5 Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi yang Efektif

5 Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi yang Efektif

Sariawan juga bisa terjadi pada bayi. orang dewasa yang sariawan saja kadang kewalahan menahan sakit yang timbul apalagi bayi yang belum bisa apa – apa. Mereka tentunya hanya akan menangis dan menangis ketika merasakan sakit sariawan di mulutnya.

Sariawan merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi akibat adanya bakteri dan jamur yang menginfeksi. Dalam tubuh manusia baik dewasa maupun bayi terdapat jamur Candida albicans, yaitu jenis jamur yang biasa hidup dalam sistem pencernaan. Jamur ini berfungsi untuk mengurai sisa makanan yang masuk dalam tubuh. Tetapi kehidupannya dalam tubuh manusia akan menjadi parasit jika sudah menyebar ke bagian lainnya. Penyebaran ini bisa juga sampai pada mulut dan menginfeksi rahang, gusi ataupun lidah. Infeksi inilah yang kemudian menyebabkan sariawan. Pada bayi, sariawan sering terjadi akibat salah makan atau konsumsi susu yang tidak cocok. Kulitnya yang masih sensitif dan rentan ini dengan mudah terkena jamur dan bakteri penyakit. Umumnya penyakit sariawan yang timbul baik diorang dewasa atau bayi sama, yaitu bintik putih dengan lingkar kemerah-merahan.

Pada bayi ada beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya sariawan, antara lain:

  • Alergi makanan. Alergi makanan dan susu bisa memicu timbulnya sariawan pada bayi. ini disebabkan karena efek gatal yang terjadi bisa saja akan menyebar keseluruh tubuh seperti mulut dan menyebabkan sariawan.
  • Luka mulut. Ini merupakan salah satu penyebab umum terjadinya sariawan. Dimulai dari gusi yang tidak sengaja kegigit, menimbulkan luka dan luka tersebut tidak diobati akan membuat jamur berkembang dan hasilnya sariawan. Bisa juga akibat kesodok sikat gigi yang terlalu kuat.
  • Kurang vitamin dan mineral. Kekurangan vitamin terutama C, bisa menyebabkan masalah mulut seperti sariawan, bibir pecah-pecah dan radang tenggorokan
  • Radang usus. Salah satu indikasi bayi terkena radang usus adalah munculnya sariawan pada mulut banyak dan tidak pulih dalam waktu dekat.
  • Bayi terlalu sensitif terhadap beberapa jenis buah seperti jeruk, berry, strowberry. Buah ini lebih banyak kandungan vitamin C nya sehingga memberikan rasa yang asin sehingga bayi kurang suka.

Pada dasarnya, sariawan bisa hilang dengan sendirinya tanpa ada pengobatan khusus. Tetapi waktu yang dibutuhkan lebih lama. Bayi sangat tidak bisa jika harus menahan rasa sakit, jadi sebisa mungkin moms segera mengatasi sariawan yang timbul. Bagaimana caranya? Berikut kami berikan cara mengatasi sariawan pada bayi.

  1. Berikan cairan yang cukup

Jika bayi sedang sariawan dia akan sering nangis dan turun nafsu makannya. Ini karena rasa sakit yang timbul jika ada makanan masuk dalam mulut bayi. Hasilnya bayi kekurangan gizi dan nutrisiya. Untuk mencegah itu, moms bisa memberikan cairan yang cukup untuk bayi. ini dilakukan untuk mengganti energi yang terbuang dan mencukupi kebutuha gizi anak.

  1. Obati dengan pisang ambon dan madu

Salah satu cara mengatasi sariawan pada bayi adalah dengan pasta pisang. Caranya, haluskan pisang hingga menjadi pasta, kemudian tambahkan madu pada pasta pisang tersebut. Oleskan sedikit pada area sariawan. Lakukan treatment ini secara rutin agar sariawan cepat sembuh.

  1. Air kelapa

Air kelapa tidak hanya berkhasiat untuk menghilangkan dehidrasi saja lho moms. ternyata air kelapa bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi sariawan pada bayi. Jika bayi sudah berusia 6 bulan keatas, moms bisa memberikan air kelapa 1 sendok teh pada bayi. Air ini akan bereaksi pada dinding mulut bayi dan mengobati sariawan.

  1. Es batu

Ekstrim ya moms? tapi cara ini efektif untuk mengatasi sariawan moms. moms hanya perlu membungkus es batu pada kain kemudian tempelkan pada sariawan bayi dengan sedikit tekanan. Biarkan beberapa detik, angkat ulangi beberapa kali dalam sehari. Dinginnya es batu ini dapat mengurangi rasa sakit yang timbul.

  1. Obat anti jamur

Cara ini sebaiknya moms lakukan jika sudah mentok dalam mengatasi sariawan bayi. Usahakan membeli obat anti jamur sesudah moms konsultasi dengan dokter atau atas rekomendasi dokter. Karena pada prinsipnya dokter tidak akan memberikan resep salep atau obat anti jamur pada bayi kurang dari 4 bulan.

Nah ini tadi moms beberapa cara mengatasi sariawan pada bayi, semoga bermanfaat moms…