Apakah Penderita PCOS Bisa Hamil? Simak Penjelasan Para Ahli

Doodle.co.id – Banyak pertanyaan mungkin muncul di benak Moms terkait apakah penderita PCOS bisa hamil atau tidak, dan apa hubungan antara kehamilan dan PCOS. Polycystic Ovarium Syndrome (PCOS) atau sindrom ovarium polikistik, merupakan suatu kelainan hormonal yang terjadi pada wanita usia subur. PCOS menjadi penyebab utama ketidaksuburan, dan berdampak pada 6-12% wanita usia reproduksi di Amerika Serikat. Biasanya, penderita PCOS akan ditandai dengan ketidakseimbangan hormon reproduksi. Ketidakseimbangan tersebut lantas memunculkan masalah pada ovarium dan siklus menstruasi. Beberapa gejala yang timbul akibat PCOS sebagai berikut.

penderita pcos bisa hamil
Penderita PCOS bisa hamil / Image Tima Miroshnichenko

Gejala PCOS

  • Tidak adanya masa ovulasi
  • Timbulnya jerawat
  • Munculnya rambut di wajah dan tubuh secara berlebihan
  • Ketidakteraturan periode menstruasi
  • Terdapat kista ovarium
  • Penipisan rambut kulit kepala
  • Penggelapan kulit
  • Tag kulit
  • Berat badan bertambah

Meski gejala mungkin sulit untuk didiagnosis, namun ada beberapa kriteria yang melibatkan 3 gejala peningkatan andorgen, sebagai berikut.

  • Meningkatnya androgen
  • Kurangnya atau ovulasi tidak teratur
  • Ovarium polikistik

Dengan adanya teknologi canggih saat ini, kista ovarium bisa didiagnosis lebih dini dan tepat. Akan tetapi, banyak orang justru masih menunda untuk mendoagnosis hal tersebut.

Penyebab PCOS

Meski para ahli tidak bisa menjelaskan penyebab pasti PCOS, akan tetapi beberapa faktor seperti keturunan, ketidakseimbangan hormon reproduksi, resistensi insulin terutama saat tubuh memproduksi insulin namun tidak dapat menggunakannya secara efektif mungkin berperan penting dalam hal ini.

Menurut dokter naturopati di Ontario, Kanada, Anne Hussain, ketidakseimbangan tersebut kemudian menyebabkan meningkatnya kadar androgen, hormon seperti testosteron dan dehydroepiandrosterone.

Apakah penderita PCOS bisa hamil?

Meskipun Moms mungkin menderita PCOS, namun jangan khawatir karena Moms bisa tetap hamil. Faktanya, sindrom ovarium ini menjadi penyebab infertilitas yang tentu bisa diobati. Perawatan biasanya akan melibatkan penurunan berat badan, sehingga membantu Moms berovulasi guna meningkatkan peluang hamil.

Meski peluang kehamilan pada penderita PCOS mungkin akan sulit, namun beberapa langkah yang bisa meningkatkan kemungkinan hamil yakni mengubah pola makan dan kebiasaan olahraga. Selain itu, beberapa pengobatan dan operasi bisa sangat membantu.

Menurut penelitian, obesitas dan resistensi insulin juga berhubungan dengan resistensi terhadap ovulasi,tingkat kehamilan yang lebih rendah serta risiko komplikasi kehamilan yang lebih tinggi.

Sementara itu, menurut American Collage of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), penurunan berat badan juga bisa menurunkan kadar androgen serta mendorong menstruasi lancar. Hal ini lantaran jaringan loemak menghasilkan estrogennya sendiri. Sedikit menurunkan berat badan mampu membantu menyeimbangkan rasio estrogen dan progesteron. Sehingga, ovulasi pun mungkin akan terjadi.

Moms disarankan untuk meminimalisir makanan yang mengandung tinggi gula dan rendah serat. Karena glukosa dan insulin bisa berdampak pada kesuburan. Selain itu, konsumsi makanan seimbang yakni setengah sayuran, sedikit lemak, seperempat protein dan seperempat karbohidrat tinggi serat seperti kacang-kacangan dan nasi merah bisa membantu proses penurunan berat badan. Moms jug bisa mengonsumsi lemak tak jenus seperti omega 3 yang ada pada alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, serta ikan. Omega 3 membantu menurunkan androgen dan meningkatkan kesuburan seperti saran Angela Grassi, RD, ahli diet di Bryn, Mawr, Pennsylvania.

Risiko kehamilan dengan PCOS

Apabila Moms tengah menderita PCOS dan sedang hamil, segera periksakan ke dokter terkait potensi komplikasi kehamilan PCOS. NICHD menuturkan beberapa risiko terkait kehamilan PCOS yakni sebagai berikut.

  • Operasi caesar
  • Diabetes gestasional
  • Keguguran
  • Preeklampsia
  • Kelahiran prematur

Hamil dengan kondisi PCOS bukanlah hal mustahil, akan tetapi Moms perlu beberapa dukungan tambahan. Dokter akan mengawasi kehamilan Moms dan menawarkan pemantauan ekstra guna memastikan peluang terbaik untuk kehamilan yang aman dan sehat.

 

 

Sumber
parents.com/ pregnancy/complications/how-does-polycystic-ovarian-syndrome-affect-a-pregnancy/

 

Temukan Produk Doodle Exclusive Baby Care di Official marketplace kami

         

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie