Tumbuh Kembang Optimal, Ini 5 Makanan Terbaik Untuk Bayi, Mums

Doodle.co.idSenangnya melihat perkembangan si kecil dari hari ke hari. Gak kerasa, kini saatnya bagi si kecil mulai mengenal makanan pendamping ASI. Memberikan asupan nutrisi untuk si kecil pertama kali rasanya excited banget, moms. 

Nah, kira-kira menu makanan apa aja ya moms yang baik untuk pertumbuhan si kecil? Apa aja sih, yang perlu diperhatikan? Nutrisi apa yang dibutuhkan untuk bayi dengan usia kurang dari 24 bulan? Sebagai pilihan, referensi makanan terbaik untuk bayi berikut ini bantu optimalkan tumbuh kembang anak;

Makanan Terbaik Untuk Tumbuh Kembang Anak

Wortel

Wortel mengandung beta karoten dan vitamin A yang tentunya sangat baik untuk kesehatan mata bayi. Selain itu, wortel memiliki tekstur yang mudah diolah. Untuk MPASI bayi, lembutkan wortel hingga tekstur lembut seperti puree.

Sebagai variasi wortel dapat diolah menjadi puree wortel, seledri, dan ASI. Bisa juga mengkombinasikan dengan puree kentang. Untuk porsinya, awali dengan satu sendoh teh puree dan tambahkan jika si kecil sudah mulai terbiasa.

Ikan Kembung

Sering gak moms saat cari-cari info asupan protein yang baik untuk si kecil, info yang muncul hanya seputar ikan salmon dan tuna saja? Mudah ditemukan di pasaran, ikan kembung justru memiliki kandungan Omega 3 lebih tinggi, moms. Selain itu, dari segi harga lebih terjangkau.

Sebelum memberikan makanan berbahan ikan untuk bayi, pastikan bayi sudah pernah merasakan MPASI sebelumnya. Misalnya MPASI berbahan sayur dan buah. Jika bayi tidak mengalami permasalahan mengkonsumsi MPASI, bisa ditambahkan dengan pemberian makanan pendamping mengandung protein berbahan ikan.

Pisang

Pisang adalah salah satu makanan terbaik untuk bayi yang perlu dicoba. Pisang memiliki tekstur asli yang sudah lembut. Tentu gak perlu tenaga ekstra kan moms untuk membuat MPASI berbahan pisang ini. Sebagai variasi, puree pisang bisa dikombinasikan dengan buah apel atau alpukat. 

Edamame

Makanan terbaik untuk bayi kali ini, mengandung serat, riboflavin, dan vitamin C tinggi, moms. Tak lain tak bukan kacang edamame, yang dikenal juga dengan sebutan kedelai Jepang. Selain baik dikonsumsi untuk ibu hamil, edamame juga termasuk makanan terbaik untuk bayi mendampingi konsumsi ASI.

Berbeda dengan makanan pendamping buah-buahan yang bisa langsung dihaluskan. Untuk edamame proses pengolahan harus matang sempurna boleh dengan cara direbus atau dikukus dengan tekstur yang sangat lembut. Usia minimal yang diperbolehkan untuk mengkonsumsi edamame yang telah diolah menjadi MPASI adalah 7-8 bulan.

Brokoli

Agar anak terbiasa makan sayur-sayuran, memberikan makanan pendamping berbahan sayuran merupakan ide yang menarik. Selain itu, sayuran adalah salah satu makanan terbaik untuk bayi dengan serat, mineral, zat besi, dan kalsium. 

Dari sekian banyak jenis sayur-sayuran, brokoli termasuk macam sayur yang mudah diolah. Membuat makanan pendamping berbahan brokoli dapat dikombinasikan dengan wortel atau kentang, moms. 

Oke, sekarang saatnya untuk mencoba membuat makanan terbaik untuk bayi nih, moms. Sebagai permulaan, boleh loh mencobanya dengan puree buah-buahan terlebih dahulu. Selamat mencoba, ya!

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia

Privacy Policy

Syarat dan Ketentuan

Cookies

Privacy Policy   Syarat dan Ketentuan    Cookie

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia