan

Berbagai penelitian mengungkapkan, metode perawatan kanguru mampu mengurangi kemungkinan depresi pascarpersalinan. Kontak kulit ke kulit dapat melepaskan hormon oksitosin dan mengurangi kecemasan ibu.

Cara Melakukan Metode Kanguru

Lakukanlah kontak kulit ke kulit atau ala kanguru ini minimal 2 jam pertama. Bahkan bayi prematur disarankan lebih banyak mendapatkan perawatan ini selama 20 minggu pertama kehidupannya atau lebih.

Moms bisa duduk dengan nyaman di ruangan yang tenang dan terang dengan sedikit privasi.
Posisikan bayi yang menggunakan popok di dada telanjang Moms selama minimal 20 menit.

Selimuti bagu dan punggung bayi untuk menjaganya tetap hangat, usahakan dada bayi tetap menempel pada dada Moms.

Jika Moms memiliki pertanyaan terkait perawatan kanguru ini Moms bisa tanyakan pada dokter. Itulah pembahasan mengenai perawatan metode kanguru yang harus Moms tahu. Jika Moms mencari produk perawatan bayi, Moms dapat menggunakan berbagai rangkaian Doodle Exclusive Baby Care seperti minyak telon, Doodle Baby Lotion, Doodle Baby Gentle Wash dan masih banyak lagi. Doodle Exclusive Baby Care juga terbuat dari 100% bahan alami yang tentunya aman untuk newborn dan kulit sensitif.

 

Sumber
parents.com/ baby/care/newborn/kangaroo-care-the-importance-of-a-parents-touch/

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie