Tips Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

Tips Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

Gigi susu umumnya pertama kali akan muncul di usia 6 – 8 bulan, inilah yang ditunggu-tunggu moms. Tapi ada kalanya gigi susu tidak muncul di usia tersebut. Nah jika bayi moms mengalami situasi seperti itu, jangan terus takut dan khawatir ya moms. bayi memiliki kasus yang berbeda-beda setiap mulai tumbuh gigi, pun sama halnya dengan tumbuhnya gigi bayi juga bisa dimulai pada umur yang berbeda. Hal ini bisa saja disebabkan asupan makanan yang  moms konsumsi sehingga berpengaruh pada ASI dan tumbuh kembang bayi.

Tapi tenang moms, sebelum hal itu terjadi, moms bisa merangsang pertumbuhan gigi bayi agar bisa segera tumbuh. Simak cara tips merangsang pertumbuhan gigi bayi berikut ini moms:

  1. Berikan finger food

Apa itu finger food? Makanan yang langsung bisa dimakan dengan tangan. Jika sudah begitu, otomatis finger food mempunyai tekstur yang empuk dan halus sehingga memudahkan bayi untuk memakannya sendiri dengan tanggannya. Kenapa harus finger food? Bayi yang akan tumbuh gigi, pasti akan didahului dengan rasa gatal-gatal pada gusi sebelum akhirnya timbul erusi gigi muncul. Dengan memberikan finger food ini, bayi akan mencoba menggigit gigit makanan dengan gusinya tersebut. Ini sangat efektif untuk mengurangi rasa gatal yang timbul akibat proses awal tumbuh gigi. Lalu apa saja yang termasuk dalam finger food yang baik untuk bayi dan nutrisinya? Ini dia:

  • Jenis sayur-sayuran

Sayur yang bertekstur seperti kol, wortel, ubi manis, dan brokoli bisa menjadi pilihan tepat untuk bayi yang mau tumbuh gigi. Moms bisa merebusnya biar agak layu dan empuk agar bayi bisa menggigitnya sendiri. Ingat moms, ketika merebus jangan ditambahkan gula ataupun garam ya. karena sistem pencernaan bayi belum sempurna berkembang.

  • Buah – buahan

Pilihlah buah dengan tekstur yang empuk dan halus agar bayi mudah mencernanya sendiri tanpa bantuan moms. moms bisa memberikan bayi irisan pisang, pir, alpukat, mangga. Pilihkan buah yang sudah matang untuk si bayi ya moms? untuk menghindari pencernaan bayi bermasalah setelah memakannya.

  • Biskuit

Pilihlah biskuit yang kaya akan susu sehingga aman untuk bayi. Selain itu pilihan biskuit yang memanjang lebih baik karena bisa digenggam langsung oleh bayi.

  • Roti panggang

Roti panggang bisa dijadikan finger food karena teksturnya yang lembut. Potonglah roti secara vertikal dengan ukuran yang kecil saja, berikan tambahan susu agar roti memiliki rasa. Dengan menggigitnya ini bisa merangsang gigi bayi cepat tumbuh.

  • Sereal

Berikan sereal yang lembut dan tidak mengandung zat warna pada bayi. lihat juga bentuknya, sesuaikan dengan ukuran tangan bayi agar sereal mudah untuk di genggam dan dimakan sendiri.

Dengan memberikan finger food, selain merangsang pertumbuhan gigi bayi, ini juga akan merangsang perkembangan motorik si bayi. Ingat moms, saat memberikan finger food pada bayi pastikan makanan sudah dipotong dengan ukuran yang kecil untuk memudahkan bayi belajar menggigit makanan itu sendiri dan bayi tidak tersedak. Treatment ini hanya berlaku saat bayi sudah mulai memasuki umur 6 bulan ya moms, karena diusia tersebut bayi sudah bisa diberikan MPASI. Nah, sebelum moms memberikan finger food pada bayi sebaiknya moms coba dulu makana tersebut sudah layak belum untuk diberikan pada bayi, baik dari segi tekstur dan rasanya.

  1. Penuhi kebutuhan kalsium bayi

Pertumbuhan gigi identik dengan tercukupinya kalsium bayi. Ya, karena kalsium sangat membantu dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Jadi untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi, moms bisa memberikannya makanan yang tinggi kalsium. Jika bayi belum diberikan MPASI, sebaiknya moms lah yang mengkonsumsi makanan tinggi kalsium, karena apa yang moms konsumsi akan berimbas pada kandungan nutrisi ASI yang dibutuhkan bayi. Berikut beberapa rekomendasi makanan dan minuman yang tinggi kalsium:

  • Kacang – kacangan

Segala jenis kacang – kacangan sangat tinggi akan kalsium. Misalnya, kacang kedelai, kacang hijau, kacang almond, dalam sayur ya buncis dan kacang panjang. Selain kandungan kalsiumnya yang tinggi yaitu sekitar 175 mg per porsi, rumpun kacang – kacangan juga kaya akan protein dan zat besi yang bagus untuk tubuh. Moms bisa membuatkan bayi bubur kacang hijau, dengan kacang hijau yang ditumbuk halus dulu agar bayi bisa mencerna. Bisa juga moms memberikan susu kedelai. Susu kedelai sekarang ini sudah banyak kok moms dipasaran jadi tidak usah repot-repot membelinya.

  • Buah tin

Buah yang tergolong buah musiman ini memang kaya akan kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan gigi bayi. selain itu juga merupakan sumber antioksidan alami dengan serat yang tinggi. Jadi selain baik untuk gigi, buah tin juga baik untuk pencernaan dan antibiotik alami dalam melawan penyakit yang datang. Moms bisa membuatkan bayi jus buah tin, atau bisa juga langsung di makan tapi potonglah dengan ukuran yang cecil.

  • Sayuran hijau

Moms bisa membuatkan bayi sayur bening kangkung atau bayam untuk mencukupi kebutuhan kalsiumnya. Kenapa harus kangkung dan bayam? Kedua sayuran tersebut memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Selain untuk gigi, mampu membantu petumbuhan tulang bayi sehingga bentuk tubuh bayi berkembang. Kedua jenis sayur ini juga rendah kalori dan kaya akan antioksidan alami. Jadi baguskan moms untuk bayi?!

  • Susu

Perlu moms ketahui, susu memang sumber kalsium utama untuk bayi terlebih ASI. tapi untuk usianya yang sedang bertumbuh, moms bisa memberikan susu lain untuk membantu pertumbuhannya, jadi tidak melulu minum ASI. lagi pula kebutuhan nutrisi bayi semakin berkembang umurnya makan kebutuhannya semakin meningkat, biasanya untuk mencukupi itu moms memberikan bantuan susu formula. Pilihlah susu formula yang baik dan tepat untuk bayi, pilihlah yang tidak menyebabkan bayi alergi atau keracunan. Jadi moms harus lebih selektif.

  1. Berikan mainan gigit untuk bayi

Selain memberikan makanan food finger untuk mengatasi gatal sebelum bayi tumbuh gigi, moms bisa memberikan mainan gigit untuk bayi. Bayi yang baru mulai tumbuh biasanya merasa nyeri dan gatal, sehingga bayi selalu mamasukan pada saja untuk menggigit bayi. untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, moms bisa memberinya mainan gigit. Ini bisa menjadi cara merangsang pertumbuhan gigi bayi. gigi yang tumbuh tidak langsung semua melainkan satu persatu sehingga rasa gatalnya tidak menyeluruh. Bayi akan memanfaatkan mainan gigit ini untuk mengurasi rasa gatal pada gigi yang akan tumbuh.  Perlu moms ketahui, bayi yang akan tumbuh gigi kana banyak mengeluarkan air liur.

Itulah tadi beberapa tips merangsang pertumbuhan gigi bayi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal moms perlu memperhatikan makanan bayi secara keseluruhan mulai dari kapan memberikan makanan cair ke padat. Tak lupa ajaklah bayi untuk konsultasi dengan dokter perihal pertumbuhan giginya. Semoga bermanfaat moms.