5 Macam Terapi Infertilitas untuk Wanita

Doodle.co.idInfertilitas merupakan satu dari sekian momok yang menghantui pasangan suami-istri. Menurut definisi WHO, infertilitas adalah penyakit yang menyerang sistem reproduksi dan membuat penderitanya gagal mencapai kehamilan setelah berhubungan seksual secara reguler selama 12 bulan atau lebih.

Kondisi ini bisa menyerang pria maupun wanita. Penyebabnya pun bermacam-macam. Pada perempuan, infertilitas disebabkan oleh gangguan pada saluran tuba, endometriosis, gangguan ovulasi, dan lainnya.

Oleh karena itu, penanganan infertilitas disesuaikan dengan penyebabnya, seperti:

Baca Juga: Bagaimana Proses Bayi Tabung Dilakukan?

Macam-Macam Terapi Infertilitas Untuk Wanita

Terapi obat

Salah satu cara mengatasi infertilitas pada wanita adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Klomifen sitrat (clomiphene citrate) adalah obat yang sering diresepkan oleh dokter untuk kasus kegagalan berovulasi.

Terapi bedah

Cara lain untuk mengobati infertilitas adalah dengan terapi bedah dengan menggunakan laparoskopi. Laparoskopi adalah instrumen bedah yang memungkinkan ahli mengakses bagian dalam perut atau panggul tanpa harus membuat sayatan besar.

Instrumen untuk laparoskopi dilengkapi dengan kamera fiber-optik yang memungkinkan ahli bedah untuk melihat organ dalam secara langsung melalui monitor.

Adapun alat untuk melakukan bedah laparoskopi berupa instrumen seperti tabung berdiameter 2 sentimeter. Alat tersebut dimasukkan ke dalam perut pasien melalui irisan kecil pada perut.

Laparoskopi kini lebih banyak dipilih karena dapat mengurangi rasa sakit dan pendarahan pada pasien. Bahkan, teknik bedah ini pun dapat mencegah timbulnya jaringan parut.

Fimbrioplasty

Salah satu penyebab infertilitas pada wanita adalah saluran indung telur yang buntu. Sebagian besar kasus buntunya indung telur ini diakibatkan oleh infeksi radang panggul.

Apabila kondisi ini terjadi, maka salah satu cara untuk menyembuhkannya adalah dengan teknik bedah mikro untuk membuka kembali saluran tersebut.

Teknik yang dikenal dengan fimbrioplasty ini dapat kembali membuka saluran indung yang tersumbat, sehingga sel telur yang dilepaskan dapat berovulasi.

Asisted Reproduction Technology

Asisted Reproduction Technology (ART) lebih umum dikenal sebagai program bayi tabung. Cara ini mungkin ditawarkan jika Mums terkena endometriosis berat.

Teknik ini merupakan rangkaian pengobatan bagi pasangan infertil yang meliputi penggunaan obat-obatan, bantuan teknik laboratorium, hingga manipulasi terjadinya pembuahan.

Adapun inti dari teknik ini adalah mengambil sel telur secara langsung lalu mempertemukannya dengan sperma di dalam wadah khusus.

Nah, hasil dari pertemuan sel telur dan sperma ini nantinya akan ditanam kembali di dalam rahim. Proses konsepsi yang dilakukan di dalam wadah (tabung) inilah yang membuat program ART kerap disebut dengan program bayi tabung.

Terapi endometriosis

Terapi endometriosis merupakan terapi obat hormonal untuk endometriosis yang terjadi pada wanita. Endometriosis atau kista coklat terjadi akibat tumbuhnya jaringan endometrium di luar rahim. Padahal normalnya, jaringan endometrium hanya tumbuh di dalam rongga rahim.

Oleh karenanya, terapi endometriosis bertujuan untuk mengurangi gejala dan memperlambat tumbuhnya jaringan endometrium di luar rahim. Metode terapi ini meliputi pemberian obat, terapi hormon, hingga prosedur bedah.

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia

Privacy Policy

Syarat dan Ketentuan

Cookies

Privacy Policy   Syarat dan Ketentuan    Cookie

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia